Inilah Macam-macam Diet Sehat yang Bisa Anda Coba

macam-macam diet

Selama ini diet dianggap sebagai salah satu cara untuk mendapatkan bentuk tubuh yang menarik. Padahal lebih dari itu, melakukan program diet ternyata juga akan mendapatkan kualitas kesehatan lebih baik, terutama bagi yang sedang mengalami gangguan pada kesehatan. Pada dasarnya menjalankan diet bukanlah sesuatu yang mudah. Terlepas apa alasan menjalankan diet, disarankan untuk memilih jenis diet yang sehat dan tidak memiliki risiko berbahaya bagi kesehatan. Berikut adalah macam-macam diet sehat yang bisa Anda coba.

Macam-macam Diet Sehat bagi Tubuh 

1. Diet Nasi Putih

macam-macam diet
Diet dengan Nasi Putih

Pilihan diet ini menjadi metode yang paling populer dikalangan masyarakat. Seperti dengan namanya, diet ini dilakukan dengan cara tidak mengkonsumsi nasi putih. Seperti yang diketahui bahwasanya nasi putih mengandung kalori cukup tinggi yang bisa menyebabkan diabetes maupun obesitas. Sebagai gantinya Anda bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, seperti kentang, jagung, dan nasi merah.

2. Diet Nasi Merah  

Diet nasi merah ini bukan dilarang untuk mengkonsumsi nasi merah tetapi sebaliknya yaitu dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Supaya mendapatkan hasil maksimal disarankan untuk mengkonsumsi nasi merah dikombinasikan dengan makanan lain, diutamakan dada ayam. Saat menjalankan diet ini bisa makan 5-6 kali dalam sehari tanpa takut berat badan naik.

3. Diet Rendah Lemak 

Menjalankan diet dengan cara ini bukan berarti tidak boleh sama sekali mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Tetap mengkonsumsi lemak demi menambah energi, tetapi dalam kadar yang rendah. Ketika menjalankan diet ini harus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan.

4. Diet Mayo 

macam-macam diet
Diet dengan Mayonaise

Metode diet mayo merupakan pilihan pelangsingan tubuh dalam 13 hari. Selama waktu itu, Anda tidak boleh mengkonsumsi garam, baik makanan yang menggunakan garam atau makanan yang diolah dan beragam makanan asin lainnya. Saat menjalankan diet mayo Anda akan kehilangan seluruh garam dan banyak air dalam tubuh, sehingga berat badan akan menurun dengan sangat signifikan.

5. Diet 5:2

Selain untuk menurunkan berat badan, diet ini juga memberikan dampak positif bagi kesehatan, seperti meningkatkan usia hidup, fungsi kognitif dan melindungi otak dari penyakit  Demensia dan Alzheimer. Konon diet ini juga bisa meningkatkan daya tubuh sehingga kebal terhadap serangan berbagai jenis penyakit.

6. Diet Ketogenik 

Jenis diet ketogenik khusus dilakukan bagi penderita epilepsi. Akan tetapi, jika Anda memiliki tubuh langsing atau terlalu kurus, diet ini sangat efektif untuk dilakukan. Dalam diet ini dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak lemak, sedikit protein serta karbohidrat. Pada umumnya disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak cukup tinggi seperti telur, daging, udang, tuna, sosis, es krim, mayonaise dan sebagainya. Tetapi harus menghindari makanan yang mengandung zat tepung dan gula.

7. Diet Makanan Tanpa Rasa

macam-macam diet
Menu Diet Tanpa Rasa

Jenis diet yang satu ini bisa dikatakan sangat unik, bisa dibayangkan bagaimana tidak enaknya makan makanan tanpa adanya rasa. Tetapi jika diet ini dilakukan maka akan menurunkan berat badan dengan cepat. Hal ini karena jika makan makanan tanpa rasa tentunya akan mengurangi nafsu makan. Sehingga akan makan secukupnya atau dalam porsi tidak berlebihan.

8. Diet GM

Diet yang satu ini juga cukup dikenal dan dilakukan dengan cara memperbanyak minum air mineral dan menghindari mengkonsumsi alkohol. Mengkonsumsi minuman susu kedelai minimal 3 gelas dalam sehari dan makan buah pisang sebanyak 8 buah. Jangan lupa untuk menghindari mengkonsumsi nasi, gula maupun garam. Dengan melakukan diet ini dengan benar maka bisa menurunkan berat badan 6-9 kg dalam seminggu.

Itulah macam-macam diet yang bisa Anda coba. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *