Deretan  Makanan Penyubur Sperma Wajib Dikonsumsi Para Pria

makanan penyubur sperma

Seperti yang diketahui jika sperma berguna untuk membuahi sel telur. Namun, jika jumlah sperma terlalu sedikit dan tidak berkualitas maka pembuahan sel telur menjadi terganggu. Permasalahan jumlah sperma ini bisa diatasi dengan konsumsi beberapa makanan penyubur sperma berikut ini. 

Perlu diketahui penyebab jumlah sperma sedikit disebabkan oleh beberapa hal, seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol dan obat-obat terlarang, stres, obesitas dan sebagainya. Jika ingin sperma kembali subur maka hindari beberapa penyebab tersebut dan konsumsi makanan penyubur sperma

8 Jenis Makanan Penyubur Sperma

Supaya sperma yang dimiliki jumlahnya banyak dan berkualitas direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan bergizi penyubur sperma. Jika  sperma berkualitas maka proses pembuahan sel telur bisa berjalan optimal. Lalu apa saja makanan bergizi yang bisa menyuburkan sperma?

1. Sayuran Hijau

Makanan bergizi yang bisa menyuburkan sperma adalah sayuran hijau. Sayuran hijau tersebut bisa berupa sawi, bayam, dan sebagainya. Sayuran hijau sangat baik dikonsumsi untuk menyuburkan sperma karena mengandung banyak asam folat. 

Jika kebutuhan asam folat terpenuhi maka sperma secara otomatis akan subur. Apabila Anda kekurangan asam folat maka akan merusak DNA sperma dan mengakibatkan rendahnya produksi sperma. Oleh karena itu akan sangat dianjurkan memperbanyak konsumsi sayuran hijau.

2. Kacang-kacangan

makanan penyubur sperma
Konsumsi kacang-kacangan bisa memperbanyak jumlah sperma

Jika ingin memiliki sperma yang subur maka direkomendasikan untuk mengonsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung vitamin E yang juga bertindak sebagai antioksidan. Vitamin E dipercaya bisa meningkatkan kualitas sperma dan juga melindungi sperma dari kerusakan.

3. Buah yang Mengandung Vitamin C

Meski memiliki rasa yang masam tetapi buah seperti jeruk, strawberry, kiwi dan sebagainya memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Vitamin C berguna untuk menyuburkan sperma. Karena merupakan salah satu antioksidan yang dipercaya bisa meningkatkan jumlah produksi sperma.

4. Daging Sapi dan Ayam

makanan penyubur sperma
Konsumsi daging ayam dan sapi juga bsia sangat membantu

Daging sapi dan ayam menjadi makanan bergizi selanjutnya yang direkomendasikan. Alasannya karena daging tersebut memiliki kandungan zinc cukup tinggi. Fungsi zinc ini akan bertugas untuk mengatur jumlah sperma, motilitas atau pergerakannya sehingga bisa sampai ke sel telur. 

Bagian hati sapi dan ayam juga bisa membantu meningkatkan kualitas sperma karena memiliki kandungan vitamin B12. Tidak heran jika hati sapi dan ayam juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Dengan begitu jumlah sperma bisa bertambah.

5. Ikan

Makanan penyubur sperma selanjutnya adalah ikan. Ikan yang baik untuk menyuburkan sperma yaitu ikan yang berlemak, seperti tuna, salmon, makarel dan sebagainya. Jenis-jenis ikan tersebut kaya akan vitamin D yang berguna untuk meningkatkan produksi testosteron dan juga motilitas sperma.

6. Telur

makanan penyubur sperma
Makan telur juga bisa menjadi alternatif makanan yang sangat baik

Sudah bukan rahasia lagi jika telur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Telur juga dipercaya bisa meningkatkan kualitas sperma. Tidak hanya bisa menambah volume sperma, telur juga mengandung vitamin E dan protein yang berguna untuk membantu pergerakan sperma.

7. Susu dan Produk Olahannya

Rekomendasi selanjutnya adalah susu dan produk olahan sejenis. Susu, yoghurt dan keju memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma. Minuman ini juga memiliki kandungan asam D-aspartat yang sejenis dengan asam amino.

Kandungan asam D-aspartat berguna untuk pengaturan hormon testosteron. Selain itu juga bisa meningkatkan konsentrasi serta motilitas sperma. Tidak heran jenis olahan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. 

8. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan allicin. Kandungan ini berguna untuk membantu melancarkan aliran darah, termasuk pada area organ reproduksi pria. Adanya aliran darah ini membuat organ bisa berfungsi dengan baik termasuk saat memproduksi sperma yang sehat.

Nah itulah 8 makanan penyubur sperma yang bisa dikonsumsi oleh pria. Diharapkan informasi diatas bisa membantu para pria yang sedang bermasalah dengan kualitas spermanya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mengkonsumsi berbagai makanan ini ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *