6 Makanan Berserat Tinggi untuk Wasir yang Boleh Dikonsumsi

makanan berserat tinggi untuk wasir

Wasir atau ambeien merupakan kondisi saat pembuluh darah vena di sekitar anus membengkak. Penyebab utama dari penyakit ini adalah pola makan yang sangat buruk dan kurang serat. Kondisi ini bisa diatasi dengan konsumsi makanan berserat tinggi untuk wasir.

Selain itu, penyebab dari wasir karena adanya peningkatan tekanan di rektum bagian bawah dan kurang asupan makanan yang berserat. Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan maka akan semakin buruk. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. 

6 Makanan Berserat Tinggi untuk Wasir 

makanan berserat tinggi untuk wasir
Konsumsi buah pir yang kaya serat agar terhindar dari wasir

1. Buah Pir

Buah pir menjadi makanan yang dianjurkan dikonsumsi oleh penderita wasir. Hal ini dikarenakan buah pir memiliki kandungan serat cukup tinggi. Dengan kandungan serat tersebut maka penderita bisa bertambah asupan seratnya. 

Dalam satu buah pir memiliki kandungan serat seberat 6 gram. Ketika mengkonsumsinya jangan buang kulitnya karena bagian tersebut mengandung serat cukup tinggi. Sehingga akan jauh lebih baik memakan kulitnya juga.

2. Buah Pisang

Di dalam buah pisang ditemukan kandungan serat pektin dan pati. Kedua kandungan tersebut sangat dibutuhkan untuk mencegah wasir. Pektin dalam pisang berguna untuk menciptakan gel di saluran pencernaan. Sedangkan pati berguna untuk memberi asupan pada bakteri usus.

3. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. dimana dalam 76 gram brokoli mentah mengandung 2 gram serat tidak larut. Tidak hanya itu saja, brokoli juga mengandung glukosinolat sehingga bahan kimia dalam tanaman bisa diurai oleh bakteri usus.

4. Seledri

Makanan berserat tinggi untuk wasir selanjutnya yaitu seledri. Dalam seledri terdapat kandungan air dan juga serat yang banyak. Keberadaan kandungan tersebut bisa melunakkan tinja serta mengurangi beban untuk mengejan. Satu tangkai besar seledri terdapat 1 gram serat dan 95% ar.

5. Paprika

Setiap 92 gram irisan paprika menghasilkan 2 gram serat. Perlu diketahui jika paprika ini berguna untuk menghidrasi tubuh karena memiliki kandungan air mencapai 93%. Tentu jika Anda yang menderita wasir mengonsumsi ini akan membantu mengatasi keluhan akibat wasir yang diderita.

6. Buah Bit

Ternyata buah berwarna ini juga memiliki kandungan serat tinggi. Tidak hanya itu saja buah ini juga memiliki kandungan zat-zat bernutrisi tinggi. Dimana buah bit mengandung zat besi, asam folat dan juga potasium. Tentu kandungan-kandungan yang dimiliki sangat berguna untuk tubuh.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Wasir

1. Makanan Olahan

makanan berserat tinggi untuk wasir
Hindari makanan olahan agar resiko wasir bisa menjadi rendah

Penderita wasir sangat dilarang untuk mengkonsumsi makanan olahan, seperti makanan beku dan juga makanan cepat saji. Hal ini dikarenakan makanan olahan memiliki kandungan garam yang tinggi sehingga bisa memperburuk wasir yang sedang diderita. Maka dari itu, hindari makanan ini.

2. Makanan Tinggi Garam

Penderita wasir juga dilarang mengonsumsi makanan tinggi garam. Alasannya karena bisa menyebabkan tubuh menahan air untuk melarutkannya. Ekstra air tersebut akan meningkatkan volume darah dan juga memberi tekanan lebih pada pembuluh darah, termasuk pembuluh darah penyebab wasir.

3. Makanan yang Rendah Serat

makanan berserat tinggi untuk wasir
Rotih putih termasuk makanan yang rendah serat

Mengonsumsi makanan yang rendah serat bisa menyebabkan terjadinya sembelit atau konstipasi. Akibatnya akan memperburuk kondisi wasir atau ambeien. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengurangi asupan makanan yang rendah serat seperti roti putih, susu, keju, produk susu lainnya dan daging.

Nah itulah 6 makanan berserat tinggi untuk wasir yang boleh dikonsumsi maupun tidak. Diharapkan informasi diatas bisa membantu Anda mengatasi wasir yang sedang diderita. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *