Segudang Manfaat Bandeng Bagi Kesehatan

manfaat bandeng

Ikan merupakan salah satu makanan laut (seafood) yang memiliki banyak manfaat. Makanan tersebut memiliki rasa yang lezat, selain itu di dalam ikan mengandung banyak nutrisi dan vitamin sehingga menjadikannya sebagai daftar menu makanan sehari-hari. Salah satu jenis ikan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan adalah ikan bandeng. Terdapat banyak sekali manfaat bandeng yang sangat baik jika dikonsumsi secara rutin loh!

Ikan bandeng ini identik dengan perayaan Imlek. Banyak orang yang merayakannya dengan menyuguhkan berbagai macam makanan dengan menu wajib adalah ikan bandeng. Pada umumnya ikan tersebut dikonsumsi utuh dari kepala hingga ekor, ini untuk menggambarkan awal dan akhir yang baik setiap tahunnya.

Kandungan Nutrisi Ikan Bandeng

Selain memiliki rasa yang enak, ikan bandeng juga memiliki kandungan yang bisa bermanfaat untuk kesehatan. Inilah beberapa kandungan ikan bandeng, seperti lemak, protein, kalori, fosfor, kalium, kalsium, zat besi, natrium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2. Selain itu, ikan bandeng juga diperkaya dengan kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kesehatan tubuh.

Segudang Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan 

Atas dasar kandungan nutrisi dan vitamin tersebut, ikan bandeng memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah segudang manfaat ikan bandeng bagi kesehatan. 

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

manfaat bandeng
Ikan Bandeng untuk Kolesterol

Manfaat ikan bandeng yang pertama adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan ikan bandeng mengandung nutrisi seperti asam lemak omega-3, EPA, dan DHA. Kandungan asam lemak tersebut dapat mengendalikan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

2. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Manfaat utama mengkonsumsi ikan bandeng adalah bisa mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Itu disebabkan oleh kandungan asam lemak omega-3, omega-6. EPA, dan DHA yang bisa membantu mencegah penggumpalan darah pada pembuluh darah koroner, kondisi tersebut merupakan pemicu utama timbulnya penyakit jantung koroner yang mematikan. Maka dari itu, disarankan untuk rajin mengkonsumsi ikan bandeng jika tidak ingin terserang penyakit tersebut.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

manfaat bandeng
Bandeng Kaya Vitamin dan Zat Besi

Dengan mengkonsumsi ikan bandeng secara rutin akan membuat daya tahan tubuh selalu terjaga, sehingga tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit. Manfaat ikan bandeng tersebut karena kandungan nutrisi dan vitamin seperti zat besi dan vitamin A, dimana kedua kandungan tersebut merupakan elemen penting dalam menjaga dan mengoptimalkan daya tahan tubuh.

4. Merawat Tulang dan Gigi

Manfaat ikan bandeng selanjutnya adalah bisa untuk merawat tulang dan gigi. Hal ini disebabkan oleh kandungan mineral berupa kalsium dan fosfor. Kedua mineral tersebut berfungsi untuk membentuk serta menjaga kesehatan dan kekuatan tuang maupun gigi. Selain kandungan tersebut juga dikarenakan adanya kandungan vitamin D. 

5. Merawat Fungsi Ginjal 

Di dalam ikan bandeng terdapat kandungan vitamin B12 yang memiliki fungsi membantu proses pembuangan limbah dalam tubuh yang berasal dari makanan. Jika limbah tersebut terus menerus berada di dalam tubuh akan menjadi racun berbahaya dan berpotensi menyebabkan penyakit batu ginjal. 

6. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

manfaat bandeng
Konsumsi Bandeng Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan protein dalam ikan bandeng bisa menjadi sumber energi yang baik bagi ibu hamil. Selain itu juga bisa mencegah ibu hamil dari depresi dan stres yang sangat tidak baik untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Protein tersebut juga memiliki manfaat untuk bayi, yaitu mengoptimalkan tumbuh kembang tulang dan otak janin. Sedangkan asam lemak omega-3 dan omega-6 memiliki peran dalam pembentukan sistem saraf.

Itulah segudang manfaat bandeng bagi kesehatan. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *