Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Jantung, Kolesterol, dan Tubuh

manfaat ketumbar

Mayoritas masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan ketumbar. Selama ini ketumbar dikenal sebagai salah satu bumbu dapur dan memiliki bentuk seperti biji-biji kecil. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, manfaat ketumbar nyatanya juga sangat baik untuk kesehatan. 

Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan  

Ketumbar merupakan sumber serat, di dalamnya memiliki beberapa kandungan. Kandungan tersebut adalah mangan, magnesium, dan zat besi. Tidak hanya itu, ketumbar juga kaya akan vitamin C, K, kalsium, protein, fosfor, kalium, karoten, tiamin dan nisin. 

1. Mengatasi Diare

Minyak atsiri seperti borneol dan linalool dalam ketumbar bermanfaat untuk sistem pencernaan, meningkatkan fungsi hati dan juga diare. Antibakteri dalam ketumbar bermanfaat untuk menyembuhkan diare akibat jamur dan mikroba. Untuk itu ketumbar bisa menyembuhkan diare.

2. Mengatasi Mual 

Ketumbar memang memiliki kandungan yang sangat banyak dan bermanfaat untuk kesehatan manusia. Salah satu kandungannya adalah senyawa bioaktif. Senyawa ini berfungsi untuk mengatasi mual, muntah dan gangguan pada lambung.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata 

manfaat ketumbar
Kesehatan Mata Terjaga dengan Ketumbar

Bukan rahasia lagi jika ketumbar kaya akan kandungan nutrisi, seperti Vitamin A, C. Selain itu juga memiliki kandungan mineral seperti fosfor. Kandungan tersebut mampu mencegah terjadinya gangguan penglihatan, tekanan pada mata, degenerasi mata dan mengurangi ketegangan.

4. Mencegah Peradangan 

Biji ketumbar terdapat kandungan antioksidan yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Kedua sifat tersebut membuat ketumbar bisa digunakan untuk mencegah infeksi karena bakteri maupun jamur. Namun manfaat yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Mengatur Tekanan Darah 

Ketumbar juga bisa membantu menurunkan tekanan darah untuk penderita hipertensi. Cara kerjanya yaitu meningkatkan interaksi ion kalsium dan asetilkolin. Keduanya merupakan neurotransmitter dalam sistem saraf perifer dan pusat. Keberadaannya akan meredakan ketegangan pembuluh darah.

6. Sebagai Antikanker

manfaat ketumbar
Ketumbar Bisa Berfungsi Sebagai Anti Kanker

Rempah-rempah seperti ketumbar bisa mencegah pembentukan heterosiklik amina (HCA) pada daging ketika memasak. HCA itu sendiri adalah bahan kimia yang terbentuk saat daging dimasak dalam suhu tinggi. mengkonsumsi makanan yang memiliki HCA tinggi bisa meningkatkan risiko kanker.

7. Mencegah Anemia 

Zat besi dalam ketumbar bermanfaat untuk mencegah anemia. Kandungan zat besi dalam darah yang rendah bisa menyebabkan sesak napas, jantung berdebar, penurunan fungsi kognitif dan kelelahan. Keberadaan zat ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang dan meningkatkan energi.

8. Mengatasi Gejala Konjungtivitis 

Mengkonsumsi ketumbar dipercaya bisa mengatasi mata gatal. Mata gatal merupakan gejala utama dari terjadinya konjungtivitis.  Hal ini dikarenakan dalam ketumbar terdapat desinfektan yang sangat baik dan mempunyai sifat antimikroba yang melindungi mata dari penyakit konjungtivitis. 

9. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat ketumbar
Ketumbar Bermanfaat untuk kesehatan Jantung

Manfaat ketumbar untuk jantung adalah untuk mencegah Agregasi trombosit. Ini adalah penggumpalan keping darah yang memicu pembekuan darah. Ketika arteri mengalami agregasi trombosit bisa menyebabkan sumbatan dan gangguan aliran darah ke jantung, dan memicu terjadinya serangan jantung. 

10. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat ketumbar untuk kolesterol juga sangat baik. Beberapa penelitian telah membuktikannya. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa manfaat ketumbar untuk kolesterol adalah bisa menurunkan kolesterol total dan trigliserida serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

Itulah pembahasan tentang manfaat ketumbar untuk kesehatan, jantung dan kolesterol. Diharapkan informasi diatas bisa menambah pengetahuan.  Semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *