Macam-macam Manfaat Pemanasan Sebelum Memulai Olahraga

pemanasan sebelum melakukan olahraga baik untuk kondisi badan

Berolahraga secara rutin baik untuk kebutuhan badan. Untuk menghindari cedera pada tubuh alangkah baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan sebelum olahraga sendiri merupakan sebuah aktivitas kecil yang dilakukan dengan gerakan-gerakan ringan dengan tujuan agar otot tidak kram saat berolahraga.

Pemanasan sangat baik dan direkomendasikan oleh setiap pelatih ataupun instruktur olahraga. Sebab, tidak ada satu jenis olahraga pun yang tak memiliki risiko. Semua olahraga memiliki risiko kram dan cedera otot, maka dari itu untuk mengantisipasinya diperlukan sebuah aktivitas yang disebut kebiasaan. Selain menghindari terjadi cedera pada saat olahraga, ada banyak manfaat yang diperoleh dari melakukan pemanasan sebelum olahraga. Diantara manfaat dari pemanasan tersebut adalah :

1. Meningkatkan kelenturan

Pemanasan sebelum olahraga mampu meningkatkan kelenturan tubuh. Karena, ada beberapa kasus terjadi, salah satunya tubuh yang kaku menimbulkan sensasi nyeri ketika digerakkan dengan volume tinggi. Maka dari itu, dengan pemanasan, otot yang kaku tersebut dapat sedikit dilenturkan agar tidak menimbulkan rasa nyeri yang berarti.

2. Melancarkan pernapasan

Gerakan pemanasan yang dilakukan dengan intensitas ringan sangat erat kaitannya dengan pola pernafasan. Biasanya seseorang yang tak terbiasa olahraga akan mengalami sesak ketika langsung mengeluarkan tenaga yang besar. Untuk itu, lakukan pemanasan yang baik agar sirkulasi udara menjadi lebih stabil saat melakukan olahraga inti.

3. Menstabilkan detak jantung

Untuk mengatur detak jantung saat berolahraga, ada baiknya dilakukan pemanasan agar detak jantung meningkat dengan perlahan. Karena irama detak jantung bisa memberikan efek yang mengkhawatirkan jika tidak diatur atau distabilkan.

4. Mengurangi stres

Siapa sangka ternyata pemanasan tak hanya bermanfaat untuk fisik saja, melainkan juga untuk mental. Dengan pemanasan yang sedikit lebih lama, dipercaya akan meningkatkan mood seseorang untuk berolahraga. Sehingga, rasa stres dan depresi akan hilang karena efek rileksasi yang didapatkan karena aliran darah dan oksigen lancar.

5. Mengurangi risiko cedera

Seperti penjelasan – penjelasan sebelumnya bahwa pemanasan dilakukan untuk menghindari dari cedera akibat terlalu keras dalam berolahraga. Pemanasan akan membantu untuk memasok pasokan nutrisi yang lebih besar ke otot, sehingga mengurangi nyeri otot dan membantu mempercepat pemulihan dari cedera otot dan sendi.

6. Meningkatkan stamina

Semakin lama Anda berolahraga semakin banyak energi yang Anda bakar, biasanya menyebabkan seseorang menjadi lelah. Dengan pemanasan, Anda dapat menunda timbulnya kelelahan otot dengan memastikan oksigen mengalir secara efisien melalui darah Anda, sehingga meningkatkan daya tahan Anda.

7. Meningkatkan sirkulasi darah

Dengan melakukan pemanasan dapat meningkatkan aliran darah ke otot. Tidak hanya akan membantu mengurangi rasa sakit sebelum olahraga dan mempersingkat waktu pemulihan, tetapi akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sirkulasi darah yang lebih besar membantu meningkatkan pertumbuhan sel dan fungsi organ. Denyut jantung juga akan lebih rendah karena tidak harus bekerja dengan keras dan tekanan darah akan menjadi lebih merata dan konsisten.

8. Tingkatkan kinerja atletik

Pemanasan dilakukan sebelum olahraga mampu mengendurkan otot Anda. Jika otot Anda sudah berkontraksi karena Anda belum meregang, maka mereka akan kurang efektif selama latihan..

9. Mengurangi rasa sakit

Pemanasan sebelum latihan memberi waktu otot Anda untuk rileks. Peningkatan aliran darah meningkatkan pasokan nutrisi ke otot dan mengurangi rasa sakit di otot setelah latihan. Detak jantung lebih stabil, dan sistem pernafasan lebih teratur.

Bagi Anda yang ingin melakukan pemanasan dapat melakukan cara – cara berikut ini :

berjalan adalah salah satu pemanasan yang paling mudah dilakukan sebelum berolahraga

Berjalan

Berjalan kaki adalah cara paling mudah untuk melakukan peregangan sebelum berolah raga. Berjalan dengan perlahan mempercepat denyut jantung, mengaktifkan otot, meningkatkan suhu tubuh, dan melancarkan aliran darah Anda. Berjalan adalah cara yang cukup baik untuk memulai lari, terutama bagi para pelari yang belum lama sembuh dari cedera. Berjalan selama 3 sampai 5 menit dengan santai sembari menerapkan latihan pernapasan yang tepat sebelum lari merupakan pemanasan terbaik untuk tubuh Anda.

Hacky-sack:

Tekuk lutut kanan dan angkat kaki kanan ke atas menuju dada. Sentuhkan tangan kiri Anda ke bagian dalam telapak kaki kanan dengan menjaga punggung tetap lurus. Lakukan ini sebanyak 10 kali untuk setiap sisi.

High-knee step

Tekuk lutut kanan dan jaga sudutnya sebesar 90 derajat. Lakukan ini sebanyak 10 kali untuk setiap sisi dan Anda bisa menambahkan jogging bolak-balik sepanjang beberapa meter.

Butt kick

Ayunkan kaki ke belakang kuat-kuat sehingga tumit menyentuh paha belakang. Lakukan sebanyak 10 kali untuk setiap sisi dan ingatlah untuk menjaga postur tetap tegak. Stork 

stretch

Tekuk lutut ke belakang sampai tumit hampir menyentuh paha belakang, dan kemudian gunakan tangan Anda untuk menahannya di tempat selama 10 hitungan. Lakukan 3 sampai 5 kali untuk setiap sisi. 

Calf-raises

Mulailah dengan jinjit pada jemari kaki dan kemudian turunkan tumit secara perlahan. Anda akan merasakan tarikan pada paha. Tahan posisi ini selama beberapa saat dan ulangi kembali. Manfaat –manfaat pemanasan ini sebaiknya Anda lakukan sebelum berolahraga, Agar kondisi badan tetap fit dan segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *