Manfaat Agar-agar yang Lezat Dimakan dan Menyehatkan untuk Tubuh

manfaat agar-agar

Agar-agar merupakan makanan yang terbuat dari rumput laut (algae), kebanyakan terbuat dari rumput laut merah. Biasanya agar-agar digunakan sebagai makanan penutup, suplemen ataupun obat. Selain enak untuk dimakan, ternyata manfaat agar-agar untuk kesehatan tubuh juga sangat banyak loh!

8 Manfaat Agar-agar Bagi Kesehatan 

manfaat agar-agar
Agar-agar yang Lezat untuk Dikonsumsi

Agar-agar merupakan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Manfaat agar-agar tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Nutrisi tersebut merupakan nutrisi sehat yang diperlukan oleh tubuh. 

Kandungan nutrisi tersebut, antara lain serat, protein, karbohidrat kompleks, Vitamin B, vitamin  E, vitamin K dan folat. Ada juga kandungan mineral berupa zat besi, kalsium, yodium, kalium, selenium magnesium dan zinc. Selain itu, agar-agar juga memiliki kandungan fosfor, cholin, dan omega-3.

1. Mencegah Radang Sendi 

Konsumsi agar-agar berguna untuk mengurangi rasa sakit akibat radang sendi. Tidak hanya itu, agar-agar juga bisa mencegah radang sendi apabila dikonsumsi secara rutin. Kandungan kolagen dalam agar-agar berguna sebagai pelumas pada sendi sehingga bisa mencegah terjadinya radang sendi.

2. Melancarkan Pencernaan 

manfaat agar-agar
Sangat Bermanfaat untuk Pencernaan

Di dalam 100 gram agar-agar memiliki kandungan kurang lebih 8 gram serat. Bisa dibilang kandungan tersebut cukup tinggi. Kandungan tersebut berguna untuk merangsang usus supaya bisa bergerak lebih aktif serta melancarkan pencernaan dan mencegah atau mengatasi sulit buang air besar (sembelit). 

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular 

Agar-agar memiliki kandungan antioksidan, kalium serta kalsium. Seluruh kandungan tersebut berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Nutrisi yang ada dalam agar-agar bisa menjaga tekanan darah tetap normal, mengurangi kolesterol, dan mencegah gangguan pembuluh darah. 

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dalam agar-agar cukup tinggi dan memiliki manfaat untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang maupun gigi. Jadi makanan ini sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Bisa dipastikan jika anak-anak juga menyukai agar-agar.

5. Menurunkan Berat Badan  

manfaat agar-agar
Membantu Menurunkan Berat Badan

Solusi tepat bagi yang memiliki berat badan berlebih adalah dengan mengkonsumsi agar-agar. Agar-agar bisa membuat perut merasa cepat kenyang sehingga nafsu makan lebih terkontrol. Untuk mendapatkan hasil maksimal disarankan untuk diimbangi dengan diet dan olahraga.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Agar-agar yang memiliki kandungan protein, zinc dan antioksidan berperan dalam meningkatkan sistem imunitas. Sehingga rutin mengkonsumsi agar-agar dalam jumlah cukup bisa berguna dalam memperkuat daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh kuat bisa melawan kuman dan virus penyebab infeksi.

7. Menurunkan Kolesterol 

Bisa Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol yang berlebih dalam tubuh bisa menyebabkan munculnya penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Untuk mencegahnya sebaiknya rutin mengkonsumsi agar-agar. Alasannya karena kandungan nutrisi dalam agar-agar berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

8. Mencegah Osteoporosis 

Kandungan kalsium yang sangat tinggi dalam agar-agar bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Osteoporosis merupakan penyakit yang terjadi karena adanya kerapuhan tulang. Supaya tidak mengalami osteoporosis maka harus mengkonsumsi agar-agar.

Dengan rasa enak dan nutrisi yang sehat, tidak salah jika agar-agar sangat disukai untuk dikonsumsi. Selain itu, makanan ini juga sangat mudah ditemukan dimana saja dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi agar-agar supaya kesehatan bisa terjaga. 

Itulah informasi tentang manfaat agar-agar dan kandungan nutrisi di dalamnya. Diharapkan penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan mengenai manfaat agar-agar bagi kesehatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *