Inilah Gerakan Push Up yang Benar Agar Tidak Salah Kaprah

Push up merupakan salah satu jenis senam kekuatan. Gerakan ini termasuk kedalam olahraga calisthenic yang berfungsi untuk menguatkan otot dada, bahu maupun trisep. Sebagain besar gerakan push up dikonsetrasikan pada titik otot dada, bahu dan trisep. Selain itu gerakan ini juga dapat membentuk otot punggung bawah dan juga otot perut. Bagian – bagian otot tersebut menjaga posisi tubuh agar selalu dalam posisi lurus dalam setiap gerakan push up yang benar.

Push up bermanfaat menguatkan tulang, memperbaiki postur tubuh, menyeimbangkan ukuran tubuh, dan melatih otot jantung. Akan tetapi manfaat tersebut dapat Anda peroleh jika melakukannya dengan baik dan benar. Tubuh Anda akan lebih atletis dan yang terpenting lebih sehat. Lalu, bagaimanakah gerakan push up yang seharusnya dilakukan? Berikut penjelasannya.

Posisi Tubuh Harus Tengkurap

Saat melakukan push up, posisi badan hingga kaki haruslah berbentuk garis lurus, dan kepala harus mengahadap kedepan. Pastikan posisi badan selalu lurus agar mendapatkan hasil yang optimal. Agar lebih nyaman, alasi lantai dengan karpet atau matras tipis. Carilah posisi yang aman dan nyaman agar Anda juga bisa lebih fokus melakukan gerakan push up.

Kosentrasikan Pikiran di Tangan

Gerakan push up yang benar ialah gerakan yang tidak hanya berkonsentrasi pada gerakan push up saja tetapi juga pada tangan Anda. Sugestikan bahwa tangan Anda sedang mencengkram dan menggali tanah sehingga efek yang diterima otot punggung jadi lebih besar dan juga memberikan daya dorong ke atas yang lebih. Hal tersebut dikarenakan gerakan push up menggunakan tenaga dan tumpuan yang ada pada otot lengan.

gerakan push up yang benar

Apa yang Perlu Anda Ketahui Saat Melakukan Gerakan Push Up yang Benar?

Perhatikan Posisi Tangan

Terdapat 3 teknik untuk memposisikan tangan Anda pada saat melakukan gerakan push up.  Pertama, kedua tangan berada lurus dengan bahu. Kemudian, satukan kedua tangan sehingga posisi kedua tangan kini menjadi miring. Teknik yang satu ini berfungsi untuk memberikan tekanan lebih terutama pada trisep. Setelah itu lebarkan kedua tangan melebihi bahu untuk membentuk dada agar lebih bidang.

Selalu Menghadap Kedepan

Pada saat push up Anda harus selalu memposisikan kepala dengan benar. Hadapkan kepala Anda ke depan agar mendapat posisi yang benar. Dengan begitu Anda dapat menghindari resiko cedera. Jangan sampai posisinya berubah-ubah agar Anda tetap merasa nyaman. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan hasil yang baik dan sesuai. Gerakan push up yang benar harus dimulai dengan posisi yang benar. Saat push up posisi badan lurus, sedangkan kepala menghadap ke depan.

Gerakan Naik Turun Tetap

Pada saat push up, Anda harus melakukan gerakannya secara tetap. Jangan berubah-ubah dan usahakan gerakannya statis. Untuk memulainya, pastikan posisinya benar sehingga Anda bisa lebih nyaman dalam melakukan gerakan naik turun. Gunakan tumpuan pada tangan agar otot-otot terbentuk dengan baik. Selain itu, gerakan push up yang benar juga akan membuat Anda tidak mudah lelah terutama dalam pernafasan.

Jika pernafasan mudah lelah, maka durasi gerakan yang bisa Anda lakukan akan lebih sedikit. Anda bisa sambil mengatur pernafasan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Yang terpenting pikiran Anda harus tetap fokus dan konsentrasi. Jangan lupa konsentrasikan pula pada tangan dan gerakan Anda saat push up.

Itulah beberapa teknik dan gerakan push up yang benar agar Anda bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Gerakan tersebut harus dilakukan dengan benar untuk menghindari cidera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *