Manfaat Cokelat yang Lezat untuk Kesehatan Tubuh

manfaat cokelat

Cokelat merupakan makanan yang disukai banyak orang, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Selain memiliki rasa yang enak, cokelat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat cokelat untuk tubuh itulah yang membuatnya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. 

Manfaat Cokelat untuk Tubuh 

Berbagai manfaat mengkonsumsi cokelat tidak terlepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan yang terdapat pada cokelat adalah zat flavonoid. Zat flavonoid ini memiliki efek antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan sel dan menurunkan penyakit jantung. 

1. Mengurangi Risiko Serangan Jantung 

Manfaat dark chocolate salah satunya adalah mengurangi resiko serangan jantung. Dengan konsumsi ini maka pembekuan trombosit dalam darah menjadi lambat. Ini sangat penting karena jika trombosit mengalami pembekuan, maka akan menjadi penyebab utama serangan jantung. 

2. Mengurangi Nafsu Makan berlebih 

manfaat cokelat
Makan Cokelat Bisa Menurunkan Nafsu Makan Berlebih

Cokelat hitam juga digunakan sebagai solusi supaya menurunkan nafsu makan. Sehingga sangat cocok digunakan untuk diet. Mengkonsumsi cokelat memang bisa membantu dalam mengatur nafsu makan supaya tidak berlebihan. Jika nafsu makan berlebih dibiarkan maka bisa mengakibatkan kegemukan.

3. Tinggi Antioksidan

Cokelat hitam mengandung antioksidan polifenol, katekin dan flavonoid yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Setiap hari tubuh manusia terpapar radikal bebas dari lingkungan sekitar, seperti  sinar matahari, asap rokok, polusi udara yang bisa menyebabkan penyakit. Konsumsi cokelat bisa mencegahnya. 

4. Mencegah Diabetes 

Setelah mengkonsumsi cokelat maka akan terjadi peningkatan kadar nitrat dioksida dalam tubuh. Akibatnya akan membantu meningkatkan respons sensitivitas insulin. Sensitivitas insulin itu sendiri sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga  terhindar dari diabetes.

5. Menurunkan Kolesterol 

Rutin mengkonsumsi dark chocolate dalam jangka waktu panjang ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menurunkan kolesterol jahat hingga 20 persen. Hal ini akan menurunkan terjadinya penyakit kardiovaskular.

6. Mempertajam Fungsi Otak 

manfaat cokelat
Cokelat Mampu Mempertajam Fungsi Otak

Dark chocolate bisa meningkatkan fungsi kognitif otak, seperti mempertajam memori dan kemampuan berpikir logis. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan tinggi flavonoid. Selain itu, juga bisa membantu meningkatkan aliran darah otak menjadi lancar dan meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua.

7. Melindungi Kulit dari Radiasi Sinar Matahari  

Flavonoid dalam cokelat hitam bisa membantu mencegah kerusakan kulit akibat adanya paparan radiasi sinar matahari. Sehingga bisa melancarkan aliran darah di kulit dan meningkatkan kelembaban dan kekenyalan kulit. Manfaat lainnya adalah menangkal dampak buruk radiasi sinar UVB. 

8. Kenyang Lebih Lama 

Selain mengurangi nafsu makan, dark chocolate juga membuat perut kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, dark chocolate juga mencegah hasrat untuk makan makanan asin, manis dan berlemak. Bagi yang sedang menjalankan program diet disarankan untuk mengkonsumsinya.

Tips Mengkonsumsi Cokelat

manfaat cokelat
Konsumsi Cokelat Murni untuk Kesehatan

Cokelat memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun manfaat itu tidak akan didapatkan jika memilih jenis cokelat yang salah ataupun tidak dikonsumsi dengan benar. Disarankan untuk memilih dark chocolate dan cokelat susu yang murni sehingga manfaatnya masih terjaga.

Hindari untuk mengkonsumsi cokelat kemasan karena sudah dicampur dengan berbagai bahan tambahan. Ketika sudah ditambah dengan bahan tambahan akan mengakibatkan peningkatan kandungan gula, lemak dan kalori. Tentu ini tidak baik untuk tubuh dan bisa mengakibatkan terjadinya penyakit.  

Itulah penjelasan tentang berbagai manfaat cokelat dan tips mengkonsumsinya. Diharapkan pembaca bisa lebih selektif dalam memilih jenis cokelat yang dikonsumsi. Mengingat ada banyak jenis cokelat yang dijual di pasaran. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *