8 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Mudah Didapat

makanan sehat bagi ibu hamil dapat dikombinasikan dengan buah

Masa kehamilan pastinya membutuhkan nutrisi penting atau makanan sehat untuk ibu hamil dalam tumbuh kembang kandungan. Karena itu bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan sebaiknya mengoptimalkan asupan gizi dan nurisi pada masa ini.

Meskipun membutuhkan nutrisi yang tinggi dalam jumlah banyak. Anda dapat menemukan asupan gizi yang cukup bagi ibu hamil melalui makanan dan minuman yang dapat dengan mudah ditemui sehari-hari. Selain itu terjangkau dan tidak mahal harganya

Berikut ini beberapa makanan dan minuman sehat yang baik dikonsumsi dalam masa kehamilan :

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

  • Air putih

Memperbanyak minum air putih , khususnya saat hamil bagus sebagai asupan cairan pada janin Anda. Seorang ibu hamil  membutuh 6-8 liter air per hari. Tidak hanya untuk janin, tapi juga untuk cairan di dalam plasenta, air ketuban, hingga payudara. Banyak minum air putih juga bisa mengurangi mual dan gangguan pencernaan.

  • Air kelapa

Air kelapa ternyata bisa melancarkan darah, membantu mengurangi lelah, sampai antioksidan yang baik untuk melenyapkan radikal bebas dalam tubuh. 

  • Buah-buahan

Buah – buahan banyak manfaat dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Terlebih buah – buahan yang banyak mengandung serat. Hal ini bagus untuk menutrisi ibu hamil.

  • Susu hamil

Kandungan yang ada di susu hamil biasanya ada asam folat untuk pembentukan organ janin juga untuk menghindari cacat tulang belakang, GA dan DHA sebagai nutrisi untuk otak, zat besi untuk pembentukan sel darah merah buat ibu, dan kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi bayi serta memperlancar produksi ASI.

  • Vitamin

Vitamin biasanya sudah menjadi barang wajib yang disarankan dokter untuk dikonsumsi ibu hamil. vitamin asam folat penting untuk pembentukan organ janin, dia juga membantu produksi ASI. Sehingga vitamin ini bisa diteruskan untuk dikonsumsi pasca melahirkan.

  • Telur
telur mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi dan dapat menjadi pilihan makanan sehat ibu hamil

Telur adalah makanan yang mengandung banyak omega 3. Selain itu telur merupakan sumber folat, zat besi, dan kaolin. Kaolin sangat baik bagi perkembangan otak dan membantu mengurangi resiko cacat saraf. Untuk mengonsumsi bisa digoreng ataupun direbus.

  • Kacang – kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi diantaranya sumber protein, zat besi, mineral, folat, serat, dan kalsium. Ini juga sangat baik buat Bunda yang vegetarian. Kacang-kacangan ini juga membantu mengurangi risiko kelahiran bayi prematur, dan berat lahir.

  • Daging 

Protein yang terkandung dalam daging bagus untuk pertumbuhan bayi dan memastikan otot – ototnya berkembang. Setiap hari ibu hamil membutuhkan sekitar 50mg protein untuk memenuhi asupan tubuh dan janin. Kebutuhan ini akan terus bertambah seiring dengan usia kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *