Makanan Berkalori Rendah yang Cocok untuk Program Diet

makanan berkalori rendah

Tubuh manusia selalu membutuhkan kalori supaya bisa beraktivitas. Untuk mendapatkan kalori juga sangat mudah karena hampir semua makanan memiliki kandungan tersebut. Bagi yang sedang bermasalah dengan berat badan, bisa memilih jenis makanan berkalori rendah. 

Meski begitu jangan sampai memilih makanan minim kalori karena justru akan membuat perut terus lapar. Bila ini terjadi bisa dipastikan jika program diet akan gagal. Tidak perlu khawatir, karena ada banyak makanan berkalori rendah untuk program diet yang baik untuk dikonsumsi. 

Pentingnya Kalori untuk Tubuh dan Program Diet

makanan berkalori rendah
Diet dengan Konsumsi Makanan Kalori Rendah

Kalori merupakan sumber energi supaya tubuh bisa beraktivitas. Keberadaan kalori tidak dihasilkan oleh tubuh melainkan diperoleh dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Kalori yang masuk dalam tubuh melalui makanan nantinya akan diubah menjadi energi dan akan digunakan untuk beraktivitas. 

Keberadaan kalori nantinya akan dibuang seiring dengan aktivitas yang dilakukan oleh tubuh. Apabila setelah makan tidak melakukan aktivitas, maka kalori akan menumpuk di dalam tubuh dan berubah menjadi lemak. Untuk bisa mengantisipasinya sebaiknya melakukan aktivitas setelah makan.

Daftar Makanan Berkalori Rendah  

Cara lain yang bisa dilakukan agar berat badan terjaga adalah dengan mengkonsumsi makanan berkalori rendah. Ada banyak makanan rendah kalori yang bisa digunakan untuk diet. Mulai dari sayuran, daging, hingga ikan. Inilah daftar makanan berkalori rendah yang harus diketahui.

1. Wortel

Wortel merupakan salah satu makanan sehat dengan kandungan vitamin A untuk kesehatan mata. Memakan wortel mentah bisa untuk menurunkan berat badan karena termasuk makanan rendah kalori. Dimana wortel mentah mengandung 2 gram serat yang baik untuk pencernaan. 

2. Selada 

makanan berkalori rendah
Selada Sebagai Menu Diet yang Lezat

Sayur ini seringkali ditemukan dalam komposisi salad dan lalapan. Selada masuk ke dalam daftar makanan rendah kalori. Satu mangkuk selada hanya mengandung sekitar 10 kalori. Kalori tersebut bisa menjaga berat badan ideal. Kandungan lainnya adalah serat, folat, dan vitamin A, C dan K. 

3. Kentang  

Kentang memiliki kandungan karbohidrat tinggi sehingga banyak yang menghindarinya. Padahal kentang merupakan makanan rendah kalori yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Kentang bisa dijadikan pengganti nasi. Sebaiknya mengkonsumsi kentang dengan direbus dan dikukus.

4. Ikan 

Ikan merupakan makanan laut yang masuk ke daftar makanan rendah kalori. Ketika sedang diet dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan. Jenis ikan yang rendah kalori adalah ikan kod dan ikan salmon. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan dengan cara digoreng supaya kadar kalori dan lemak tetap rendah.

5. Semangka 

makanan berkalori rendah
Buah Semangka Rendah Kalori Cocok untuk Diet

Semangka dikenal karena memiliki kandungan air yang tinggi sehingga membuat tubuh terhidrasi. Ternyata semangka rendah kalori, setiap 152 gram semangka mengandung 46 kalori. Pada saat menjalankan diet bisa mengkonsumsi semangka. Selain menjaga berat badan, juga rasanya enak.

6. Oatmeal 

Menu oatmeal sering dikonsumsi sebagai makanan diet. Oatmeal memiliki kalori yang rendah, tetapi kaya protein. Kandungan tersebut akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu oatmeal juga bisa dikonsumsi untuk mencegah dari risiko kolesterol, jantung dan diabetes.

Itulah penjelasan tentang daftar makanan berkalori rendah untuk diet. Bagi Anda yang sedang diet disarankan untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *