Mengenal Beberapa Manfaat Green Coffee untuk Kesehatan

manfaat green coffee

Bagi Anda pecinta kopi, tentu sudah mengenal kopi hijau atau green coffee. Beberapa waktu terakhir ini memang sering dibicarakan oleh banyak orang karena manfaat green coffee diyakini bisa menurunkan berat badan dan bermanfaat untuk kesehatan sehingga menarik perhatian masyarakat.

Ada hal yang membedakan antara green coffee dengan kopi lainnya yaitu saat proses sangrai atau menggoreng tanpa menggunakan minyak. Fakta tersebut yang kemudian membuat masyarakat meyakini bahwa kopi hijau memiliki banyak manfaat jika dibandingkan dengan kopi biasa. 

Kandungan Kopi Hijau  

Di dalam green coffee mengandung asam klorogenat yang dipercaya bisa berdampak positif untuk kesehatan. Akan tetapi, proses sangrai pada biji kopi dapat mengurangi kadar asam klorogenat. Selain itu, kopi hijau juga mengandung antioksidan alami yang juga sangat bermanfaat untuk tubuh.

manfaat green coffee
Biji Green Coffee atau Kopi Hijau

Manfaat Green Coffee 

Inilah beberapa manfaat green coffee untuk kesehatan tubuh manusia, antara lain :

1. Mengobati Diabetes 

Zat ekstrak yang ada didalam biji green coffee ternyata bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula tinggi dalam darah, sekaligus juga menurunkan berat badan. Kedua hal tersebut sangat krusial dalam menyembuhkan diabetes melitus tipe 2.

2. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat 

manfaat green coffee
Kopi Hijau Bisa Menurunkan Kolesterol

Manfaat green coffee selanjutnya mengurangi kadar kolesterol jahat. Kadar kolesterol tersebut bisa terkontrol apabila sering mengkonsumsi kopi hijau. Keberadaan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya gangguan kardiovaskular yang mematikan salah satunya serangan jantung. Untuk mencegahnya disarankan untuk mengkonsumsi kopi ini secara teratur.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi  

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical and Experimental Hypertension mengungkapkan fakta bahwa kopi hijau bisa menurunkan tekanan darah. Pasien diberi ekstrak green coffee yang mana pasien tersebut memiliki tekanan darah 140 mg per suplemen. Ternyata hasilnya sangat menakjubkan karena terjadi penurunan tekanan darah tinggi pada pasien setelah pemberian suplemen tersebut dalam beberapa hari.

4. Meningkatkan Produktivitas Otak 

Kafein yang ada pada green coffee bisa meningkatkan kemampuan dalam mengingat, fokus, waspada, dan tidak mudah merasakan lemas. Kesimpulannya bahwa Anda akan mendapatkan manfaat maksimal jika minum kopi hijau ini 38 hingga 400 mg dalam satu hari. 

5. Mencegah Kanker 

Kandungan antioksidan dan asam klorogenat pada kopi hijau bisa mencegah percepatan perkembangan sel kanker dalam tubuh manusia. Selain itu, juga mampu mengurangi efek merusak dari radikal bebas dalam tubuh.  

6. Menurunkan Berat Badan 

manfaat green coffee
Manfaat Kopi Hijau untuk Diet

Mengkonsumsi kopi hijau dalam bentuk suplemen dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Jadi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet sangat cocok jika menggunakan suplemen green coffee untuk menurunkan berat badan.

7. Membantu Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kandungan aspirin dalam kopi hijau yang sangat kuat dan aktif bisa memberi dampak positif dalam darah manusia. Hal ini dikarenakan pembuluh darah bisa mencegah trombosit supaya tidak berkerumun dan berkumpul menjadi satu Akibatnya membuat arteri tidak mengeras sehingga sirkulasi darah ke seluruh tubuh meningkat. 

8. Sebagai Detoks Alami 

Manfaat selanjutnya dari green coffee adalah sebagai penghilang racun alami dalam tubuh. Ekstrak biji kopi hijau akan membersihkan organ hati (empedu/liver) dari racun seperti lemak berlebih dan kolesterol jahat. Ketika hati sudah bersih dari racun maka bisa berfungsi secara normal sehingga kesehatan tubuh bisa terjaga dengan baik. Proses detoksifikasi ini bisa memperbaiki banyak hal, antara lain meningkatkan metabolisme dan kesehatan secara keseluruhan.

Itulah beberapa manfaat green coffee untuk kesehatan. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *