Kenali Berbagai Manfaat Stress untuk Kesehatan Tubuh

manfaat stress

Bisa dipastikan jika setiap orang pernah mengalami stress. Walaupun terkesan negatif, ternyata stress tidak selalu memberikan dampak negatif bagi tubuh. Pasalnya, ada berbagai manfaat stress yang memang dibutuhkan oleh tubuh secara umum. 

Stress yang memiliki intensitas tinggi dan dalam waktu lama adalah jenis stress yang buruk. Akan tetapi, intensitas stress yang ringan hingga sedang, justru sangat bermanfaat bagi tubuh. Hal ini karena tubuh diciptakan dengan respons fight-or-fight (bertarung atau kabur). 

Manfaat Stress untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Virus dan Penyakit

Manfaat kesehatan dari stress yang pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Pada saat stress, tubuh dirancang untuk menghindar dari ancaman bakteri. Nantinya stress akan merangsang zat kimia interleukin sehingga membuat tubuh terlindungi dari serangan penyakit. 

2. Mencegah Flu dan batuk

manfaat stress
Stress Ternyata Bisa Mencegah Flu dan Pilek

Stress ternyata bisa membantu sistem kekebalan tubuh dengan cara mengatur kelenjar adrenal. Kelenjar ini bisa berguna untuk menyeimbangkan sistem imun. Akibatnya tubuh bisa melawan infeksi dan mencegah terjadinya flu maupun batuk.

3. Bisa Mempercepat Pemulihan Setelah Operasi

Saat seseorang baru menjalani operasi biasanya akan merasa stress. Stress ini justru akan membantu dalam mempercepat pemulihan setelah operasi. Pasalnya, ada perubahan biologis yang terjadi selama stress jangka pendek dan merupakan cara otak untuk menyiapkan tubuh.

4. Bisa Melawan Tumor  

Tak disangka ternyata bisa berguna untuk melawan tumor. Alasannya karena stress bisa memicu tubuh untuk mengaktifkan gen dan sel yang kebal sehingga bisa menekan pertumbuhan tumor. Pada saat seseorang merasa tertekan berarti kesehatan dalam kondisi terbaik. 

5. Meningkatkan Kinerja Otak

manfaat stress
Kinerja Otak Bisa Meningkat Ketika Stress

Stress dalam skala rendah hingga sedang bisa mendorong kewaspadaan dan meningkatkan kinerja kognitif.  Stress yang dirasakan menyebabkan sel induk akan membentuk sel saraf yang membuat otak bekerja lebih baik. Akibatnya bisa meningkatkan produktivitas dan kreativitas.

6. Membuat Lebih Tangguh 

Stress yang sering dirasakan oleh manusia tidak akan membunuh melainkan akan membuat lebih kuat. Stress tingkat sedang yang berhasil diatasi akan membuat semakin mudaj dalam mengatasi stresss berikutnya. Ini semua terjadi karena tubuh telah terlatih untuk bisa mengelolanya.

7. Stress Selama Kehamilan Bisa Membuat Anak Lebih Cerdas 

Sebuah studi di Johns Hopkins University mengungkapkan bahwa ibu yang mengalami sedikit stress selama kehamilan bisa membuat anak menjadi lebih pintar dan cepat berkembang. Stress tingkat rendah saat kehamilan tidak akan membahayakan bayi. Justru akan menghasilkan anak yang cerdas.

8. Meningkatkan Ikatan Antar Sesama 

manfaat stress
Stress Bermanfaat untuk Mempererat Hubungan dengan Orang Lain

Stress yang tidak berkepanjangan bisa meningkatkan tingkat oksitosin atau hormon kedekatan. Oksitosin ini sebenarnya untuk menghambat produksi hormon stresss dan mengurangi tekanan darah yang melebarkan arteri untuk membantu menjaga tubuh. 

9. Stress Baik untuk Kesehatan Mental

Stress dalam skala rendah hingga ringan bisa memperkuat kesehatan mental. Siklus stress yang bisa dikelola hingga pulih kembali dapat membuat mental menjadi lebih tangguh. Selain itu juga membuat tubuh lebih kuat dan lebih mentolerir serta beradaptasi dengan kesulitan hidup. 

Manfaat kesehatan bagi stress juga berpengaruh, dimana banyak orang ketika mengalami gangguan kesehatan akan menimbulkan stress. Padahal munculnya stress bisa membuat tubuh semakin kuat dan terhindar dari berbagai penyakit. Asalkan stress yang dirasakan dalam skala rendah hingga ringan.

Nah itulah berbagai manfaat stress untuk kesehatan. Meski selama ini stress dianggap selalu menimbulkan kerugian ternyata ada dampak positif yang bisa dirasakan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *