Metode Pemanasan Yang Tepat Sebelum Berenang

Pemanasan sebelum renang membantu tubuh untuk beradaptasi dengan air

Renang merupakan suatu kegiatan yang menggunakan keseluruhan anggota tubuh. Pada umumnya, sebelum melakukan olahraga kita dianjurkan untuk melakukan sebuah pemanasan. Apa sih Pemanasan itu? Apa saja fungsi dari pemanasan? Pemanasan sebelum renang merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari rutinitas berenang ataupun olahraga lainnya.

Tujuannya adalah untuk berbagai macam tujuan seperti melakukan olahraga yang produktif, efisiensi gerakan tubuh saat bergerak dalam air, dan rekor waktu antar lap yang stabil. Pemanasan ini merupakan suatu kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan. 

Kurang Pemanasan Dapat Sebabkan Cedera

Jika tidak dilakukan dengan benar atau maksimal. Tubuh Anda dapat berpotensi untuk mengalami cedera. Pemanasan sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk mengurangi sebuah risiko cedera otot saat melakukan olahraga. Perlu Anda ketahui bahwa cedera yang disebabkan di dalam air memberikan dampak yang sangat besar daripada cedera di darat. Jika mengalami cedera atau kram di dalam air, maka akan tenggelam ke dalam kolam renang. Dan hal ini sangat membahayakan bagi orang yang melakukan olahraga di dalam air.

Sampai saat ini juga banyak yang mengalami hal seperti ini. Akibatnya, dia tenggak di dalam kolam renang. Perlu diingat bahwa hal ini juga tidak bisa disepelekan ataupun di pikirkan secara sembarangan. Untuk itu, perlu juga melakukan sebuah pemanasan ideal yang bisa dilakukan sebelum berenang.

Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang

ada banyak gerakan pemanasan sebelum renang yang bisa dilakukan

Ada beberapa gerakan pemanasan yang dapat dilakukan sebelum Anda terjun ke kolam renang. Diantaranya adalah :

1.   Lari/Loncat Kecil

Pemanasan pertama ini bisa dilakukan di tempat sebelum terjun ke dalam air. Berfungsi untuk melemaskan otot-otot sebelum berenang. Agar tidak terjadi kram ketika sedang renang.

2.   Putar Lengan

Putar lengan ini bisa dilakukan dengan cara memposisikan kedua tangan merentang sejajar bahu dan digerakkan memutar secara bersamaan.

3.   Shoulder Touch

Ini merupakan gerakan seperti dalam posisi jus uap, angkat tangan kanan dan sentuh bahu kiri ambil menyeimbangkan diri (tangan kiri tetap menopang tubuh di permukaan tanah). Kemudian, kembali ke posisi awal dan mengulangi gerakan untuk tangan kiri.

4.   Bent Over Swings

Gerakan yang dilakukan adalah dengan cara jembak kedua kaki sejajar dengan bahu sambil merentangkan kedua lengan ke samping, dan juga sedikit bungkukkan tubuh Anda ke depan. Setelah itu, ayunkan tangan kiri menyentuh lutut kanan (pose x). Kemudian kembali ke posisi awal dan mengulangi lagi untuk tangan kiri dan gunakan kedua lengan secara bersamaan.

5.   Putar Kaki

Gerakan ini bisa dimulai dari awal dengan cara angkat kaki ke depan dan putar searah jarum jam. Setelah itu, putar ke arah sebaliknya (ulangi untuk kaki kiri).

6.   Cross Body Leg Swings

Hal ini bisa dilakukan dengan cara memposisikan tubuh Anda menghadap sebuah tembok. Kemudian berdiri tegap dan beri jarak antara tubuh Anda dan tembok dengan cara menempelkan kedua tangan teregang di permukaan tembok dalam posisi kaki sejajar bahu.

Setelah itu, ayunkan kaki kanan ke samping kiri setinggi mungkin. Dan kembali ke posisi awal dan lakukan kembali untuk kaki kiri. Perlu diingat juga bahwa selama melakukan pemanasan ini tidak boleh menegangkan tubuh bagian bawah Anda.

Melakukan gerakan peregangan otot di darat juga dapat meredahkan ketegangan, tetapi juga memiliki efek yang minim terhadap fleksibilitas tubuh secara keseluruhan. Setelah Anda menyelam ke dalam air, lakukan beberapa kali dayungan kaki ke dalam air untuk meregangkan kedua kaki Anda.

Adanya tambahan pemanasan di dalam air juga, energi yang digunakan juga lebih besar. Sehingga tubuh akan cepat mendingin di dalam air. Semakin besar gerakan artinya akan semakin banyak aliran darah yang dihasilkan nantinya. Dan juga semakin baik pula sirkulasi darah dalam tubuh Anda. Dan jika semakin hangat dan waspada pada tubuh Anda, akan semakin baik energi dan nutrisi yang disalurkan ke seluruh tubuh untuk mendukung suatu kinerja otot.

Manfaat melakukan pemanasan sebelum berenang

1.   Meningkatkan suhu tubuh Anda

2.   Membuat peningkatan terhadap metabolisme tubuh, sehingga jantung dan paru-paru akan siap menghadapi kebutuhan akan tingginya metabolisme saat berolahraga.

3.   Dapat mengurangi ketegangan otot

4.   Meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk otot aktif, sehingga menyebabkan suplai oksigen, zat gizi dan ugal elektrolit agar dapat terpenuhi selama berolahrga.

5.   Memberikan keamanan tubuh agar tidak mengalami cidera

6.   Mendapatkan aliran oksigen

7.   Mengurangi kelelahan

8.   Meningkatan energi dan motivasi

9.   Meningkatkan kinerja dalam olahraga

10. Memperlebar Pembuluh darah

Sebagai Alternatif Untuk Membantu Program Diet

Selain itu olahraga renang juga memiliki manfaat sebagai alat untuk diet yang sehat. Dengan melakukan tindak pemanasan yang benar, olahraga renang jelas dapat membakar kalori secara maksimal di dalam tubuh. Sehingga renang ini dapat menjadi salah satu alternatif olahraga bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan.

Melakukan peregangan dan pemanasan sebelum masuk ke kolam, manfaat dari pemanasan sebelum renang adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Jadi selain mendapatkan keuntungan berenang setiap hari dengan optimal, pemanasan akan meminimalisir risiko yang mungkin terjadi saat berenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *