Ini Lho Fungsi Otak Kanan dan Kiri Manusia yang Harus Kamu Tahu

Manusia adalah makhluk yang sempurna bahkan dapat dikatakan sebagai teknologi yang tak memiliki tandingan. Setiap manusia memiliki satu organ yang sangat penting juga pokok. Bagian dari tubuh yang akan kita bahas kali ini ialah mengenai otak manusia. Seperti yang kita ketahui jika otak memiliki dua bagian, yakni bagian belahan kanan juga kiri. Bahkan fungsi otak kanan dan kiri manusia berbeda.

Akan tetapi, pernahkah kamu berpikir bagian manakah yang lebih canggih atau lebih baik? Ya, baik bagian kiri maupun kanan memiliki kelebihannya masing-masing. Nah, pada setiap bagian otak, kanan atau kiri memiliki fungsinya masing-masing. Berikut beberapa fungsi dari otak kanan atau kiri ialah:

Fungsi Otak Kiri

Fungsi otak kanan dan kiri manusiamemang memiliki kelebihannya masing-masing. Pada kali ini kita akan membahas mengenai fungsi otak kiri. Di antara fungsinya seperti mengontrol gerak tubuh bagian kiri, memainkan logika dan menganalisa, berbicara juga menulis. Selain itu, fungsi otak kiri juga dapat membuat kamu lebih terampil dalam angka, matematika serta ilmiah. Umumnya orang yang menggunakan otak kiri akan berpikir secara logis dan pandai beranalisis. Fungsi otak kanan dan kiri manusia memang luar biasa ya!

Fungsi Otak Kanan

Nah, untuk fungsi otak kanan sendiri ialah yang membuat kamu berimajinasi, emosi, intiuisi, lebih kreatif. Selain itu otak kanan juga memiliki fungsi untuk mengontrol tubuh bagian kanan. Seseorang yang menggunakan otak bagian kanan cenderung pandai bergaul. Akan tetapi mereka cenderung mengalami kesulitan dalak mempelajari hal yang sifatnya teknis.

Cara Mengasah Otak Agar Menjadi Aktif juga Kreatif

Biasakan Diri untuk Membaca

Setelah mengetahui fungsi otak kanan dan kiri manusiamaka kamu juga perlu untuk mengasah otak guna mengaktifkan otak kamu. Perlu diketahui jika membaca dapat meningkatkan otak kamu untuk lebih aktif. Membaca membuat kamu semakin banyak mengerti banyak hal. Ada banyak orang yang sering mengatakan jika membaca merupakan jendela dunia, hal itu memang tepat. Selain itu, fungsi otak kanan dan kiri manusia dapat lebih baik dengan membaca karena menjadikan otot pada otak semakin lentur.

Bagaimana Cara Mengetahui Fungsi Otak Kanan Kiri Pada Manusia?

Biasakanlah Menggunakan Tangan Secara Bergantian

Untuk mengasah otak agar lebih kreatif lainnya ialah dengan menggunakan tangan secara bergantian. Menggunakan tangan secara bergantian juga dipercaya dapat memperkuat hubungan antar saraf untuk membentuk saraf yang baru. Maka dari itu biasakan untuk menggunakan tangan secara bergantian, kanan atau kiri.

Mencoba Bermain Game Genre Strategi

Fungsi otak kanan dan kiri manusia memang cukup menakjubkan. Untuk membuat otak kita berfungsi lebih baik lagi, kami dapat mencoba memainkan game dengan genre strategi. Bermain game strategi memacu kamu untuk berpikir kreatif untuk mencari solusi. Permainan-permainan yany dapat kamu coba seperti catur, puzzle maupun teka-teki silang. Selain permainan itu, ada banyak lagi permainan baru yang sudah dikembangkan di internet untuk melatih fungsi otak kanan dan kiri manusia.

Cobalah Merubah Rutinitas

Hal lain yang dapat digunakan untuk mengasah otak kamu ialah dengan mengubah rutinitas kamu. Cobalah mencari hal baru dalam hidup sehingga beberapa hal yang sebelumnya tidak aktif menjadi aktif. Jangan gunakan rutinitas yang monoton dan sebisa mungkin buatlah otak kamu bekerja lebih baik. Selain merubah rutinitas kamu juga dapat mendengarkan musik ketika bosan dan dibutuhkan.

Fungsi otak kanan dan kiri manusia memang begitu menakjubkan. Tidak salah jika manusia dikatakan sebagai mesin yang paling canggih sepanjang masa. Hal ini disebabkan otak yang tidak memiliki ukuran yang begitu besar dapat melakukan banyak hal. Akan tetapi kamu tidak boleh lupa untuk terus mengasah otak kamu agar bekerja lebih haik lagi. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *