Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh yang Sangat Menyehatkan

manfaat jahe

Jahe seringkali ditemukan di dapur sebagai bumbu masakan. Namun, dibalik perannya sebagai bumbu masakan, jahe menyimpan banyak sekali manfaat yang sangat menyehatkan untuk tubuh. Manfaat jahe diantaranya bisa mengatasi berbagai kondisi seperti nyeri sendi, batuk, mual dan juga nyeri akibat terapi kanker.

Berbagai Kandungan Zat pada Jahe 

manfaat jahe
Jahe yang Kaya Manfaat

Jahe mengandung berbagai macam nutrisi serta mineral dan juga senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan tersebut seperti karbohidrat, kalori, air, protein, serat, gula, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, sodium, zinc, vitamin A, C, D, E, B1, B2 dan sebagainya.

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh 

1. Mengatasi Masalah Pencernaan 

Manfaat jahe yang pertama adalah mengatasi masalah pencernaan. Sejak dari dulu jahe dipercaya sebagai bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan phenol dalam tanaman jahe bermanfaat untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, menstimulasi air liur, dan juga membantu pergerakan minuman dan makanan selama di pencernaan. 

2. Mengurangi Mual 

Manfaat jahe selanjutnya adalah bisa meredakan mual akibat morning sickness, vertigo, dan juga efek samping pengobatan kanker. Jahe tersebut bisa dikonsumsi secara mentah, permen rasa jahe ataupun menjadikannya minuman jahe dapat bekerja dengan baik dalam mengatasi terjadinya mual yang dialami oleh ibu hamil.

3. Mengurangi Rasa sakit

manfaat jahe
Jahe Mengurangi Rasa Sakit

Mengkonsumsi suplemen jahe setiap hari bisa mengurangi sakit-sakit otot yang disebabkan oleh berolahraga hingga 25%. Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk mengurangi sakit akibat dysmenorrhea, dan juga rasa sakit akibat menstruasi.

4. Anti Peradangan 

Kandungan dalam jahe ternyata juga bersifat anti-inflamatori. Sehingga orang yang menderita penyakit persendian seperti rematik dan osteoarthritis bisa berkurang rasa sakitnya setelah mengkonsumsi jahe secara teratur. Selain itu, mengkonsumsi jahe juga mengurangi terjadinya pembengkakan pada bagian yang sakit. Jahe tersebut diperkirakan bisa menghambat komponen yang berperan dalam proses inflamatori seperti  kemokin, kondrosit, leukosit dan sitokin.

5. Meredakan Pusing

Saat seseorang mengalami pusing maka akan mengganggu aktivitasnya karena kehilangan keseimbangan, penglihatannya menjadi seperti berkunang-kunang dan mungkin juga disertai mual. Pusing yang diikuti mual bisa diredakan dengan mengkonsumsi jahe.

6. Melawan Penyakit Jantung dan Stroke 

manfaat jahe
Jahe untuk Mencegah Penyakit Jantung

Mengkonsumsi jahe dengan bawang merah maupun bawang putih bisa menjauhkan Anda dari penyakit jantung maupun stroke. Ketiga bumbu masakan tersebut mempunyai kemampuan untuk mencegah penyumbatan dalam darah sehingga ketika dikonsumsi secara bersamaan membuat penyakit jantung dan stroke tidak berani mendekat.

7. Mencegah Kanker 

Dengan mengkonsumsi jahe bisa mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker rahim. Kandungan jahe untuk mencegah munculnya kanker adalah phytonutrient dan juga gingerol. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi teh jahe 3 kali dalam sehari untuk menghilangkan rasa sakit. Untuk mendapatkan manfaat jahe secara maksimal maka harus mengkonsumsi bubuk akar jahe 1000 mg atau dua tetes minyak esensial jahe dua kali dalam sehari.

8. Membantu Proses Detoksifikasi dan Mencegah Penyakit Kulit 

Jahe merupakan jenis makanan yang disebut diaphoretic dan bisa memicu keluarnya keringat. Pengeluaran keringat tersebut sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat ternyata bisa melindungi Anda dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi kulit. Kandungan dermcidin yang diproduksi kelenjar keringat berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri seperti Staphylococcus, E.coli dan jamur penyebab penyakit kulit.

Itulah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan tubuh. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *