Wajib Tahu! 5 Manfaat Mandi Air Panas untuk Kesehatan Tubuh 

manfaat mandi air panas

Perlu diketahui jika manfaat mandi air panas akan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih jika mandi tersebut dilakukan setelah seharian melakukan aktivitas yang melelahkan. Tentu hal ini akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. 

Manfaat mandi air panas efeknya bisa langsung dirasakan oleh tubuh. Asalkan mandi menggunakan air panas dilakukan tidak terlalu sering. Jika dilakukan terlalu sering bisa menimbulkan dampak buruk, seperti menurunkan tekanan darah, suhu tubuh tidak seimbang dan sebagainya. 

5 Manfaat mandi Air Panas yang Dirasakan Oleh Tubuh

1. Melancarkan Peredaran Darah

manfaat mandi air panas
Mandi dengan air panas bisa melancarkan aliran darah

Manfaat pertama mandi menggunakan air panas adalah peredaran darah menjadi lebih lancar. Terlebih jika mandi yang dilakukan di bawah pancuran air dengan tekanan air yang stabil selama lima menit. Hal ini bisa membantu memperlancar sirkulasi pada pembuluh darah dan arteri.

2. Mengurangi Rasa Stress dan Cemas

Padatnya aktivitas yang dilakukan setiap harinya bisa membuat stres dan juga lemas. Jika hal ini terjadi maka bisa menenangkan pikiran dengan cara mandi menggunakan air panas.  Menggunakan air panas bisa membantu merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin. 

Hormon ini berguna untuk membuat perasaan lebih senang dan positif. Tidak heran jika setelah mandi air panas maka tubuh bisa menjadi lebih rileks dan rasa stress dan cemas bisa berkurang. Anda bisa mandi dengan air panas setelah padat beraktivitas seharian.

3. Mencegah Insomnia dan Gangguan Tidur

manfaat mandi air panas
Bisa menjadi solusi penderita insomnia atau gangguan susah tidur

Manfaat lain yang bisa dirasakan oleh tubuh saat mandi dengan air panas adalah mencegah terjadinya insomnia dan gangguan tidur. Insomnia tentu bisa mengganggu kesehatan tubuh. Bagi siapa saja yang memiliki masalah insomnia dan gangguan tidur disarankan untuk mandi air panas sebelum tidur. 

Hal ini akan membuat Anda merasa lebih tenang dan rileks. Dengan perasaan tenang dan rileks itu maka tubuh bisa menjadi cepat merasakan ngantuk. Dengan begitu, tidur yang berkualitas bisa didapatkan.

4. Melemaskan Otot-otot yang Tegang, Kaku dan Nyeri

Supaya otot yang tegang, kaku dan nyeri kembali rileks maka bisa diatasi dengan mandi menggunakan air panas. Saat sedang mandi sebaiknya menggerak-gerakkan anggota tubuh. Seperti pundak, pinggang, leher dan bagian tubuh lainnya yang dirasa kaku.

5. Membersihkan Saluran Hidung

manfaat mandi air panas
Mandi dengan air panas bisa membantu membersihkan saluran hidung

Manfaat yang terakhir adalah bisa membersihkan saluran hidung. Tentu hal ini sangat membantu Anda yang memiliki masalah pada saluran hidung. Jika iya sebaiknya lakukan cara ini untuk membersihkannya dan mendapatkan banyak manfaat lainnya.

Perbedaan Mandi Menggunakan Air Panas dan Dingin Bagi Tubuh

Ketika memutuskan untuk mandi menggunakan air panas maka harus memperhatikan suhu air yang digunakan. Dimana suhu yang diperbolehkan tidak lebih dari 44 derajat celcius. Selain itu, tidak dianjurkan mandi terlalu lama, lakukan selama 5-10 menit saja. 

Meski sebenarnya sudah ada banyak manfaat yang akan dirasakan. Sedangkan jika ingin mandi menggunakan air dingin di pagi hari atau saat udara sedang panas bisa menggunakan suhu air yang ideal. Suhu air dingin yang dianjurkan berkisar pada 21 derajat celcius.

Sangat tidak disarankan untuk mandi menggunakan air dengan suhu lebih rendah dari 21 derajat celcius. Beberapa manfaat mandi menggunakan air panas yaitu bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan rambut dan juga kulit. Tidak heran jika air panas sangat disarankan untuk mandi. 

Nah itulah 5 manfaat mandi air panas yang akan dirasakan oleh tubuh. Pada dasarnya mandi dengan air panas maupun air dingin sama-sama memberikan banyak manfaat asalkan suhunya sesuai dengan yang dianjurkan. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *