Ketahui Bahaya Gigi Tumbuh Miring yang Harus Diwaspadai

gigi tumbuh miring

Ada satu gigi yang tumbuh paling lambat jika dibandingkan yang lainnya. Gigi tersebut adalah gigi geraham bungsu atau lebih dikenal dengan gigi bungsu. Biasanya munculnya gigi ini menimbulkan rasa sakit gigi ini memiliki peluang untuk tumbuh miring. Penyebab gigi tumbuh miring adalah tulang rahang tidak cukup ruang untuk menampung gigi. Akibatnya gigi tidak tumbuh dengan sempurna. Ada yang tumbuh ke segala arah dengan derajat kemiringan bermacam-macam atau bahkan tidak muncul ke atas gusi. Kejadian ini disebut dengan gigi terbenam atau impaksi.

Mengenal Gigi Bungsu

gigi tumbuh miring
Bagian Gigi yang Miring

Gigi bungsu merupakan gigi geraham yang tumbuh paling terakhir di usia dewasa, biasanya berusia antara 16-23 tahun. Ketika gigi ini muncul paling terakhir sudah bisa dipastikan jika sudah tidak ada banyak ruang kosong. Sehingga mengakibatkan gigi bungsu tumbuh miring, hanya muncul sebagian saja bahkan tidak muncul sama sekali. Dampak dari kondisi ini adalah menyebabkan gigi sakit dan nyeri. Untuk mengatasinya dokter akan menyarankan untuk dicabut atau dilakukan operasi gigi bungsu.

Bahaya Gigi Tumbuh Miring 

gigi tumbuh miring
Proses Cabut Gigi

Gigi bungsu yang memiliki posisi tidak semestinya, bisa sangat membahayakan jika tidak dilakukan tindakan pencegahan. Bahaya gigi tumbuh miring tersebut diantaranya adalah:

1. Penimbunan Plak 

Gigi tumbuh miring bisa menyebabkan terjadinya penimbunan plak dan juga bakteri pada bagian gigi bungsu. Kondisi ini jika tidak segera rutin dibersihkan bisa menjadi lebih parah. Akibatnya akan menyebabkan adanya infeksi atau luka akibat bakteri dan kuman.

2. Masalah Gusi dan Gejala Lainnya 

Gigi tumbuh miring juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penyakit gusi, bagian mulut menjadi bengkak, radang dan infeksi. bagi sebagian orang tumbuhnya gigi bungsu yang tidak sempurna bukan sebagai masalah karena memang tidak tahu bahayanya seperti apa. Namun saat mulai merasakan sakit baru sadar bahwa sangat penting menjaga kesehatan gigi sejak dini.

3. Memicu Karies Gigi

Kesehatan gigi yang tidak dirawat dengan baik akan menyebabkan terjadinya penimbunan plak. Mengingat letak gigi bungsu yang terletak paling belakang sehingga menjadi salah satu alasan kenapa tidak dirawat dengan benar. Jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu panjang maka, bukan tidak mungkin akan mengakibatkan karies gigi atau gigi berlubang. 

4. Menimbulkan Penyakit Berbahaya 

Dampak paling buruk dari kondisi ini dan apa bila tidak diobati adalah memicu terjadinya penyakit tumor gigi. Hal ini akibat terlalu banyak bakteri, kuman dan adanya infeksi berlarut-larut sehingga menimbulkan gejala tumor. Kondisi ini akan merusak gigi bungsu dan fungsi gigi lain secara keseluruhan.

Efek Samping Gigi Tumbuh Miring 

gigi tumbuh miring
Rasa Sakit dan Nyeri yang Mengganggu

1. Sulit Untuk Makan dan Mengunyah

Adanya kondisi tidak normal pada gigi, maka penderita akan merasakan kesulitan dalam mengunyah makanan. Ini terjadi akibat adanya rasa sakit dan nyeri. Selain itu juga disebabkan oleh radang dan gigi bengkak. 

2. Menimbulkan Rasa Sakit dan Nyeri 

Gigi yang tidak normal, ternyata juga menimbulkan luka pada gusi sehingga merasakan rasa sakit dan nyeri. Bahkan rasa sakit yang dirasakan sampai di bagian kepala, rahang, pipi dan leher. Jika ini dibiarkan terus menerus maka akan  semakin parah dan mengakibatkan sakit kepala dan bengkak akut. Ketika gigi sakit bisa dipastikan jika aktivitas sehari-hari akan terganggu. Untuk mengatasinya segera bawa ke dokter gigi.

3. Menimbulkan Pendarahan dan Nanah 

Luka yang muncull akibat adanya kondisi tidak normal pada gigi, maka dapat menyebabkan pendarahan dan munculnya nanah. Hal ini akibat gigi tidak dijaga dan dirawat dengan benar. saat pendarahan muncul maka akan diikuti dengan timbulnya nanah. Ini begitu mengerikan apabila tidak segera diobati.

Itulah bahaya gigi tumbuh miring dan efek sampingnya. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semua sehingga memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *