Kebiasaan Remeh Penyebab Kanker Payudara yang Jarang Disadari

kanker payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit degeneratif yang menjadi momok tersendiri bagi kaum perempuan. Organ payudara memiliki fungsi vital dalam tubuh, terutama bagi wanita. Oleh karena itulah berbagai penyebab kanker payudara ini harus diwaspadai. 

Terkena kanker ini juga bisa mempengaruhi kondisi fisik dan mental seseorang. Lantaran,  dapat mengubah bentuk bahkan membuat payudara seseorang dihilangkan demi mencegah penyebaran sel-sel kanker yang jahat. Inilah berbagai kebiasaan remeh yang bisa menjadi penyebab kanker payudara. 

3 Kebiasaan Remeh Penyebab Kanker Payudara

kanker payudara
Berbagai kebiasaan yang bisa menyebabkan kanker payudara namun jarang untuk disadari

Dari sekian banyak penyebab kanker pada payudara, ternyata ada kebiasaan-kebiasaan remeh yang sering diabaikan malah menjadi faktor penyebab. Oleh karena itu, mari simak ulasan ini hingga selesai. Agar dapat mengantisipasi sejak dini dimulai dari hal-hal remeh dan sederhana.

1. Memakai Bra Tidak Tepat Ukuran

Banyak orang dengan alasan penampilan, rela menggunakan bra yang tidak nyaman. Selain bentuk yang tidak supporting untuk mendukung payudara, juga ukuran yang tidak benar. Misalnya saja ukuran yang kekecilan, penggunaan dalam jangka panjang dapat menyebabkan iritasi dan rasa tidak nyaman. 

Jika dibiarkan lama kelamaan dapat menimbulkan luka hingga radang. Radang dan luka jika diabaikan tanpa penanganan yang serius, dapat menjadikan risiko kanker payudara meningkat. Ngerinya lagi nih, jika tidak tertangani dengan baik, malah baru ketahuan ketika sel-sel kanker sudah menyebar. 

2. Menggunakan Cream Pembesar Dan Pengencang

Banyak perempuan yang merasa insecure dengan bentuk payudaranya. Sehingga, berbagai cara dilakukan agar memiliki bentuk dan ukuran yang menurutnya ideal. Jadi tidak heran jika banyak yang memakai cream-cream racikan tanpa pengawasan BPOM secara tepat.

Kemungkinan terburuk adalah cream racikan yang digunakan mengandung senyawa karsinogenik. Sehingga potensi kemunculan kanker payudara semakin besar.  Jadi jangan tergoda dengan beragam iklan pembesar, pemutih dan pengencang payudara. 

3. Sering Ngemil Micin

Pernahkah mendengar generasi micin? Di balik konsumsi cemilan-cemilan bermicin, tersimpan potensi karsinogenik yang besar. Memang, tidak bisa menyalahkan micin 100%, akan tetapi kandungan nutrisi lain yang rusak akibat pemasakan, pengemasan dan lainnya itu yang harus diwaspadai. 

Misalnya saja hobi ngemil pentol bakar. Sudah menjadi rahasia umum jika di dalam pentol terkandung banyak micin. Akan tetapi, perlu diketahui juga jika sisa-sisa pembakaran yang bikin rasa dan aroma pentol smoky yummy itu ternyata meningkatkan risiko kanker.  Bagaimana dengan cemilan lainnya? 

Gorengan dengan minyak yang entah berapa kali pakai, seblak dengan kerupuk dan mie yang entah pakai pewarna seberapa banyak. Mie setan yang pakai pengenyal seberapa banyak dan lainnya. Nah, jadi jangan asal ngemil ya, pastikan nutrition fact dan juga proses pengolahannya ya. 

Semakin panjang rantai pengolahan, maka semakin sedikit nutrisi baik yang tersisa. Jadi paling baik adalah real food dan raw food yang sesuai pedoman kesehatan. Ada banyak cemilan dari real food yang bisa dinikmati dan tetap sehat.

Misalnya saja, jagung rebus dengan aneka topping. Salad sehat dengan infused oil yang yummy serta berbagai cemilan lainnya.  Jadi, ngemil juga nggak harus mengorbankan kesehatan karena bisa menggantinya dengan cemilan yang lebih sehat.

Nah, jadi pahamkan kalau tiga kebiasaan remeh di atas ternyata meningkatkan risiko kanker payudara? Yuk mulai aware sama kesehatan badan sendiri dan dimulai dengan membenahi kebiasaan-kebiasaan sederhana yang tidak sehat. Semangat hidup sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *