6 Manfaat Berpikir Positif untuk Tubuh yang Lebih Sehat

manfaat berpikir positif

Ketika kita selalu memiliki pikiran positif maka terlihat jauh lebih segar dan bahagia. Manfaat berpikir positif juga bisa dirasakan pada kesehatan. Karena pikiran yang positif ternyata dapat mencegah dari ancaman berbagai penyakit berbahaya. Selain itu, juga terhindar dari berbagai masalah. Ketika seseorang yang tidak bisa berpikir positif, hidupnya tidak akan tenang cenderung lebih bahagia. 

Manfaat Berpikir Positif Dalam Kehidupan Kita 

Ada banyak manfaat yang didapat jika memiliki pikiran positif. Diantaranya adalah:

1. Jarang Sakit 

manfaat berpikir psitif
Pikiran yang Positif Bisa Membuat Jarang Sakit

Manusia yang selalu berpikiran positif dan optimis ketika menjalani kehidupan sehari-harinya, akan memiliki sistem imun lebih kuat. Karena memiliki sistem imun lebih kuat membuat seseorang selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Ketika berpikir positif pasti hidupnya akan selalu bahagia dan optimis. Keadaan ini akan membuat hormon oksitosin bekerja ke seluruh tubuh manusia sehingga membuat lebih bersemangat lagi.

2. Berpotensi Memiliki Umur Panjang 

Seseorang yang jarang sakit akan berpotensi memiliki umur panjang. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seorang wanita menopause yang selalu berpikiran positif dan optimis akan mengalami penurunan angka kematian dan tidak berisiko terserang diabetes maupun hipertensi.

Bahkan orang yang selalu optimis memiliki 30% lebih rendah untuk meninggal karena serangan jantung atau penyakit jantung. Sedangkan wanita yang selalu pesimis  memiliki 23% kemungkinan meninggal akibat kanker.

3. Peluang Terkena Stroke Sangat Kecil 

manfaat berpikir psitif
Kemungkinan Terserang Stroke Menjadi Kecil

Pada saat seseorang selalu berpikir positif dalam hidupnya maka disadari atau tidak hidupnya akan lebih bahagia. Ketika bahagia akan memperlambat munculnya plak di arteri. Plak itu sendiri merupakan salah satu penyebab munculnya stroke.

Pernyataan tersebut diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan. Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa seseorang dengan pikiran positif dalam hidup akan memiliki risiko stroke lebih rendah.

4. Meminimalisir Terjadinya Depresi  

Pikiran negatif dan juga pesimis merupakan salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mengalami depresi. Akan tetapi, jika merubah pikiran negatif menjadi pikiran positif maka menjadi usaha dalam memerangi depresi. Secara otomatis berarti sedang meminimalisir terjadinya depresi. 

Cara untuk merubah menjadi berpikir positif adalah dengan terapi kognitif, dimana terapi ini bisa merubah pola berpikir bisa meningkatkan perasaan seseorang dan menjadi salah satu bagian pengobatan depresi tersebut.

5. Mengambil Keputusan dengan Baik 

manfaat berpikir positif
Lebih Bijaksana Mengambil Keputusan

Selalu berpikiran negatif dalam segala kondisi akan membuat seseorang cenderung terburu-buru dalam mengambil keputusan. Keputusan yang akan diambil tidak dipikirkan dengan baik terlebih dahulu. Dalam kondisi seperti ini cenderung mengambil keputusan yang tidak baik.

Berbeda jika berpikiran positif dan optimis, maka pikiran akan lebih terbuka maupun fleksibel dalam menghadapi berbagai masalah. Sehingga sebelum mengambil keputusan akan terlebih dahulu dipikirkan dengan matang .

6. Menjadi Lebih Tangguh  

Dengan selalu berpikiran positif  maka seseorang akan memiliki kemampuan dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. Ketika sudah terbiasa dan terlatih maka akan membuatnya menjadi tangguh. Orang tangguh cenderung bisa menghadapi situasi krisis atau trauma dengan tekad dan kekuatan.

Daripada hancur karena terlalu stress, maka seseorang dengan pikiran positif lebih memilih melanjutkan dan mengatasi berbagai kesulitan. hal ini berarti pikiran positif bisa memainkan peran dalam ketangguhan.

Itulah beberapa manfaat berpikir positif untuk kesehatan tubuh. Mulai sekarang jangan lupa untuk selalu memiliki pikiran yang positif dan baik ya, agar tubuh kita juga lebih sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *