Mau Proses Diet Lancar? Konsumsi Jenis-jenis Makanan Sehat Ini

jenis-jenis makanan sehat

Memiliki tubuh ideal memang menjadi dambaan semua orang terutama kaum wanita. Untuk mendapatkannya juga tidak mudah. Ada banyak perjuangan yang dilakukan yaitu rutin olahraga dan juga menjaga pola hidup sehat. Sejauh ini diet menjadi cara yang sering digunakan untuk menurunkan berat badan. Agar proses menurunkan badan melalui diet bisa berjalan lancar, terdapat jenis-jenis makanan sehat tertentu yang bisa dikonsumsi. 

Jenis-jenis Makanan Sehat untuk Diet 

Perlu diketahui jika seseorang yang memiliki berat badan lebih tidak bisa menurunkannya hanya dengan lari ataupun mengangkat beban. Cara tersebut bukan berarti tidak boleh dilakukan, boleh saja dilakukan asalkan harus diimbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat yang dilengkapi dengan nutrisi. Berikut ini merupakan jenis-jenis makanan sehat untuk diet yang sangat direkomendasikan:

1. Kentang Rebus

jenis-jenis makanan sehat
Konsumsi Kentang Rebus

Kentang rebus dikenal dengan kandungan karbohidrat kompleks yang sangat menyehatkan. Kandungan karbohidrat yang ada di dalam makanan sulit dicerna sehingga membuat tubuh menjadi kenyang lebih lama. Untuk bisa mendapatkan hasil optimal sebaiknya mengkonsumsi nya menjadi makanan utama saat sarapan. Kentang rebus tersebut juga bisa diberi tambahan sedikit garam atau saos tomat. 

2. Telur Rebus 

Selama ini telur sering dikonsumsi dengan cara digoreng atau dibuat telur mata sapi. Tak bisa di pungkiri jika rasanya menjadi lebih enak. Tetapi jika sedang menjalankan program diet sebaiknya mengkonsumsi telur rebus. Hal ini karena akan mendapatkan hasil yang lebih efisien. Telur itu sendiri mempunyai kandungan protein sehingga membuat kenyang lebih lama.

3. Sayuran Hijau 

Sayuran hijau dikenal memiliki kandungan vitamin, protein, mineral, fitonutrien, antioksidan dan juga serat. Selain itu, sayuran juga diketahui mengandung sedikit kalori dan bisa membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Contoh sayuran tersebut adalah bayam, brokoli, kangkung, peterseli, sawi, dan sebagainya.

4. Buah-buahan 

jenis-jenis makanan sehat
Buah-buahan yang Mengandung Banyak Nutrisi

Mengkonsumsi buah-buahan sudah sejak lama dikenal sebagai bentuk diet yang sehat. Bahkan buah-buahan merupakan makanan terbaik untuk semua jenis diet. Hal ini karena buah-buahan mengandung serat, sedikit kalori, mineral, vitamin, antioksidan dan nutrisi lainnya. Jadi jika ingin berat badan badan sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan. 

5. Ikan Salmon 

Jenis-jenis makanan sehat untuk diet selanjutnya adalah ikan salmon. Seperti yang diketahui bahwa ikan salmon mengandung protein yang bisa memberikan energi ketika diet. Untuk bisa merasakan manfaatnya sebaiknya konsumsi ikan salmon panggang sata sarapan dijamin tubuh akan fresh seharian. 

6. Pancake 

Saat diet emang disarankan untuk menghindari makanan manis, tetapi jika ingin sebaiknya membuat pancake. Pancake mempunyai kandungan gula rendah sehingga cocok untuk diet. Ketika membuatnya lebih baik memakai tepung bebas gluten supaya tidak ada penambahan gula. Supaya ada rasa manis bisa ditambahkan madu atau yoghurt.

7. OatmealĀ 

Oatmeal merupakan jenis makanan sehat untuk diet yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Kandungan karbohidrat tersebut tidak cepat dicerna oleh tubuh sehingga akan merasakan kenyang lebih lama. Oatmeal bisa dikonsumsi dengan ditambahkan susu rendah lemak sebagai menu sarapan. 

8. Nasi Merah

jenis-jenis makanan sehat
Konsumsi Nasi Merah

Sebagai masyarakat Indonesia tentu sedikit sulit menghindari makan nasi putih. Tetapi jika ingin program diet berhasil bisa menggantikannya dengan nasi merah yang memiliki kandungan karbohidrat lebih baik. selain nasi merah, juga bisa digantikan dengan umbi atau beras hitam. Tetapi disarankan untuk memilih nasi merah saja.

9. Kacang Kedelai 

Jenis-jenis makanan sehat untuk diet yang terakhir adalah kacang kedelai. Kacang kedelai mengandung protein dan juga serat larut yang bisa membantu mempercepat penurunan berat badan. Selain itu, kacang kedelai juga bisa mengurangi nafsu makan.

Itulah jenis-jenis makanan sehat untuk diet yang harus diketahui. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *