Wajib Tahu! Inilah Penyebab Sperma Encer dan Cara Mengatasinya

penyebab sperma encer

Sperma encer merupakan air mani yang tidak kental atau cenderung lebih berair. Sedangkan air mani adalah cairan berwarna putih yang keluar dari penis ketika ejakulasi. Pada setiap tetes air mani terdapat jutaan sel sperma yang diproduksi. Ada beberapa faktor penyebab sperma encer. 

Sperma yang keluar encer seringkali dihubungkan dengan tanda ketidaksuburan. Bahkan dianggap menjadi salah satu penyebab gagalnya pembuahan sel telur wanita sehingga tidak kunjung hamil. Sebenarnya apa penyebab sperma encer dan bagaimana cara mengatasinya? 

5 Penyebab Sperma Encer

penyebab sperma encer
Mengenali berbagai penyebab mengapa sperma menjadi encer

1. Frekuensi Ejakulasi yang Terlalu SERING

Terlalu sering ejakulasi melalui hubungan seksual maupun masturbasi berpengaruh pada kuantitas dan kualitas air mani. Ejakulasi yang terlalu sering membuat kualitas air mani menurun dan akan lebih encer. Untuk bisa mengembalikan kualitas dan kuantitasnya, tubuh membutuhkan waktu istirahat.

2. Produksi Sperma Rendah

Perlu diketahui indikator jumlah sperma. Jumlah sperma dikatakan rendah apabila jumlahnya kurang dari 15 juta sel per mililiter air mani. Jika jumlah sperma cukup rendah maka akan menyebabkan sperma orang dewasa menjadi encer. 

Beberapa kondisi yang berpotensi menyebabkan jumlah sperma sedikit adalah oligospermia, ejakulasi retrograde, dan munculnya antibodi antisperma. Kejadian kecelakaan atau cedera pada organ juga bisa menyebabkan hal ini. Dengan jumlah sperma sedikit, maka bisa saja sperma juga menjadi encer.

3. Kekurangan Zinc

Sperma encer juga bisa terjadi karena kekurangan mineral zinc. Suatu penelitian menemukan fakta bahwa mineral zinc atau seng sulfat bisa membantu melawan efek antibodi antisperma yang berpengaruh pada produksi sperma. Jika tubuh kekurangan zinc, maka sperma bisa menjadi encer.

4. Sistem Reproduksi Belum Matang

Sperma encer merupakan kondisi yang normal pada remaja pria di usia 11-15 tahun. Kondisi ini disebabkan sistem reproduksi yang belum sempurna. Remaja pria yang baru memasuki masa pubertas masih mengalami penyesuaian kadar hormon seks sehingga kualitas sperma yang dimiliki belum sempurna.

5. Lingkungan dan Pola Hidup

Selanjutnya adalah lingkungan serta pola hidup. Kualitas sperma bisa dipengaruhi oleh lingkungan, tempat kerja dan juga pola hidup. Kualitas sperma bisa menurun apabila memiliki kebiasaan merokok dan juga mengkonsumsi alkohol. 

Konsumsi obat-obatan terlarang dalam jangka waktu yang cukup lama juga bisa menyebabkan penurunan kualitas sperma. Jika ingin memiliki kualitas sperma yang bagus maka hindari kebiasaan tersebut. Baik menjaga lingkungan maupun pola hidup. 

Cara Mengatasi Sperma Encer

1. Menerapkan Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat

penyebab sperma encer
Ubah pola hidup dan asupan makanan supaya sperma berkualitas

Cara kedua adalah melalui asupan makanan. Apabila tidak ingin kualitas spermanya buruk disarankan untuk menjaga pola makan yang baik. Caranya dengan memenuhi asupan protein dari beberapa sumber makanan, seperti ayam, daging, ikan, susu, tahu tempe dan sebagainya.  

Penuhi juga asupan buah dan sayuran untuk mendapatkan suplai fruktosa. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi vitamin C, vitamin E, asam folat dan suplemen zat besi. Dengan begitu kualitas sperma bisa terjaga.

2. Batasi Frekuensi Ejakulasi dalam Sehari

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membatasi frekuensi ejakulasi. Sperma membutuhkan waktu hingga 70 hari untuk matang di dalam testis. Apabila dalam sehari ejakulasi lebih dari satu kali maka testis tidak akan memproduksi cukup sperma untuk memproduksi air mani yang berkualitas. 

Jika tidak ingin hal ini terjadi maka tunggu minimal lima jam. Tujuannya adalah untuk bisa mengembalikan volume normal sperma sebelum terjadi ejakulasi berikutnya. Dengan begitu sperma tidak akan menjadi encer.

3. Cerdas dalam Memilih Celana Dalam

penyebab sperma encer
Perhatikan penggunaan celana dalam

Sperma encer juga bisa dicegah dengan menghindari celana dalam yang terlalu ketat. Celana dalam yang terlalu ketat bisa menyebabkan produksi air mani menjadi menurun. Kondisi ini akan mengakibatkan peningkatan temperatur dan juga kelembaban dalam buah zakar. 

Nah itulah penyebab sperma encer dan cara mengatasinya. Diharapkan pembahasan diatas bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah sperma encer. Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat untuk para pembaca. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *