Ketahui Manfaat Mandi Pagi dengan Air Panas dan Dingin

manfaat mandi pagi

Sebelum memulai aktivitas setiap harinya, mayoritas orang Indonesia mandi pagi dengan air dingin. Tetapi tak jarang juga yang memilih menggunakan air panas dengan alasan susu udara luar cukup dingin. Mandi pagi menggunakan air panas atau dingin sama-sama memiliki banyak manfaat. Selain membuat tubuh bersih dan terhindar dari serangan bakteri ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, apa saja manfaat mandi pagi untuk kesehatan?

Manfaat Mandi Pagi dengan air Panas 

Ada banyak manfaat yang akan Anda peroleh jika mandi pagi dengan air panas, antara lain :

1. Melepaskan Racun 

manfaat mandi pagi
Mandi Pagi Bisa Melepaskan Racun

Manfaat mandi pagi dengan air panas yang pertama adalah melepaskan racun. Hal ini karena dengan menggunakan air panas maka bisa membantu meningkatkan sirkulasi sistem getah bening dalam tubuh. Akibatnya Anda akan berkeringat dan melepaskan racun maupun bakteri dari tubuh.

2. Melembapkan Kulit 

Mandi pagi dengan air panas akan membuka pori-pori dan membersihkan semua kotoran. Selain itu juga membersihkan minyak yang menempel pada tubuh. Kehangatan alami yang diperoleh melalui air panas bermanfaat untuk melembabkan kulit  serat membuatnya menjadi lembut dan kenyal.

3. Menyembuhkan Flu dan Sakit Kepala  

Ketika mandi menggunakan air panas memungkinkan untuk menghirup uap yang bertindak sebagai dekongestan alami. Supaya bisa mendapatkan manfaat maksimal, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti peppermint atau minyak kayu putih. Tujuannya supaya memberikan sensasi relaksasi lebih kuat. 

Air panas yang dicampur dengan minyak tersebut bisa membantu mengusir dahak dan sakit tenggorokan. Selain itu juga mempercepat sirkulasi darah sehingga membantu meringankan sakit kepala.

4. Menghilangkan Stres

manfaat mandi pagi
Dapat Mengurangi Tingkat Stress

Pada saat Anda sedang mandi, jangan terburu-buru untuk segera menyelesaikannya. Luangkan waktu untuk bisa menikmati setiap detik dengan bersantai dalam air panas. Dengan melakukan hal ini, tubuh akan mendapatkan efek tenang. Lakukan ritual ini saat mandi pagi dengan air panas. Bisa dijamin akan menghilangkan stres dan membantu tidur nyenyak.

5. Menurunkan Tekanan Darah 

Berendam dalam air panas dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Kegiatan ini sangat cocok dilakukan oleh mereka yang memiliki gangguan pada jantung sehingga harus berhati-hati terhadap peningkatan tekanan darah.

Perlu diketahui jika mandi menggunakan air panas juga meningkatkan denyut jantung.  Untuk itu sebaiknya lebih berhati-hati dan konsultasikan dengan dokter. Jika diizinkan maka bisa menggunakan cara ini untuk menurunkan tekanan darah.

Manfaat Menggunakan Air Dingin 

Adapun manfaat mandi dengan air dingin adalah :

1. Meningkatkan Kinerja Jantung 

Mandi pagi dengan air dingin memang sedikit membuat tubuh merinding. Bagaimana tidak selain menggunakan air dingin juga suhu diluar juga dingin. Namun, pada saat tubuh tersiram air dingin akan memberikan respons positif. Ketika tubuh sedang kedinginan, maka tubuh akan berusaha mencoba mencari udara hangat dari luar. 

Kondisi ini akan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Tingginya kadar oksigen tersebut bisa membuat kinerja jantung menjadi lebih baik lagi dan juga menyalurkan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Mempercantik Kulit dan Rambut 

manfaat mandi pagi
Mandi di Pagi Hari Mempercantik Kulit dan Rambut

Cara paling mudah untuk mendapatkan kulit dan rambut yang cantik adalah dengan mandi pagi menggunakan air dingin. Cara ini akan membuat kulit menjadi mengencang serta pori-pori kulit seperti tertutup sehingga bisa mencegah debu masuk ke dalam kulit. 

Air dingin yang digunakan untuk mandi pagi juga bisa memberikan manfaat untuk rambut. Rambut bisa menjadi lebih kuat, lebih sehat serta tidak gampang kusam. Untuk bisa meyakinkan maka bisa dicoba di rumah.

3. Menghilangkan Pegal

Perlu diketahui bahwa air dingin dipercaya bisa meredakan rasa capek dan mempercepat proses penyembuhan. Bagi Anda yang sering pulang telat karena lembur atau olahraga malam hari, keesokan harinya bisa mandi menggunakan air dingin karena akan mempercepat proses istirahat tubuh. Selain itu juga akan memberikan sensasi menyegarkan.

Itulah manfaat mandi pagi dengan air panas dan air dingin. Semoga uraian di atas bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *