7 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur Bagi Tubuh

manfaat minum air hangat sebelum tidur

Memiliki kebiasaan minum air putih memang memberikan banyak manfaat. Hal ini juga akan berlaku jika Anda mengkonsumsi air hangat sebelum tidur. Akan tetapi, masih banyak orang yang memilih minum teh, kopi dan minuman lainnya. Alasannya karena minuman tersebut memiliki rasa yang sangat nikmat, berbeda dengan air putih hangat. Minum air hangat sebelum tidur juga lebih baik jika dibandingkan dengan mengkonsumsi jus buah. Sebenarnya, apa saja sih manfaat minum air hangat sebelum tidur bagi tubuh?

Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur 

Ada banyak manfaat minum air hangat bagi tubuh yang bisa kamu dapatkan jika meminumnya secara rutin setiap malam. Diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Menurunkan Berat Badan 

manfaat minum air hangat sebelum tidur
Minum Air Hangat Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Rutin minum air hangat sebelum tidur ternyata bisa bermanfaat untuk membangun sistem kontrol suhu tubuh. Pada saat tubuh menerima air hangat, lemak-lemak akan ikut terbakar dan keluar dalam bentuk keringat dan urine. Selain itu, suhu internal juga akan turun dan mengaktifkan metabolisme dalam tubuh. Air hangat juga membantu usus berkontraksi untuk membersihkan produk-produk limbah yang membengkak dalam tubuh. 

2. Membantu Proses Detoksifikasi

Teratur minum air hangat sebelum tidur, bisa bermanfaat untuk detoksifikasi dalam tubuh. Air hangat tersebut dapat membersihkan sistem pencernaan dengan cara mengeluarkan racun melalui urine. Ketika racun dalam tubuh dikeluarkan melalui urine, maka kesehatan tubuh akan semakin meningkat dan bisa terhindar dari serangan berbagai macam penyakit. Untuk itu mulai sekarang biasakan minum air hangat sebelum tidur.

3. Menghidrasi Tubuh 

Manfaat minum air hangat sebelum tidur selanjutnya adalah menghidrasi tubuh. Seperti yang diketahui bahwa dalam sehari tubuh telah diajak beraktivitas sehingga kehilangan banyak cairan. Cairan yang telah dikeluarkan penting untuk diisi ulang ketika sebelum tidur.

Ketika Anda sedang tidur, tubuh tidak memakai cairan terlalu banyak. Sehingga minum air hangat sebelum tidur menjadi waktu paling tepat untuk mengembalikan cairan yang hilang. Jadi saat bangun tidur tubuh menjadi lebih segar dan sumber energi akan bertambah. 

Sebagai tambahan, minum air hangat juga bisa meringankan kondisi sakit batuk yang sedang diderita oleh seseorang loh! Jadi, ketika sakit batuk dan kambuh di malam hari, maka akan sangat dianjurkan untuk minum air hangat untuk melegakan tenggorokan. 

4. Membuat Tampilan Kulit Bercahaya 

manfaat minum air hangat sebelum tidur
Air Hangat Bermnfaat untuk Kulit Wajah

Apabila Anda setiap hari selalu beraktivitas dengan menggunakan makeup maupun perawatan kulit. Untuk melembabkan dan membersihkan kulit bisa didapatkan dengan minum air hangat sebelum tidur. Kulit adalah organ paling besar dalam tubuh sehingga membutuhkan makanan supaya berfungsi dengan baik. Dengan minum segelas air hangat sebelum tidur bisa membantu menjaga kulit terhidrasi sehingga kulit tetap bercahaya. 

5. Membantu Tidur Lebih Cepat 

Tak jarang banyak orang beranggapan ketika minum air sebelum tidur bisa mengganggu waktu tidur. Anggapan tersebut sangat salah karena fakta justru menunjukkan hal sebaliknya. Dengan minum air hangat sebelum tidur akan membantu tubuh menjadi lebih rileks, mengatasi lelah dan tidur lebih cepat.

Hal ini terjadi dikarenakan air hangat bisa menjaga semua aspek keseimbangan dalam tubuh, seperti sumber energi, hormon, vitamin dan mineral sekaligus persendian serta otot. Untuk itu jangan ragu minum air hangat sebelum tidur.

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah 

Manfaat minum air hangat sebelum tidur selanjutnya adalah bisa meningkatkan sirkulasi darah. Air hangat tersebut juga akan membakar lemak yang menumpuk dalam tubuh serta memecahkan simpanan dalam sistem darah. 

7. Mengatasi Sembelit 

manfaat minum air hangat sebelum tidur
Menyembuhkan Sembelit

Minum air hangat sebelum tidur bisa memecah partikel makanan sehingga akan lebih mudah melalui usus. Maka dari itu, disarankan bagi Anda yang mengalami sembelit untuk minum air hangat sebelum tidur supaya keesokan harinya bisa membantu melancarkan buang air besar.

Itulah 7 manfaat minum air hangat sebelum tidur bagi tubuh. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *