Jenis Mainan E-Dukatif Untuk Bayi 10 Bulan

Melihat tumbuh kembang bayi yang pesat, tentu membuat orang tua bangga dan bahagia. Apalagi pada usia bayi 10 bulan, banyak hal yang dapat dilakukan untuk lebih mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati Anda diantaranya dengan mainan e-dukatif untuk bayi 10 bulan.

Menginjak usia 10 bulan, bayi umumnya sudah semakin aktif merangkak, mulai bisa duduk hingga mencoba berdiri lalu bergerak mengeksplorasi ruangan dengan cara merambat atau berpegangan pada perabot dan benda-benda kokoh lainnya. Tangannya pun semakin mantap memungut dan menggenggam benda-benda kecil.

Nah, agar tumbuh kembang buah hati Anda semakin optimal, coba beri mainan e-dukatif untuk bayi 10 bulan yang dapat menstimulasi dan membuat bayi semakin cerdas. Berikut ini 6 contoh mainan e-dukatif untuk bayi Anda:

Pukul bunyi

Pada bayi usia 10 bulan. Genggaman tangannya makin kuat, maka coba berikan ia dua stik kayu atau sendok. Kemudian contohkan si kecil untuk memukulkan kedua benda tersebut. Awalnya mungkin gerakannya kaku, tapi lama-lama bayi Anda akan menikmati alunan suara yang dihasilkan. Setelah dapat memukul dua stik itu, lalu coba berikan drum atau kolintang agar suara yang dihasilkan makin bervariasi.

Dengan bermain, bayi dapat mengenal suara dan mengenal konsep sebab akibat dari bunyi yang terdengar dari alat tersebut.

Apa yang Anda Ketahui Tentang Mainkan E- Dukatif untuk Bayi 10 Bulan?

Susun Puzzle

Anda dapat mencoba memberikan mainan e-dukatif untuk bayi 10 bulan berupa puzzle. Berikan puzzle yang masih mudah dahulu, yaitu mulai berikan puzzle yang terdiri dari 2 keping . Pilih puzzle yang mempunyai warna dan gambar yang menarik. Ajarkan bayi Anda bagaimana cara untuk menyusunnya hingga membentuk suatu gambar. Permainan ini dapat merangsang motorik halus dan kasarnya, juga dapat melatih konsentrasi sekaligus belajar mengenal warna dan gambar.

Selimut

Selimut memang bukan termasuk mainan, tapi bisa jadikan permainan seru untuk bayi usia 10 bulan. Pada umumnya bayi di usia ini senang sekali diajak main cilukba atau sembunyi-sembunyian. Nah, cobalah tutup wajah bahkan kepala Anda dengan selimut. Lalu buka sambil menyapanya, perhatikan respon bayi. Jika si kecil sudah mengerti, coba ganti dengan menutup wajahnya agar dia dapat mencoba serunya bersembunyi.

Peragakan dongeng

Buat waktu mendongeng makin menyenangkan dengan memperagakan ceritanya. Anda dapat menggunakan boneka tangan untuk memerankan tokoh yang ada di dalam cerita. Mendongeng juga dapat mempererat kedekatan Anda dan si kecil, lho.

Buku Seru

Salah satu mainan e-dukatif untuk bayi usia 10 bulan yang dapat mencerdaskan tapi sering dilupakan adalah buku yang seru dan tidak membosankan. Seperti apa buku yang seru serta tidak membosankan bagi bayi? Buku yang memang dibuat khusus untuk bayi. Seperti buku bantal atau kain yang gambarnya timbul, memiliki tekstur yang menarik untuk diraba oleh bayi dan dilengkapi cermin plastik atau yang dapat menghasilkan bunyi.

Bermain Mengikuti

Pada dasarnya anak gemar mengikuti apa saja yang orang tuanya kerjakan, maka dari ajaklah anak untuk bermain bersama, misalnya ajak bayi Anda bermain menyusun balon berdasarkan warna atau ukurannya, atau stimulasi kemampuan motoriknya dengan cara menyusun balok sampai tinggi lalu merobohkannya lagi. Dengan melihat Anda melakukan permainan tersebut, biasanya bayi akan tertarik dan berusaha mencoba melakukan apa yang baru dilihatnya.

Nah, demikianlah beberapa jenis mainan e-dukatif untuk bayi usia 10 bulan, permainan tersebut dapat menstimulasi kecerdasan bayi Anda. Apakah sudah siap mengajak bayi Anda bermain?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *