Manfaat Bawang Putih Bakar untuk Kesehatan

manfaat bawang putih

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa bawang putih hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan. Ada yang mengatakan suatu masakan tanpa adanya bawang putih rasanya kurang enak. Selain memberi rasa dan aroma pada masakan, bawang putih ternyata memiliki banyak khasiat. Sejak dahulu sudah dijadikan obat, penghangat tubuh  dan nutrisi untuk kecantikan kulit maupun rambut. Lalu, apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh?

Berbagai Kandungan Bawang

Di dalam bawang putih mengandung idan antioksidan yang berguna untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kaya akan kandungan vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, asam folat, kalsium, zat besi, zink, kalium, mangan, sodium, fosfor, dan sebagainya. 

Kandungan-kandungan tersebut untuk mencegah serangan  berbagai macam penyakit. Setiap 100 gram bawang putih terdapat berbagai macam nutrisi yang bisa mengurangi risiko alzheimer dan demensia antara lain 33 gram karbohidrat, 150 kalori dan 6,36 gram protein. 

8 Manfaat Bawang Putih Bakar untuk Kesehatan

Untuk bisa merasakan khasiatnya, bawang putih bisa dikonsumsi dengan cara dibakar. Bahkan efek yang ditimbulkan juga sangat kuat dibandingkan dengan mengkonsumsi mentahnya. Sehingga manfaat bawang bakar untuk kesehatan sudah tidak bisa diragukan lagi.  Berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

1.Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat bawang putih
Kesehatan Organ Tubuh Jantung

Manfaat bawang putih bakar untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mencegah penyakit jantung atau kardiovaskular. Mengkonsumsi bawang putih bakar bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Caranya dengan menghambat sintesis kolesterol di organ hati. Selain itu, saat proses membakar bawang putih tersebut bisa menambah sifat anti inflamasi dan mengurangi masalah pembekuan darah.

2. Mencegah Penyakit Kanker

manfaat bawang putih
Bawang Pencegah Kanker

Selain untuk mencegah penyakit jantung, bawang putih bakar juga bisa untuk mencegah kanker. Tingginya kandungan antioksidan dan senyawa belerang dalam bawang putih bisa berfungsi untuk menghilangkan racun dan karsinogen sehingga menyebabkan kerusakan. Selain itu juga bisa mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

3. Menjaga Gula Darah

manfaat bawang putih
Menstabilkan Kadar Gula Darah 

Dengan mengkonsumsi bawang putih bakar bisa mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.  Untuk itu, bagi penderita diabetes dan yang berisiko terserang diabetes sangat disarankan untuk mengkonsumsi bawang putih bakar.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

manfaat bawang putih
Pencernaan Sehat

Mengkonsumsi rutin bawang putih bakar setiap hari sangat efektif untuk mengatasi masalah pencernaan. Bawang putih bakar tersebut akan membantu usus berfungsi secara normal sehingga sistem pencernaan bekerja dengan baik. Selain itu, peradangan atau iritasi lambung seperti maag biasa diatasi dengan mengkonsumsinya. Bahkan bawang putih bakar merupakan obat alami yang bisa dicoba.

5. Mengatasi Keracunan Logam 

manfaat bawang putih
Menghindari Keracunan Logam

Bawang putih bakar yang dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa mencegah kerusakan organ akibat adanya logam berat. Senyawa belerang yang terus tinggi akibat proses pembakaran nantinya bisa mengurangi kadar timbal dalam darah dan bisa mencegah gejala keracunan, seperti sakit kepala dan tekanan darah.  

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

manfaat bawang putih
Kolesterol Turun

 Bawang putih bakar juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena didalamnya mengandung senyawa allicin. Selain dengan dibakar juga bisa dikonsumsi dengan dicampur dalam makanan.

7. Meningkatkan Imun Tubuh

manfaat bawang putih
Bawang Memperkebal Imun Tubuh 

Kandungan fitonutrien dalam bawang putih bakar bisa mengurangi stress oksidatif dan mencegah terjadinya kerusakan pada DNA. Maka dari itu, sistem kekebalan tubuh semakin kuat sehingga menghasilkan energi sekaligus menambah umur panjang.

8. Mengobati Infeksi Ginjal

manfaat bawang putih
Infeksi Ginjal Terobati

Terakhir, manfaat bawang putih bakar untuk kesehatan adalah mencegah pertumbuhan pseudomonas aeruginosa yaitu patogen penyebab infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal. Mengkonsumsinya secara rutin tidak hanya mengurangi rasa sakitnya tetapi juga membunuh patogen penyebab penyakit.

Itulah 8 manfaat bawang putih untuk kesehatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *