Jam Makan yang Baik Supaya Tubuh Tetap Sehat dan Berat Badan Terjaga 

jam makan yang baik

Apabila ingin memiliki tubuh yang sehat banyak hal yang harus dilakukan. Selain menu makanan sehat, juga harus mengetahui jam makan yang baik. Hal ini dikarenakan tubuh telah mempunyai jam alami tersendiri untuk mencerna makanan yang dikonsumsi dan menyerap semua nutrisi.

Makan di waktu yang tidak tepat bisa mengakibatkan makanan yang dikonsumsi tidak bisa diserap dengan maksimal oleh tubuh. Akibatnya memicu banyak gangguan penyakit dan bisa menyebabkan obesitas. Lalu kapan jam makan yang baik supaya tubuh tetap sehat dan berat badan terjaga?

Kapan Jam Makan yang Baik ?

Pada dasarnya tidak ada ketentuan kapan waktu yang tepat untuk makan bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan masing-masing individu mempunyai kebiasaan serta pola makan tersendiri. Meski begitu sebaiknya Anda membuat jam makan yang baik untuk diri sendiri. Inilah panduan jam makan yang baik:

1. Sarapan Sebelum Jam Sembilan Pagi

jam makan yang baik
Selalu biasakan untuk sarapan pagi

Setiap orang disarankan untuk sarapan sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan setelah perut 7 jam kosong maka harus cepat-cepat mengisinya kembali. Setelah sarapan tubuh akan mendapatkan energi sehingga siap melakukan aktivitas. 

Adapun waktu yang baik untuk sarapan yaitu sebelum jam 9 pagi. Alasannya karena kadar glukosa dalam darah akan turun sekitar satu sampai dua jam setelah bangun tidur. Dengan begitu penyerapan nutrisi bisa berjalan lebih maksimal. 2

2. Makan Camilan Empat Jam Setelah Makan

Tubuh perlu untuk selalu diisi setiap empat jam sekali. Jika tidak segera diisi maka perut akan merasakan lapar yang ditandai dengan perut berbunyi. Maka dari itu, empat jam setelah sarapan disarankan untuk mengisi perut dengan ngemil sehat. Ngemil bertujuan untuk mengganjal perut lapar.

3. Makan Siang di Waktu Istirahat

jam makan yang baik
Manfaatkan istirahat siang untuk makan

Waktu yang tepat untuk makan siang adalah saat jam istirahat tiba atau jam 12 siang. Namun, jika sebelumnya sudah ngemil camilan sehat, maka pada jam makan siang tidak makan terlalu banyak. Makan makanan yang terlalu banyak pada jam makan siang justru akan membuat Anda menjadi cepat mengantuk.

4. Makan Cemilan di Sore Hari

Sama seperti jadwal sebelumnya, sebaiknya ngemil dilakukan sekitar empat jam setelah makan siang. Biasanya 3 sampai 4 jam setelah makan siang perut akan lapar. Kondisi ini biasa diatasi dengan makan camilan. Makan camilan sehat bisa mencegah Anda untuk makan dalam porsi besar ketika makan malam.

5. Makan Malam Sebelum Jam Delapan Malam

jam makan yang baik
Selalu usahakan makan sebelum jam 8 malam

Sangat disarankan untuk makan malam sebelum jam delapan malam. Supaya bisa memberi waktu tubuh untuk mencerna makanan. Tidur dalam keadaan perut yang penuh sangat tidak baik untuk kesehatan. Jadi, kebiasaan ini harus dihindari supaya tubuh tetap dalam kondisi sehat. 

Jika ingin memiliki tubuh yang sehat dan berat badan terjaga maka harus memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Anda juga harus mengetahui waktu yang tepat untuk makan dan ngemil setiap harinya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, terutama bagi yang sedang menjalankan diet.

Jam makan yang baik memberikan pengaruh yang besar kepada berat badan. Hal ini sudah dibuktikan dengan beberapa penelitian. Garis besar dari penelitian tersebut berisi mengenai orang yang memiliki jam makan yang baik cenderung memiliki berat badan yang ideal dan terhindar dari kegemukan.

Itulah jam makan yang baik supaya tubuh tetap sehat dan berat badan terjaga. Disarankan untuk menerapkan jam makan tersebut supaya bisa memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari obesitas. Selain itu jangan lupa untuk selalu memilih makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *