Inilah 7 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Buah pisang merupakan salah satu buah yang memiliki rasa yang lezat. Selain itu, buah yang satu ini harganya terjangkau sehingga menjadi favorit banyak orang. Dibalik rasanya yang manis, buah pisang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut bisa dirasakan apabila rutin mengkonsumsinya. Manfaat buah pisang didapatkan dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nutrisi tersebut berupa serat, protein, karbohidrat, mangan, potasium, magnesium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Dari satu buah pisang yang dikonsumsi akan memberikan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah pisang bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara rutin.

1. Baik untuk Pencernaan 

Pisang memiliki tekstur lembut.
Pisang memiliki tekstur lembut.

Teksturnya yang lembut membuat buah ini bisa dengan mudah melewati saluran pencernaan. Kandungan serat dalam buah ini akan membantu kepadatan feses sehingga bisa meredakan diare. Selain itu, kandungan kaliumnya bermanfaat untuk menggantikan elektrolit yang hilang dalam tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi buah pisang bisa membantu menyelesaikan masalah pada saluran pencernaan.   

2. Menurunkan Tekanan Darah

Pisang memiliki kandungan kalium.
Pisang memiliki kandungan kalium.

Kandungan kalium dalam buah pisang ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah lho. Sangat disarankan bagi Anda yang menderita hipertensi untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti pisang. Akan tetapi, manfaat pisang tidak bisa bekerja dengan efektif apabila Anda tidak mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan garam. 

3. Meningkatkan Stamina Olahraga

Buah pisang meningkatkan stamina olahraga.
Pisang dikonsumsi saat olahraga.

Buah pisang juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi oleh Anda yang rutin olahraga. Buah ini bisa digunakan sebagai bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang. Adanya kandungan lainnya seperti serat, karbohidrat, kalium dan vitamin B menjadikan buah ini sebagai paket komplit minuman olahraga.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pisang cocok untuk diet.
Pisang untuk diet.

Bagi Anda yang saat ini sedang diet, salah satu manfaat dari buah pisang adalah bisa menjadi rekomendasi untuk dikonsumsi. Tergantung dari tingkat kematangannya, buah pisang mengandung pati atau pektin, kandungan tersebut bisa mengurangi nafsu makan dan membuat Anda terus merasa kenyang. Selain itu, buah ini juga mengandung kalori yang rendah namun kandungan serat dan nutrisi cukup tinggi sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

5. Sangat Baik untuk Kesehatan Kulit

Pisang dapat mencerahkan kulit.
Pisang dapat mencerahkan kulit.

Buah pisang juga bisa digunakan untuk masker wajah lho. Namun, Anda harus memilih yang sudah terlalu matang atau lembek. Setelah itu haluskan sampai menjadi adonan pasta halus dan langsung oleskan di kulit wajah. Alasan digunakan sebagai  masker wajah karena bisa mencegah munculnya jerawat, melembabkan kulit kering, menyerap minyak dan mencegah kerusakan akibat sinar UV.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Pisang berguna untuk kesehatan jantung.

Kandungan kalium dan magnesium dalam buah pisang merupakan kandungan yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Jika Anda mengkonsumsi pisang secara rutin, Anda bisa mendapatkan manfaat dari buah pisang untuk kesehatan jantung akibat kandungan kalium dan magnesiumnya. 

7. Menurunkan Risiko Komplikasi Kehamilan

Pisang untuk ibu hamil.
Pisang untuk ibu hamil.

Mangan merupakan mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Kandungan mangan bisa ditemukan pada buah pisang. Mangan ini membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol dan asam amino dalam tubuh. Kandungan mangan tersebut dipercaya bisa membantu menurunkan risiko komplikasi kehamilan, risiko kematian karena serangan jantung dan mencegah migrain.

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Buah Pisang dengan Sehat ?

Pisang sangat mudah dikonsumsi.
Pisang sangat mudah dikonsumsi.

Sebenarnya cara mengkonsumsi buah pisang ini sangat mudah yaitu jika sudah matang bisa langsung dikonsumsi. Namun, apabila Anda ingin mengolahnya menjadi camilan juga tidak masalah. Meskipun untuk camilan hindari membuatnya dengan cara digoreng menjadikannya pisang molen atau pisang goreng. Menggoreng pisang akan mengubah manfaatnya menjadi sesuatu yang merugikan karena menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya dan meningkatkan kadar lemak jenuh. Ini bisa menyebabkan terjadinya diabetes, obesitas, kolesterol tinggi, penyakit jantung dan hipertensi. Oleh karena itu, dalam mengkonsumsi buah pisang sebaiknya lebih berhati-hati supaya manfaat buah pisang tidak hilang dan menjadi sesuatu yang malah merugikan tubuh nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *