Inilah Mitos dan Fakta Tentang Sperma yang Harus Dipahami 

fakta tentang sperma

Hingga saat ini masih ada banyak mitos mengenai sperma yang beredar di masyarakat. tidak jarang mitos yang beredar membuat pria menjadi salah kaprah. Tidak hanya mitos, tetapi juga ada fakta tentang sperma. Lalu apa saja mitos dan fakta mengenai sperma yang  perlu diketahui? 

3 Fakta Tentang Sperma

fakta tentang sperma
Berbagai fakta tentang sperma yang harus dipahami

1. Satu Kali Ejakulasi, Seorang Pria Mengeluarkan 200 Juta Sel Sperma

Fakta sperma yang pertama adalah perihal jumlah sperma yang dikeluarkan pria. Air mani yang dikeluarkan saat terjadi ejakulasi mengandung sekitar 15 juta sel sperma. Jika dilihat dari jumlahnya, 15 juta terlihat sangat banyak. 

Akan tetapi, perjalanan sel sperma menuju sel telur sangat panjang sehingga ada jutaan sel sperma yang mati di tengah jalan. Sehingga jumlah tersebut sebenarnya tidak terlalu banyak. Apabila ditakar, air mani yang dikeluarkan saat ejakulasi sekitar satu setengah sendok teh.

2. Perjalanan Panjang untuk Membuahi Sel Telur

Sel sperma harus melewati perjalanan yang panjang untuk bertemu dengan sel telur. Dimana sel sperma tersebut harus melewati perjalanan panjang setelah masuk ke sistem reproduksi wanita. Sel sperma tersebut harus melewati serviks, ke tuba falopi hingga bertemu sel telur.

3. Sperma Berbeda dengan Air Mani

Selama ini banyak orang yang salah mengartikan bahwasanya sperma dan air mani itu sama.  Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Air mani itu sendiri merupakan cairan yang dikeluarkan oleh penis ketika ejakulasi. 

Sedangkan sperma merupakan sel yang terkandung di dalam air mani. Sperma memiliki bentuk seperti kecebong dengan ukuran sangat kecil. Sperma hanya bisa dilihat melalui mikroskop.

5 Mitos Tentang Sperma

1. Sperma Tidak Bisa Bertahan Lama Setelah Ejakulasi

Mitos sperma yang pertama yaitu sperma tidak bisa bertahan lama setelah ejakulasi. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Pada dasarnya hidup sperma tergantung tempat sperma dikeluarkan. 

Apabila sperma dikeluarkan di dalam vagina maka bisa bertahan selama 3-5 hari. Tetapi jika dikeluarkan diluar tubuh maka akan bertahan hanya hitungan menit saja. Jadi, anggapan sperma tidak bisa bertahan lama setelah ejakulasi tidak sepenuhnya benar.

2. Semakin Kental Tekstur Sperma Berarti Semakin Subur untuk Pembuahan

fakta tentang sperma
Mitos tentang kekentalan sperma

Perlu diketahui jika kekentalan air mani bukan tolok ukur untuk menilai tingkat kesuburan sperma untuk membuahi sel telur. Pasalnya, bagaimanapun tekstur sperma yang dikeluarkan tetap saja membutuhkan bantuan sistem reproduksi wanita. Dimana sistem reproduksi wanita dibutuhkan untuk mencapai sel telur.

3. Sperma yang Menempel di Kulit Bisa Membuat Hamil

Mitos selanjutnya adalah sperma yang di kulit bisa membuat. Sperma yang menempel di kulit bisa membuat hamil hanya mitos saja karena tidak semudah itu. Sel sperma yang akan dikeluarkan setiap ejakulasi, terutama dikeluarkan dalam vagina akan memisahkan diri dari air mani. 

Setelah memisahkan diri, sperma akan berenang sendiri untuk menghampiri sel telur. Pembuahan sel telur dan sel sperma ini yang kemudian berkembang menjadi janin. Sehingga jika hanya menempel di kulit, maka tidak bisa serta merta langsung membuat hamil.

4. Menelan Sperma Bisa Membuat Hamil

fakta tentang sperma
Mitos menelan sperma bisa menyebabkan hamil

Perlu ditegaskan lagi jika kehamilan hanya akan terjadi ketika sel telur dibuahi oleh sperma melalui proses penetrasi.  Artinya sperma harus masuk lebih dulu ke dalam rahim wanita melalui vagina. Setelah itu baru akan bertemu dengan sel telur untuk menghasilkan pembuahan.

5. Setiap Sel Sperma Pasti Sehat

Setiap sel sperma pasti sehat adalah mitos. Pasalnya sperma sama halnya dengan tubuh yang bisa sakit. Supaya sperma bisa bergerak dengan lancar untuk mencapai sel telur maka sperma harus dalam kondisi prima dan tanpa cacat. Akan tetapi, terkadang satu atau beberapa sperma tidak mendukung. 

Nah itulah informasi lengkap seputar mitos dan fakta tentang sperma. Diharapkan dengan adanya uraian diatas, pembaca menjadi tahu mana mitos dan juga fakta seputar sperma. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *