Penuhi Tahap Nutrisi Awal, Ini Makanan Bayi Belum Tumbuh Gigi

makanan bayi belum tumbuh gigi

Memilih makanan bayi belum tumbuh gigi menjadi satu hal penting yang harus diperhatikan setiap ibu. Pada umumnya seorang bayi akan mulai terlihat pertumbuhan giginya sejak berusia usia 4-7 bulan. Hal ini ditandai dengan produksi air liur yang semakin banyak dan sering mengalir. Saat berada dalam masa tersebut bayi semakin sering menggigit benda-benda yang ada di sekitarnya. Kondisi ini terjadi karena saat mulai tumbuh gigi, gusi menjadi terasa gatal.

Rekomendasi Makanan Bayi Belum Tumbuh Gigi 

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan gigi masing-masing anak mengalami perbedaan. Bahkan ada bayi yang menunjukkan tanda-tanda tersebut pada usia 6 bulan. Di usia 6 bulan bayi sudah boleh diberikan makanan pendamping atau disebut MPASI. Untuk merangsang pertumbuhan gigi bisa memberikan makanan dengan tekstur bervariasi.

Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa bayi sampai di usia 9 bulan masih belum memiliki saluran pencernaan yang baik, sehingga makanan yang diberikan harus memiliki tekstur lembut. Diberikannya makanan bertekstur lembut akan membuat bayi bisa mencernanya dengan  baik. Pada usia tersebut gigi juga belum muncul sehingga akan kesulitan dalam mengunyah. Berikut ini merupakan makanan yang cocok bagi bayi belum tumbuh gigi:

1. Bubur Kacang Hijau 

makanan bayi belum tumbuh gigi
Menu Kacang Hijau yang Menyehatkan

Kacang hijau merupakan jenis biji-bijian yang mengandung kalsium, fosfor, seng dan juga zat besi. Kandungan tersebut membuat kacang hijau menjadi makanan yang bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan gigi pada bayi. Selain mempunyai banyak nutrisi juga bisa untuk melatih kemampuan dalam mengunyah makanan. 

2. Bubur Ikan 

Pada saat bayi mulai belajar makan di usia 6 bulan, tentunya akan diberikan menu makanan yang memiliki tekstur lembut seperti bubur.  Untuk merangsang pertumbuhan gigi pada si kecil bisa menambahkan suwiran ikan pada bubur tersebut. seperti diketahui jika ikan memiliki vitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. 

3. Nasi Tim Hati Ayam dan Wortel 

makanan bayi belum tumbuh gigi
Campuran Nasi Tim dan Wortel

Membuat nasi tim untuk si kecil yang baru saja belajar makan memang cukup mudah. Caranya dengan mencampurkan nasi aron dengan parutan hati ayam serta wortel. Menu ini bisa merangsang pertumbuhan gigi bayi. Wortel merupakan sayuran yang populer karena kandungan vitamin A dan mineral lainnya yang bisa merangsang pembentukan jaringan gigi. Sedangkan hati ayam mengandung protein tinggi yang bagus untuk pembentukan gigi bayi. 

4. Alpukat 

Apabila bosan dengan menu utama dari nasi bisa memberikan menu lainnya yaitu alpukat. Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung lemak tak jenuh cukup tinggi. kandungan tersebut bisa memberikan kalori cukup baik bagi tumbuh kembang si kecil. Selain itu, buah alpukat juga mengenyangkan sehingga bayi tidak mudah lapar.

5. Tahu 

Seperti yang diketahui jika tahu berbahan dasar kedelai yang memiliki kandungan kalsium, protein dan juga magnesium. Tahu mempunyai tekstur yang lunak sehingga sangat baik bagi bayi belum tumbuh gigi karena mudah dicerna dan ditelan dengan baik. Supaya si kecil tertarik bisa menambahkan tahu dengan sayuran atau telur supaya gizi si kecil terpenuhi dengan baik.

6. Daging 

makanan bayi belum tumbuh gigi
Menu Olahan Daging Kaya Nutrisi

Daging ayam dan daging sapi mengandung zat yang dibutuhkan oleh si kecil. Seperti yang diketahui bahwa daging ayam mengandung protein, sedangkan daging sapi mengandung zat besi yang sangat baik untuk melancarkan peredaran darah si kecil

Itulah beberapa rekomendasi makanan bayi belum tumbuh gigi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *