Pengertian Diet Mayo dan Langkah Diet yang Harus Diterapkan

diet mayo

Salah satu jenis diet yang sedang digandrungi oleh masyarakat adalah diet mayo. Diet ini populer berkat banyak orang yang berhasil menjalankan diet ini. Meski terlihat mudah dijalankan, nyatanya jenis diet ini juga memiliki beberapa hal yang harus dilakukan agar proses diet berhasil. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diterapkan, agar proses diet yang dijalankan bisa berhasil.

Apa Pengertian Diet Mayo?

diet mayo
Mengenal Jenis Diet Tanpa Garam

Memahami pengertian diet mayo dan langkah-langkahnya menjadi satu hal yang penting untuk diketahui. Hal ini bertujuan sebagai pedoman sebelum memutuskan untuk menjalankan diet ini dengan sepenuhnya. Diet jenis ini merupakan program diet yang dilakukan dengan cara tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung garam. Konon, diet mayo yang dilakukan dalam jangka waktu 13 hari bisa menurunkan badan hingga 7 kg sampai 13 kg. 

Akan tetapi jika dalam waktu 13 hari melanggar aturan dengan mengkonsumsi garam maka diet mayo yang dilakukan akan gagal dan harus dimulai sejak awal. Alasan kenapa harus menghindari garam karena mengandung sifat osmosis atau menyerap air. Jadi ketika di dalam tubuh mengandung banyak garam maka akan terjadi penumpukan cairan tubuh. 

Langkah-Langkah Diet yang Bisa Diterapkan

Setelah mengetahui apa pengertian dari diet mayo, selanjutnya perlu mengetahui langkah-langkahnya.

1. Niat 

diet mayo
Dibutuhkan Niat yang Kuat untuk Menjalankannya

Langkah pertama ketika ingin menurunkan berat badan melalui program diet mayo adalah niat. Tanpa adanya niat sudah dipastikan jika diet mayo tidak akan bisa berhasil. Ketika sedang menjalankan diet mayo selera makan akan terganggu. Hal ini akibat sudah sejak kecil terbiasa mengkonsumsi makanan atau minuman dengan tambahan garam. 

Setelah niat untuk menjalankan diet mayo, langkah selanjutnya adalah menjalankan pola makan sehat dengan beberapa menu makanan setiap harinya.

2. Pola Makan  

diet mayo
Contoh Menu Harian Diet

Berikut uraian contoh menu diet harian yang bisa dijalankan. Menu diet mayo hari  pertama adalah sarapan menggunakan kopi atau teh. Untuk makan siang memilih menu ayam kukus tanpa kulit dan diberi tambahan sedikit garam, sayuran rebus (jagung, brokoli atau wortel) dan kentang tumbuk. Sedangkan menu makan malamnya adalah daging tanpa lemak, sayur bayam.

Menu hari kedua adalah sarapan menggunakan jus buah dengan tambahan gula tanpa susu. Untuk makan siangnya memilih menu tahu tempe bacem, urap dan juga pepes ikan. Sedangkan makan malam menggunakan salad sayur dengan tambahan makaroni, supaya lebih sehat bisa ditambahkan dengan minyak zaitun.

Menu hari ketiga adalah sarapan menggunakan roti dengan telur dan ditambahkan sedikit mentega. Untuk makan siang memilih menu  daging panggang dan juga sayuran serta jagung. Sedangkan makan malam bisa dengan menu salad buah dengan tambahan yogurt.

Selanjutnya, menu hari keempat adalah sarapan menggunakan roti bakar dengan selai dan sedikit mentega. Untuk makan siang menggunakan bola-bola daging, sayuran dan kentang. Sedangkan makan malam menunya telur rebus dengan tambahan keju dan wortel serta tambahan semangkuk buah.

Kemudian, menu diet hari kelima adalah sarapan menggunakan jus buah dengan tambahan gula dan tidak boleh ditambah dengan susu. Untuk makan siangnya menggunakan dada ayam rebus. Sedangkan menu makan malamnya adalah telur dan roti ditambah sayuran.

Menu diet hari keenam adalah sarapan dengan secangkir kopi atau  teh tanpa tambahan gula dan roti bakar tawar. Untuk makan siangnya menggunakan daging ayam kukus dan sayuran selada atau bayam. Sedangkan menu makan malamnya dengan 2 telur ayam rebus dan wortel mentah. Karena diet ini dilakukan selama 13 hari maka bisa mengulang menunya kembali atau mengganti menunya. 

Itulah informasi tentang pengertian diet mayo dan langkah-langkahnya. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *