Pahami Gejala Kekurangan Zat Besi pada Manusia

gejala kekurangan zat besi

Tubuh manusia selalu membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, salah satunya asupan zat besi. Jika tubuh kekurangan zat besi maka fungsi hemoglobin tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan oksigen tidak tersalurkan dengan baik diseluruh tubuh. Gejala kekurangan zat besi juga mudah dikenali. 

7 Gejala Kekurangan Zat Besi

1. Lidah Bengkak

Gejala seseorang kekurangan zat besi bisa dilihat dari bagian dalam atau sekitar mulut. Salah satu tanda yang paling sering ditemui yaitu lidah bengkak, pucat dan juga memiliki tekstur lebih lunak. Tidak hanya itu, kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan mulut kering dan luka di sekitar mulut.

2. Mudah Lelah

gejala kekurangan zat besi
Mudah lelah bisa menjadi indikator kurangnya zat besi pada tubuh

Gejala selanjutnya kekurangan zat besi adalah tubuh mudah merasa lelah. Tubuh akan memerlukan zat besi untuk produksi hemoglobin. Jika tubuh kekurangan hemoglobin maka tubuh mudah lelah juga disertai dengan gejala lain, seperti mudah marah, sulit berkonsentrasi dan sebagainya.

3. Kulit Terlihat Lebih Pucat

Gejala kekurangan zat besi selanjutnya yaitu kulit pucat.  Kekurangan zat besi membuat kadar hemoglobin dalam darah menurun sehingga warna darah menjadi tidak merah sempurna. Kulit pucat bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, seperti kuku, wajah, mulut, gusi dan kelopak mata bawah.

4. Sakit Kepala dan Pusing

gejala kekurangan zat besi
Rasa sakit kepala dan pusing bisa terjadi akibat kekurangan zat besi

Tidak bisa dipungkiri jika zat besi memiliki pengaruh yang besar dalam tubuh. Salah satunya yaitu produksi hemoglobin berkurang maka asupan oksigen ke otak menjadi tidak tercukupi sehingga membuat pembuluh darah bagian otak membengkak. Jika hal ini terjadi maka kepala akan merasakan pusing.

5. Sesak Nafas

Jika tubuh kekurangan zat besi maka kadar hemoglobin juga menurun. Hal ini berarti kadar oksigen yang disalurkan ke seluruh tubuh akan ikut menurun. Kondisi ini akan memicu otot akan kekurangan oksigen. Akibatnya laju pernapasan menjadi meningkat dan menyebabkan terjadinya sesak napas.

6. Jantung Berdebar

gejala kekurangan zat besi
Apabila jantung berdebar cukup keras, bisa menjadi tanda kurang zat besi

Gejala kekurangan zat besi selanjutnya yaitu jantung berdebar. Terjadinya kondisi ini dipicu oleh jantung yang bekerja lebih keras untuk mendapatkan pasokan cukup oksigen. Jika kondisi ini terus dibiarkan maka bisa berakibat fatal seperti terjadinya gagal jantung, murmur jantung dan pembesaran jantung.

7. Kerusakan Rambut dan Kulit

Kurangnya kadar oksigen dalam tubuh akibat kekurangan zat besi bisa menimbulkan banyak kerusakan, salah satunya kerusakan pada rambut dan kulit. Kerusakan pada rambut bisa semakin parah jika tidak segera diatasi.  Contohnya seperti terjadi kerontokan pada rambut yang cukup parah.

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Ada beberapa makanan yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan kekurangan zat besi. Dimana bahan makanan tersebut sangat mudah ditemukan karena memang ada di sekitar kita. Apa saja makanan-makanan tersebut?

1. Bayam

Sayuran yang masuk dalam kategori sayuran hijau ini memang sangat menyehatkan dan memiliki rasa yang enak. Perlu diketahui jika bayam memiliki kandungan zat besi cukup tinggi yaitu setiap 100 gram bayam mengandung 3,6 miliar zat besi. Kandungan tersebut setara dengan 20% RAH.

2. Daging Merah

Sama seperti bayam, daging merah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan apabila diolah dengan benar. Daging merah dikenal memiliki rasa  yang enak dan lezat. Daging ini juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yaitu dalam 100 gram daging merah terdapat 2,7 miliar zat besi.

Selain kedua makanan tersebut, masih ada banyak makanan yang mengandung zat besi. Beberapa makanan tersebut seperti brokoli, sayur polong, kerang dan masih banyak lagi. Jika tidak ingin merasakan gejala kekurangan zat besi diatas jangan lupa untuk memenuhi asupan zat besi. Semoga bermanfaat ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *