Manfaat Serat yang Sangat Dibutuhkan oleh Tubuh Manusia

manfaat serat

Salah satu jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh adalah serat. Dengan adanya serat ini, pencernaan manusia bisa bekerja dengan lancar dan tidak mengalami gangguan. Untuk mendapatkan manfaat serat, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi secara rutin. Tentunya sangat baik untuk tubuh.  

Pengertian Serat

Serat merupakan kandungan yang ada di makanan sumber nabati yang tidak bisa dicerna atau diserap tubuh. Ketika makanan tidak bisa diserap oleh tubuh maka ketika berada di usus mengikat air dan melancarkan pencernaan. Serat terbagi menjadi dua, yaitu serat yang larut air dan tidak larut air. 

Jenis serat sendiri secara umum terbagi menjadi dua. Dua jenis serat tersebut adalah yang larut dalam air dan yang tidak larut dalam air. Serat yang larut air merupakan jenis serat yang bisa larut di dalam air sehingga membentuk massa seperti gel. 

Serat larut dalam air biasanya ditemukan di dalam kacang polong, buah-buahan, oat dan kacang-kacangan. Sedangkan serat yang tidak larut air merupakan serat yang tidak bisa larut di dalam air. Serat jenis ini bisa ditemukan di gandum, kacang-kacangan, sayuran. 

Manfaat Serat dan Fungsinya untuk Tubuh Manusia

1. Melancarkan Pencernaan

manfaat serat
Membantu melancarkan pencernaan

Serat bisa menyerap air dan bermanfaat untuk meningkatkan besar dan ukuran feses sehingga menjadi lunak dan bisa dikeluarkan dengan mudah. Feses keras merupakan pertanda tidak pernah mengonsumsi makanan berserat. Kondisi ini jika terus dibiarkan akan menyebabkan terjadinya sembelit.

2. Membantu Mencapai Berat Badan Normal

Mengonsumsi makanan berserat bisa membuat kenyang dalam waktu yang lama. Hal ini akan membuat seseorang tidak memiliki keinginan makan kalau belum lapar. Kalori pada makanan yang mengandung serat juga sangat rendah sehingga bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

manfaat serat
Bisa membantu penurunan kolesterol jahat

Jenis serat yang larut di dalam air bisa berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Hal ini dikarenakan jenis serat tersebut bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan sehingga kolesterol tidak diserap tubuh. Nantinya kolesterol tersebut akan dibuang melalui feses.

4. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Serat yang berbentuk larut air sangat bermanfaat untuk penderita diabetes. Alasannya karena serat bisa memperlambat pengosongan lambung sehingga memperlambat penyerapan gula oleh tubuh. Juga menyebabkan kadar gula darah tidak cepat naik.

Kandungan serat juga berguna untuk mencegah penyakit diabetes melitus tipe 2. Konsumsi serat sangat bagus untuk penderita diabetes. Untuk itulah kebutuhannya harus senantiasa tercukupi. 

5. Memelihara Kesehatan Usus

manfaat serat
Membantu usus tetap sehat

Manfaat selanjutnya adalah memelihara kesehatan usus. Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung serat maka risiko terserang ambeien dan penyakit divertikular akan berkurang. Kandungan serat dalam makanan juga bisa menurunkan resiko terserang kanker kolorektal.

6. Mencegah Terjadinya Serangan Jantung

Makanan berserat bisa mencegah terjadinya penyakit jantung. Hal ini dikarenakan serat bermanfaat untuk mencegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah. Jadi, jika Anda tidak mau menderita penyakit jantung disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat.

7. Mencegah Kanker Usus Besar

Manfaat yang terakhir adalah bisa mencegah kanker usus besar.  Kanker usus besar berada di peringkat ketiga sebagai penyakit kanker paling mematikan di dunia. Mengingat berbahayanya penyakit ini alangkah lebih baik jika mula sekarang rutin mengonsumsi makanan yang mengandung serat.

Nah itulah pengertian dan manfaat serat beserta fungsinya untuk tubuh. Diharapkan uraian diatas membuat pembaca menjadi sadar alangkah banyak manfaatnya jika mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Semoga informasi diatas bisa memberikan banyak manfaat. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *