Ini Dia Macam-Macam Permainan Anak Usia Dini yang Bermanfaat

Memiliki anak pra sekolah tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. Banyaknya pilihan mainan yang beragam, kerap menggoda setiap anak untuk mendapatkannya. Bahkan tidak sedikit anak akan merengek agar bisa memiliki mainan yang ia inginkan dan untuk menghindari rengekan tersebut, tidak jarang pula orang tua yang akhirnya menyerah dan membelikannya.

Namun sebetulnya, dari sekian banyak mainan yang ada, ternyata tidak semuanya tepat diberikan kepada anak-anak pada usia tersebut. Dan untuk mengatasi kejenuhan tersebut, sebaiknya setiap orang tua menjadi lebih kreatif dengan memberikan permainan yang tepat untuk mereka. Karena tidak hanya sekadar bermain, permainan tersebut hendaknya bisa mendidik dan bermanfaat bagi anak-anak. Berikut ini adalah beberapa contoh permainan untuk anak usia dini yang bisa Anda coba.

Puzzle

Macam-macam permainan anak usia dini yang beragam bisa dimulai dari puzzle atau permainan bongkar pasang. Ada banyak macam puzzle yang bisa Anda pilih. Anda bisa memilihkan puzzle yang berukuran  besar terlebih dahulu, jika anak sudah terlihat mampu maka bisa dipilihkan puzzle yang lebih rumit.

Permainan ini kaya akan manfaat, di mana anak akan menjadi lebih kreatif dan mampu menggunakan logika dan daya ingatnya. Selain itu, bermain puzzle juga membantu anak untuk melatih memecahkan masalah, mengembangkan koordinasi tangan dan mata serta membuatnya menjadi lebih cerdas.

Balok

Memilihkan mainan seperti balok-balok, baik yang terbuat dari plastik atau kayu merupakan permainan yang tepat untuk anak usia dini. Minta anak-anak untuk menyusun balok hingga tersusun menjadi sebuah bangunan atau menjadi bentuk tertentu.

Kemudian minta mereka kembali membongkar susunan balok dan membuatnya menjadi bentuk yang lain. Bagian dari macam-macam permainan anak usia dini ini, selain menuntut untuk berimajinasi dan kreatif, anak-anak juga belajar mengenal konsep seperti bentuk, ukuran, keseimbangan juga warna.

Apa Permainan Ana Usia Dini Yang Mendidik?

Mewarnai

Pada awalnya, mewarnai bukanlah hal yang mudah bagi anak-anak usia pra sekolah ini. Namun memberikan permainan ini kepada mereka tanpa disadari bisa sekaligus mengajarkan mereka tentang warna. Dan tentunya kesabaran saat menyelesaikan proses mewarnai yang juga akan menghabiskan waktu dan energi mereka. Mewarnai juga mampu meningkatkan konsentrasi sekaligus mengenalkan mereka garis batas juga bidang.

Gunting Tempel

Ini dia bagian lain dari macam-macam permainan anak usia dini yang juga wajib Anda coba. Pada usia tersebut, biasanya anak-anak sudah mampu menggunakan gunting untuk memotong benda-benda seperti kertas misalnya. Ajak mereka untuk mengunting kertas yang telah diberi gambar kemudian menempelkannya pada sisi lain. Selain mengasah motorik halus dan kreativitasnya, proses ini bisa membantu anak dalam menyeimbangkan posisi kanan dan kiri pada anggota tubuhnya.

Plastisin

Melatih motorik halus pada anak usia dini dengan menggunakan plastisin atau lilin juga bisa dijadikan permainan yang mengasyikan. Minta anak-anak untuk membentuk plastisin menjadi bentuk yang Anda minta atau yang mereka sukai. Manfaat lain yang bisa didapat dari permainan ini adalah membantu meningkatkan kemampuan fokus pada anak-anak hingga membantu anak untuk melepaskan energinya.

Bagi anak-anak yang alergi terhadap plastisin, bisa menggunakan tepung sebagai penggantinya. Cara membuatnya juga cukup mudah bahkan Anda bisa menyertakan anak-anak juga untuk membuatnya.

Itulah macam-macam permainan anak usia dini yang menggunakan peralatan. Masih banyak permainan lainnya yang bisa Anda kenalkan kepada mereka, seperti bermain petak umpet, bermain peran, yang bisa dilakukan tanpa bantuan peralatan. Mengenalkan berbagai permainan kepada anak usia dini memang banyak manfaatnya, karena itu tidak ada salahnya Anda selektif memilihkan permainan yang tepat untuk mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *