Waspada! Kesemutan Bisa Jadi Gejala Penyakit Kronis

Cara Cepat Atasi Kram Kaki

Kesemutan kerap terjadi akibat kebiasaan buruk yang dilakukan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Kebiasaan-kebiasaan seperti duduk terlalu lama, duduk bersila atau berdiri terlalu lama bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya. Meskipun bukan digolongkan sebagai penyakit yang serius namun, gejalanya dapat menjadi indikasi adanya penyakit kronis didalam tubuh kita.

Penyebab Kesemutan

Menurut Dr Tiara Anindhita, SpS, dari RSCM mengatakan bahwa kesemutan terjadi karena adanya reaksi spontan pada jaringan saraf tertentu. Reaksi tersebut akibat kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus seperti duduk terlalu lama, kurang pemanasan saat berolahraga ataupun berdiri terlalu lama.

Rasa kesemutan timbul akibat adanya reaksi stimulan yang dirasakan seperti penekanan pada daerah yang diderita. Tingkatan rasa sakit yang dirasakan pun dapat berbeda-beda pula. Mulai dari rasa seperti ditusuk-tusuk jarum hingga pada tingkatan yang lebih tinggi Anda merasakan kulit seperti terbakar.

Faktor penyebab terjadinya kesemutan dapat bermacam-macam diantaranya karena ada penekanan. Penekanan yang dimaksud adalah pada sistem saraf yang merasakan sensor seperti tulang belakang dan tulang sumsum mengalami gangguan sehingga mengirimkan neurotransmiter ke otak sehingga merasakan rasa sakit. Biasanya terjadi dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Hubungan Kesemutan Dengan Penyakit Kronis

Meskipun tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa kesemutan dapat menyebabkan penyakit serius. Namun, beberapa pengidap penyakit kronis mengalami gejala awal yang bervariasi. Mulai dari sakit ringan hingga sensasi seperti terbakar.

Multiple Sclerosis

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit gangguan tulang belakang. Pada masa-masa awal biasanya terjadi pada lengan, wajah dan kaki. Penyakit ini cukup sulit untuk dideteksi. Karena pada beberapa kasus gejalanya sangat sedikit dan berlangsung cukup lama. Sehingga penderita kerap menganggap sebagai suatu hal yang biasa. Namun pada tingkatan lanjut, multiple sclerosis dapat menyebabkan kelumpuhan karena menyerang sistem saraf tulang belakang yang menjadi pusat sensor serta keseimbangan di tubuh kita.

Diabetes Melitus

Diabetes melitus menjadi penyakit yang umum terjadi. Disebabkan karena banyaknya kadar glukosa yang terkandung dalam darah. Hal ini menyebabkan darah menjadi sulit untuk melakukan penyembuhan ketika terjadi luka.

Gula dari buah-buahan dapat menyebabkan diabetes melitus

Gejala paling awal terjadinya diabetes adalah penderita merasakan kesemutan pada anggota tubuhnya. Hal ini terjadi karena kerusakan saraf atau yang biasa disebut neuropati.

Stroke

Stroke terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan terjadinya disfungsi pada organ tubuh seperti tangan kaki ataupun seluruh tubuh. Kesemutan merupakan gejala awal penderita stroke. Dapat berlangsung sebentar atau dalam waktu yang cukup lama (berjam-jam). Jika semakin parah akan berpotensi menjadi stroke berat dan mengalami kelumpuhan total

Rematik

Rematik adalah penyakit yang terjadi pada persendian ataupun otot. Yang paling umum adalah rematik artritis dimana kekebalan tubuh secara keliru menyerang sendi-sendi didalam tubuh sehingga mengakibatkan peradangan pada sendi dan otot, terasa panas, kaku dan tidak jarang menyebabkan kesemutan dan rasa tebal.

Pada beberapa kasus penyakit jantung, pasien sering mengalaminya pada bagian kaki dan tangan. Hal ini disebabkan oleh tindakan pasca operasi seperti pemasangan klep yang tidak pas sehingga ada darah yang tersumbat disekitar membuat sistem sensorik pada otak terganggu. Pada saat itulah kesemutan terjadi dan dirasakan oleh penderita.

Pola Hidup Sehat dan Konsultasikan Dengan Dokter

Meskipun tidak ada penyakit langsung yang menyebabkan penyakit kronis. Namun, perlu dicatat bahwa penyakit-penyakit diatas terdapat gejala kesemutan sebagai tanda awal penyakit.

Baca Juga : Pola Hidup Perkotaan Penyebab Terjadinya Kebas

Untuk mencegah berbagai penyakit kronis sebaiknya kita menjaga pola hidup sehat mulai dari makanan maupun aktifitas sehari-hari sehingga terhindar dari potensi penyakit. Pola makan serta olahraga teratur menjadi salah satu cara mencegah datangnya berbagai penyakit termasuk kesemutan.

Namun jika mengalami kram dan terjadi cukup sering dalam waktu yang lama sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter terkait untuk mengetahui langkah tepat bagi kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *