Inilah Manfaat Oralit Bagi Penderita Diare

Manfaat Oralit

Ketika sedang mengalami diare, salah satu obat yang sering digunakan adalah oralit. Oralit itu sendiri merupakan larutan yang dibuat untuk meredakan diare. Dalam larutan tersebut mengandung berbagai bahan aktif. Manfaat oralit untuk menggantikan cairan elektrolit dan mineral yang hilang akibat diare maupun muntah-muntah. 

Manfaat Oralit untuk Diare

Manfaat Oralit
Kandungan dalam Larutan Oralit

Dalam oralit mengandung glucose anhydrous, natrium klorida, natrium bicarbonate dan CaCL2. Atau dengan kata lain larutan oralit mengandung gula, garam dan juga air. Oralit ini bisa dengan mudah didapatkan di apotek atau bisa dibuat sendiri dirumah. 

Dalam bahasa Inggris oralit disebut dengan oral rehydration salts (ORS). Artinya bahwa obat ini masuk kedalam jenis obat esensial berdasarkan WHO. Oralit yang dijual di apotik ada yang berbentuk cairan maupun bubuk. 

Penderita diare bisa mengalami dehidrasi akibat terlalu banyak mengeluarkan cairan elektrolit dan mineral dalam tubuh. Disinilah kegunaan larutan oralit bagi penderita diare dibutuhkan, yaitu, untuk menggantikan cairan elektrolit dan mineral yang hilang akibat diare. Selain mudah didapatkan dengan mudah juga memiliki harga yang murah. 

Dosis Oralit untuk Penderita Diare 

Manfaat Oralit
Anjuran Dosis Minum Oralit

Oralit yang diberikan kepada penderita diare tidak bisa dilakukan secara sembarangan, tetapi harus sesuai dengan dosisnya. Hal ini bertujuan supaya fungsi oralit bisa berjalan optimal sehingga cairan elektrolit dan mineral bisa dipulihkan kembali. Dosis oralit yang diberikan berbeda-beda disesuaikan dengan usia. 

1. Untuk usia kurang dari 1 tahun : 50-100 cc oralit (1/4-1/2 gelas) 

2. Untuk usia 1 sampai 4 tahun : 100-200 cc oralit (1/2 – 1 gelas)

3. Untuk usia 5-11 tahun : 200-300 cc oralit (1- 1 ½ gelas)

4. Untuk usia lebih dari 12 tahun : 400 cc oralit (2 gelas)

Cara Membuat Oralit di Rumah 

Manfaat Oralit
Langkah Sederhana Membuat Oralit

1. Cuci Tangan

Langkah pertama sebelum Anda membuat oralit adalah terlebih dahulu cuci tangan. Ini sangat penting dan disarankan mencuci tangan sesuai standar WHO. Tujuannya supaya oralit yang dibuat terhindar dari adanya kontaminasi kuman atau kotoran di tangan. Kebersihan merupakan salah satu  bagian penting dari penyebab diare. Oleh karena itu, pastikan tangan Anda sudah benar-benar bersih terlebih dahulu sebelum membuat larutan oralit. Karena jika tangan Anda masih mengandung kuman, maka bisa membuat diare semakin parah. 

2. Masak Air 

Setelah selesai mencuci tangan selanjutnya siapkan air sebanyak 1 gelas atau 200 cc air. Tuang air tersebut ke dalam panci dan masak hingga mendidih. Jika proses ini dirasa lama maka Anda bisa menyiapkan satu gelas air hangat.

3. Campurkan Garam Elektrolit 

Ketika satu gelas air hangat sudah siap, selanjutnya campurkan gula dan garam ke dalam air hangat tersebut. Perbandingan di antara keduanya adalah satu sendok teh gula pasir dan ¼ sendok teh garam. Perbandingan ini berlaku secara umum pada setiap pembuatan larutan gula garam yang dilakukan di rumah. 

4. Larutkan 

Gula dan garam yang telah dicampurkan di dalam air hangat harus dilarutkan supaya merata. Aduk-aduklah campuran gula dan garam tersebut menggunakan sendok. Pastikan tidak ada partikel gula dan garam yang masih terlihat. Jika sudah tidak ada berarti sudah larut dalam air hangat. Air tersebut kemudian telah menjadi oralit sehingga bisa langsung diminum.

Itulah informasi mengenai manfaat oralit bagi penderita diare. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *