Pria Harus Tahu, Faktor Utama Penyebab Prostat dan Gejalanya

faktor utama penyebab prostat

Faktor utama penyebab prostat sangat penting untuk dipahami, terutama bagi kaum adam. Kanker prostat yaitu sejenis tumor yang tumbuh dengan ganas pada daerah prostat. Prostat sendiri adalah bagian berukuran kecil yang berada di bawah kandung kemih yang berfungsi untuk produksi sperma.

Pada umumnya, kanker prostat tumbuh secara perlahan, tetapi termasuk ganas dan sangat berbahaya. Sebab, sangat mungkin menyebar ke bagian anggota tubuh yang lain. Contohnya seperti kelenjar getah bening, tulang, dan lymph node.

Faktor Utama Penyebab Prostat

Kesulitan buang air kecil bisa menjadi tanda yang harus diwaspadai. Selain menimbulkan rasa kurang nyaman, hal ini juga mungkin saja pertanda adanya kanker prostat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari serba-serbi kanker prostat berikut ini :

1. Penyebab

faktor utama penyebab prostat
Prostat yang disebabkan oleh mutasi sel yang tidak wajar

Sama seperti jenis kanker yang lain, faktor utama penyebab prostat belum diketahui secara pasti. Penyakit ini muncul akibat adanya pertumbuhan dan mutasi sel yang terjadi secara tidak wajar pada prostat. Kelainan ini terus berlanjut dengan cepat, sampai sel-sel yang sehat  terdesak dan mati.

Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, maka jumlah kelainan sel akan semakin banyak dan menggantikan sel sehat. Mereka akan terus menumpuk dan tumbuh menjadi tumor yang ukurannya terus membesar, lalu menyerang jaringan lain yang ada di sekitarnya. Inilah yang dinamakan kanker prostat.

2. Gejala

faktor utama penyebab prostat
Sering buang air kecil menjadi salah satu gejala prostat

Setelah mengetahui faktor utama penyebab prostat, maka selanjutnya adalah gejala kehadiran kanker prostat. Pada tahap awal, kanker prostat cenderung sulit untuk dideteksi, terutama bagi orang yang awam. Namun, beberapa tanda ini dapat dijadikan alarm tersendiri untuk waspada:

  1. Memiliki hasrat untuk buang air kecil lebih sering
  2. Urin dapat mengalir, tetapi tiba-tiba berhenti saat belum tuntas
  3. Tidak dapat buang air kecil dengan berdiri
  4. Sensasi panas seperti terbakar saat buang air kecil
  5. Muncul darah pada urin
  6. Gangguan seksual

Pada kasus kanker prostat tingkat lanjutan, gejala dapat meningkat. Seperti menimbulkan rasa nyeri pada daerah tertentu dan menyebabkan lumpuh pada anggota tubuh bagian bawah. Bahkan bisa menyebabkan pembengkakan pada kaki, dan lain sebagainya.

3. Faktor Peningkatan Risiko

faktor utama penyebab prostat
Usia bisa meningkatkan resiko terkena prostat

Selain faktor utama, mari kenali beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit prostat. Meskipun tidak dapat dijadikan sebagai patokan pasti, hal ini dapat membantu para pria untuk lebih berhati-hati. Berikut adalah daftarnya :

1. Faktor Usia

Kabar baiknya, kasus kanker prostat jarang ditemukan pada pria yang berusia di bawah 40 tahun. Risiko ini akan mengalami peningkatan saat pria sudah menginjak usia 50 tahun atau lebih. Meskipun demikian, jangan sembrono karena penyakit dapat muncul kapan saja.

2. Riwayat Anggota Keluarga

Kanker prostat memang bukan sejenis penyakit yang dapat menular atau diturunkan. Namun, angka potensinya akan naik menjadi lebih berisiko, jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat kanker prostat. Sehingga harus sebagai bentuk pencegahan, maka harus tau riwayat keluarga.

3. Makanan

Berhati-hatilah dalam menjaga pola makan. Hal ini juga berlaku pada kanker prostat yang resikonya akan lebih meningkat, jika mengonsumsi makanan dengan sembarangan. Terutama makanan dengan kadar kalsium tinggi, daging merah, maupun dairy product.

4. Faktor Lain

Selain ketiga faktor di atas, masih ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat. Beberapa di antaranya adalah obesitas, faktor keturunan atau ras, dan faktor geografis tempat tinggal. Bahkan juga perokok aktif, dan lain sebagainya.

Demikian sedikit ulasan mengenai faktor utama penyebab prostat yang wajib untuk diketahui. Terapkan pola hidup sehat dan hindari hal-hal pemicu kanker. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan pengetahuan tambahan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *