Manfaat Daun Sirih Yang Sebaiknya Kamu ketahui

daun sirih memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh

Daun sirih banyak kita jumpai disekitar kita. Karena manfaatnya yang sangat banyak maka orang – orang sengaja menanam tumbuhan ini sebagai tanaman herbal disekitar rumahnya. Orang pada jaman dahulu menggunakan daun sirih untuk menginang. Berbagai penelitian di bagian farmasi juga mengatakan bahwa daun sirih memang memiliki efek yang baik karna memiliki kandungan antiseptic didalamnya. Selain itu daunsirih juga memiliki kemampuan membunuh bakteri dan jamur serta memiliki peran sebagai antioksidan. Selain terkenal digunakan untuk menginang, ada banyak manfaat yang di dapat dari tumbuhan daun sirih, diantaranya adalah :

Berbagai Manfaat Daun sirih bagi Tubuh

1. Membantu proses penyembuhan luka

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, hal ini membuat daun sirih mampu membantu proses penyembuhan luka dengan lebih cepat. Cara mengolahnya, Anda hanya perlu mengoleskan daun sirih pada luka dan setelahnya tinggal dibungkus dengan perban. 

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat daun sirih mengatasi rasa tidak nyaman pada perut. Caranya, minumlah air rebusan daun sirih. Konsumsi air rebusan ini membantu perut menyerap mineral dan berbagai nutrisi dari makanan. 

3. Menghambat karies gigi

Kebiasaan menginang beberapa orang tua terdahulu ternyata terbukti memberi manfaat baik untuk gigi. Manfaat daun sirih ternyata mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi. 

4. Mengatasi sakit tenggorokan

Karena kaya akan kandungan antioksidan, daun sirih memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Cukup banyak obat-obatan yang menggunakan bahan alami dari daun sirih karena mampu mengatasi demam hingga sakit tenggorokan.

5. Membantu menurunkan berat badan

Apabila Anda rutin mengonsumsi air rebusan daun sirih. Efek positifnya, sistem metabolisme dalam tubuh meningkat. Tak hanya itu, khasiat daun sirih lainnya juga akan membuat sekresi pencernaan ikut meningkat sekaligus menghilangkan kadar air berlebihan atau racun dari tubuh.

6. Sebagai antiseptik

Manfaat daun sirih sudah lama digunakan masyarakat sebagai antiseptik, antidiabetes, antikanker serta untuk menyembuhkan penyakit infeksi. 

7. Mengobati nyeri

Tingginya kandungan polifenol bernama chavicol pada daun sirih membuat daun ini memiliki sifat antiinflamasi yang sangat kuat. Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih, maka rasa nyeri yang muncul pada tubuh akan hilang.

8. Menurunkan depresi

Daun sirih menurut penelitian juga bermanfaat untuk mengurangi depresi. Saat Anda mengunyah atau meminum air rebusan daun  sirih, hal itu bisa membuat otak untuk memproduksi banyak hormon serotonin yang membuat Anda lebih bahagia.

9. Meredakan batuk

salah satu manfaat daun sirih adalah menyembuhkan batuk

Salah satu khasiat daun sirih yang hingga kini masih dipercaya adalah kemampuannya mengatasi batuk. Air rebusan daun sirih mampu mengatasi batuk, karena mengandung Vitamin B, C serta alkaloid untuk mengatasi peradangan penyebab batuk. 

10. Mengatasi mimisan

Khasiat daun sirih yang satu sudah tidak asing digunakan karena sering digunakan untuk mengatasi mimisan. Cara kerja daun sirih menyembuhkan mimisan mirip dengan bagaimana daun ini menyembuhkan luka.

11. Mengobati Sakit Asma

Anda dapat mengobati asma dengan manfaatkan daun sirih hijau, dengan minum air rebusan daun sirih setiap hari rutin. Kandungan dalam daun sirih diantaranya minyak atsiri, fenil, propane, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophlyllene, cineole, allylpyrokatekol, cadinene, tanin, diastase, pati, terpenna, seskuiterpena, dan gula yang dipercaya mampu mengatasi sesak nafas. 

12. Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyebabkan sesorang merasakan nyeri di sendi saat menggerakan berbagai tubuh. Anda apat emanfaatkan minum daun sirih dan manfaat kapur sirih secara rutin untukmembantu Anda mengobati penyakit asam urat.  

13. Mengobati Penyakit Jantung

Jantung adalah organ yang penting untuk menjaga keseimbangan sistem peredaran darah dalam tubuh manusia. Jika jantung tidak terjaga dan mengalami masalah, akan menyebabkan masalah fatal bagi kesehatan Anda. Untuk itu dibutuhkan manfaat minum air rebusan daun sirih setiap hari untuk mengobati berbagai penyakit jantung ini. 

Manfaat Lain Daun Sirih

Selain manfaat yang disebutkan di atas, daun sirih banyak manfaatnya untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kuatnya daya tahan tubuh membuat peradangan atau luka cepat sembuh.

Itulah beberapa manfaat daun sirih yang bisa Anda dapatkan. Semoga informasi ini dapat menambah ilmu tentang kesehatan. Manfaat yang ada dalam daun sirih ini masih perlu membutuhkan banyak penelitian lanjutan. Hal ini diperlukan agar manfaat yang ada lebih terlihat dan tepat sasaran. Apabila mengalami masalah yang lebih serius, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar proses penyembuhan penyakit lebih tepat.

Hal penting lain yang harus diketahui adalah meski manfaat daun sirih sering digunakan sebagai antiseptik, hindari penggunaan rebusan daun sirih untuk membersihkan mata. Apalagi jika dalam pemrosesannya tidak terjaga kebersihannya, di mana hal ini justru bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi mata. Akan lebih baik jika di konsultasikan dengan dokter supaya tertangani lebih baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *