Mengenal 8 Makanan Pemicu Kolesterol yang Harus Dihindari

kolesterol

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidaklah baik, seperti halnya kadar lemak dalam tubuh. Ada beberapa jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi jika kadarnya terlalu tinggi bisa mengancam kesehatan tubuh. Salah satu jenis lemak yang menakutkan adalah kolesterol.

Kolesterol ini merupakan zat yang diproduksi oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan pada makanan yang ada pada hewan, misalnya susu atau daging. Kadar kolesterol tersebut diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi hormon dan juga menghasilkan vitamin D. Akan tetapi, jika kadarnya dalam tubuh terlalu tinggi, maka bisa mengganggu kesehatan. 

Apa Gejala Kolesterol Tinggi?

kolesterol
Tes Darah

Pada dasarnya orang yang mengalami kondisi seperti ini tidak menimbulkan gejala khusus. Hal ini mengakibatkan banyak orang yang tidak sadar jika kadar kolesterol dalam tubuhnya sudah berada dalam taraf yang tinggi, sampai muncul komplikasi serius seperti stroke dan penyakit jantung. Oleh sebab itu, dianjurkan melakukan tes darah untuk mengecek kadar lemak baik dalam tubuh. 

Makanan Berkolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

1. Makanan Berlemak

kolesterol
Hindari Makanan yang Berlemak

Makanan pertama yang harus dihindari adalah makanan berlemak. Makanan dengan lemak berlebihan misalnya santan. Santan akan sulit dicerna oleh tubuh. Selain santan, Anda sebaiknya juga tidak usah mengkonsumsi coklat. Coklat mengandung lemak jenuh yang bisa memicu kadar kolesterol dalam tubuh naik.

2. Gorengan 

Berbagai macam makanan yang digoreng menggunakan minyak atau margarin ternyata bisa membuat kolesterol naik. Terlebih saat makan menggunakan minyak jelantah akan semakin membuat kolesterol semakin naik. Untuk itu, mulai sekarang lebih baik mengkonsumsi makanan dengan cara lain misalnya direbus atau dikukus.

3. Jeroan

Anda sangat disarankan untuk menghindari jeroan ayam dan sapi seperti otak, hati, usus, jantung dan organ dalam lainnya. Pasalnya, jeroan tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi daging rendah lemak.

4. Makanan Cepat Saji  

kolesterol
Batasi Konsumsi Gula

Apapun jenis makanan cepat saji sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena gizi dalam makanan tersebut kurang lengkap, selain itu juga mengandung lemak tinggi karena proses pengolahannya. Untuk itu sebaiknya Anda menghindari mengkonsumsi junk food, misalnya ayam goreng, burger, dan sebagainya.

5. Kulit

Kulit sapi, ayam atau kikil mengandung lemak jenuh lebih tinggi dibandingkan dengan dagingnya. Hal inilah yang kemudian bisa meningkatkan kolesterol secara signifikan. Sebaiknya jika mengkonsumsi ayam jangan disajikan dengan kulitnya.

6. Udang

Salah satu makanan laut (seafood) yang harus dihindari bagi pengidap kolesterol tinggi adalah udang. Jika dibandingkan dengan makanan laut lainnya seperti cumi dan ikan, udang memiliki kadar kolesterol yang paling tinggi.

7. Kuning Telur 

Makanan berkolesterol tinggi yang harus dihindari selanjutnya adalah telur. Ternyata telur ini mengandung kadar lemak jenuh yang cukup tinggi terutama pada bagian kuningnya. Mengkonsumsi terlalu banyak kuning telur akan menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit kardiovaskular. Agar Anda tetap sehat maka harus mengontrol konsumsi kuning telur.

8. Makanan Manis 

kolesterol
Batasi Konsumsi Gula

Makanan manis jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan naiknya kadar kolesterol, selain itu juga bisa menyebabkan obesitas dan menurunkan kolesterol baik dalam tubuh. Maka dari itu, jangan mengkonsumsi makanan-makanan kemasan yang mengandung tambahan gula seperti permen, soda, kue kering, minuman berenergi dan sebagainya.

Nah, itulah 8 makanan dengan kadar kolesterol tinggi yang harus dihindari. Jika Anda peduli dengan kesehatan tubuh Anda, alangkah baiknya untuk menghindari makanan-makanan tersebut.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *