Ketahui 7 Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi

gula darah tinggi

Gula darah tinggi atau hiperglikemia merupakan suatu kondisi ketika kadar glukosa dalam darah mengalami kenaikan. Kondisi tersebut seringkali dialami oleh penderita diabetes. Tak hanya itu, gula darah tinggi juga bisa menyerang siapapun. Jika ini terus-terusan dibiarkan maka akan sangat berbahaya. Untuk itu kenali gejala dan cara mengatasi gula darah tinggi berikut ini. 

Apa Gejala Gula Darah Tinggi?

gula darah tinggi
Tidak Nafsu Makan

Bagi sebagian orang, kondisi meningkatnya gula darah seringkali tidak menunjukkan gejala apapun. Akan tetapi, Anda harus tetap memperhatikan beberapa tanda-tandanya untuk melakukan pencegahan. Beberapa tandanya adalah mengalami penurunan berat badan, tetapi nafsu makan bertambah, sering buang air kecil terutama pada malam hari, penglihatan menjadi buram, mudah merasa mengantuk dan lelah, kulit gatal dan terasa kering, sakit kepala, sering kesemutan, merasakan nyeri di perut, mudah terserang infeksi dan sebagainya.

Cara Mengatasi Kadar Gula Berlebih

gula darah tinggi
Periksa Kadar Gula Darah

1. Rutin Memantau Kadar Gula Darah

Jika Anda memiliki riwayat diabetes, maka perlu untuk memantau kadar gula darah beberapa kali sehari. Pada umumnya, kenaikan kadar gula darah tinggi tidak akan menimbulkan suatu gejala hingga nilainya diatas 200 mg/dL. Dengan rutin mengecek kadar gula darah, ketika mengalami kenaikan Anda bisa langsung menyadarinya dan segera berusaha menurunkan kadarnya.

2. Suntik Insulin  

Setelah diketahui jika kadar gula darah tinggi dan Anda mengkonsumsi obat antidiabetes. Akan tetapi, kadar gula darah tetap tidak turun kemudian akan menggunakan suntik insulin untuk menetralkan kadar gula darah tersebut. Hormon insulin ini bisa bekerja sangat cepat ketika disuntikan di bagian perut samping pusar Anda. Hormon tersebut bekerja lebih lambat saat disuntikkan di lengan atas, kaki, dan juga pantat.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan 

Dengan mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh Anda, bisa membantu untuk menjaga kadar gula darah. Minum air putih bisa membantu ginjal membuang kelebihan gula yang selama ini terpendam di dalamnya dan dikeluarkan melalui urin. Selain itu, air juga bisa membantu sirkulasi darah, mengurangi kadar gula darah dan juga mengurangi resiko terserang diabetes.

4. Perbanyak Makan Serat 

Dengan mengkonsumsi serat, maka akan membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di dalam tubuh. Makanan yang memiliki kandungan serat tinggi adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan juga gandum.

5. Olahraga Teratur 

gula darah tinggi
Menjaga Kesehatan Fisik

Saat Anda melakukan olahraga secara teratur akan membantu menurunkan berat badan dan juga meningkatkan fungsi hormon insulin dalam tubuh. Sehingga sel-sel di dalam tubuh bisa memanfaatkan gula yang ada dalam aliran darah menjadi lebih efektif. selain itu, olahraga juga akan membantu otot untuk menggunakan gula darah.  Olahraga yang disarankan adalah jalan, lari, bersepeda, angkat beban dan berenang.

6. Istirahat yang Cukup

Tidur dengan cukup bisa membantu Anda mengurangi jumlah kadar gula darah. Kadar gula darah umumnya akan meningkat pada pagi hari. Dengan bantuan insulin alama di tubuh, kadar gula darah akan kembali turun secara perlahan. Apabila Anda kurang tidur, maka kadar gula darah bisa meningkat cukup banyak.

7. Membatasi Asupan Gula 

Kadar gula darah tinggi terjadi karena Anda kelebihan asupan gula dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Sebaiknya mulai mengurangi dan membatasi asupan gula sehari-hari. Misalnya dengan menggunakan pemanis rendah kalori dan mengandung kromium, tujuannya untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh sehingga bisa membantu diabetes mengontrol kadar gula darah.

Itulah informasi mengenai 7 cara mengatasi gula darah tinggi. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *