Makanan Sehat Bantu Penuhi Kebutuhan Gizi Tubuh

makanan sehat dapat dipenuhi dengan sayur dan buah-buahan

Untuk dapat memenuhi angka kecukupan gizi harian. Tubuh membutuhkan asupan makanan sehat. Pengertiannya adalah makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik. Setiap orang memerlukan nutrisi seimbang bagi tubuh untuk tumbuh kembang yang lebih baik. sekarang masyarakat sudah mulai sadar akan informasi tersebut. Sudah banyak masyarakat yang mengembangkan sayuran organik dan berbagai jenis makanan lainnya yang tidak berpengawet dan berbahan kimiawi. Agar nutrisi tubuh kita lengkap dan seimbang maka diperlukan keseimbangan antara karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.

Jenis Makanan Sehat Yang Dibutuhkan Tubuh

  • Buah-Buahan

Buah-buahan juga sangat penting dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Seperti buah apel yang banyak mengandung serat, vitamin c, dan antioksidan, jeruk kaya akan vitamin c, buah – buahan berry memiliki kandungan antioksidan tinggi. 

  • Daging dan Telur

Sumber protein dapat didapatkan dari daging dn telur. Selain mengandung banyak nutrisi, daging sumber protein dan zat besi yang tinggi. Untuk telur, tergolong sebagai salah satu bahan makanan yang paling bergizi. Karena telur memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, yaitu protein dengan kandungan asam amino essensial dan non essensial lengkap, vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh.

  • Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kelompok makanan ini sarat akan nutrisi dan berbagai mineral penting untuk tubuh, termasuk magnesium dan vitamin E. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik, terutama bagi mereka yang vegetarian.

  • Ikan dan Makanan Laut Lainnya

Makanan laut banyak mengandung sumber asam lemak omega-3 dan yodium. Orang yang sering makan ikan laut, memiliki risiko lebih rendah terhadap beragam penyakit, seperti penyakit jantung dan cenderung berumur panjang.

  • Susu

Susu memiliki kandungan tinggi mineral, protein hewani, lemak sehat dan juga vitamin. Selain itu, kandungan kalsium pada susu juga memiliki kadar yag tinggi. Susu adalah pelengkap nutrisi sehingga bisa dikatakan 4 sehat 5 sempurna. 

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium, dan kalsium. Karotenoid, pigmen yang mengandung senyawa antioksidan yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah. Karotenoid juga dapat dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, sehingga menyehatkan jantung.

Tips Untuk Mengatur Pola Hidup Sehat

Untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Diantaranya adalah :

Menambah asupan protein

Protein berperan sebagai salah satu pondasi utama tubuh untuk membentuk otot, kulit, hormon, dan hampir semua sel dan jaringan pada sistem organ tubuh. Selain itu, sumber makanan berprotein tinggi juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena makanan berprotein tinggi dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga massa otot dan pembakaran lemak bertambah, serta membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, bukan hanya menurunkan berat badan, tetapi juga dapat menjaga berat badan ideal.

Konsumsi lemak baik

Pola makan kedua yang dianjurkan oleh ahli gizi adalah mengonsumsi lemak sehat. Ada dua jenis lemak yang baik untuk tubuh yaitu lemak yang disebut lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda seperti asam lemak omega-3. 

Pilih karbohidrat kompleks

Selain protein dan lemak sehat, unsur gizi anjuran ahli gizi yang perlu Anda konsumsi adalah karbohidrat kompleks. Ada dua jenis karbohidrat, yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. 

Jangan lupa makanan yang berserat

Serat merupakan salah satu unsur gizi penting yang dianjurkan oleh ahli gizi. Serat sangat baik untuk memelihara kesehatan pencernaan terutama usus Anda. Beberapa jenis serat juga dapat mendukung program penurunan berat badan, menurunkan gula darah, dan memerangi konstipasi.

Makanan yang perlu dihindari

Berbagai makanan cepat saji juga merupakan makanan yang perlu dibatasi. Karena makanan cepat saji memiliki kandungan didalamnya yang tidak baik jika dimakan secara sering dan terus menerus. Selain itu, disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dan air putih.

makanan fast food merupakan salah satu makanan yang cukup berbahaya bagi tubuh

Beberapa tips sehat bisa diterapkan dalam keseharian Anda, misalnya memilih asupan karbohidrat yang baik, pilih makanan yang mengandung lemak sehat dan hindari lemak jenuh. Perbanyak asupan serat baik dari sayuran, buah-buahan. Kurangi minuman bersoda dan berpemanis buatan. Perbanyak minum jus buah – buahan segar yang kaya akan vitamin dan zat antioksidan.

Semoga informasi ini dapat mendapat pengetahuan bagi Anda, jika mendapati kondisi tubuh yang tidak baik atau alergi ketika memakan makanan tertentu. Maka Anda bisa mengkonsultasikan langsung dengan dokter. Akan ada penanganan langsung dengan melakukan pengetesan terkait apakah termasuk alergi dalam makanan tertentu.

Jika ingin melakukan diet sebaiknya jangan sembarangan melakukan diet kera. Hal ini bisa mengakibatkan Anda kekurangan nutrisi sehingga membuat tubuh sakit atau tidak fit. Konsultasikan diet kepada ahli gizi atau nutrisi yang bisa merencakan diet sehat Anda. Selain itu pastikan konsumsi makanan sehat selama menjalani diet. Sehingga tetap bisa menjaga kebugaran tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *