Mengenal Penyakit Kulit Dermatitis Atopik

dermatitis atopik

Dermatitis atopik juga lebih dikenal dengan nama eksim. Penyakit yang satu ini tidak bisa disembuhkan, namun perawatan yang tepat bisa membantu dalam menurunkan gejalanya. Biasanya penyakit ini dialami oleh orang-orang yang memiliki riwayat penyakit serupa dalam satu keluarga. 

Apa Itu Dermatitis Atopik? 

dermatitis atopik
Penyakit Kulit Kronis (Eksim)

Dermatitis atopik adalah suatu penyakit kulit kronis yang membuat kulit meradang, bengkak, kering dan pecah-pecah. Penyakit ini menyebabkan terjadinya gatal yang sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Seperti yang dijelaskan diatas jika penyakit ini tidak bisa disembuhkan.

Penyakit ini terjadi akibat interaksi multifaktorial. Diantaranya yaitu faktor keturunan (genetik), lingkungan, faktor imunologi, gangguan fungsi sawar (pelindung) kulit dan juga infeksi. Peradangan akibat dermatitis ini biasanya terjadi dalam waktu cukup lama, hingga bertahun-tahun. 

Gejala yang Umum Muncul

dermatitis atopik
Ruam dan Kemerahan Pada Kulit

Setiap penderita memiliki gejala yang berbeda.  Pada balita, gejalanya adalah kulit bersisik, memerah dan berkerak di area pipi, tangan, kulit kepala atau kaki. Sedangkan pada anak hingga dewasa, gejalanya adalah ruam merah dan gatal parah di area lipatan siku, lutut, dan sebagainya.

Selain itu, gejala lainnya yaitu ruam yang melepuh dan mengeluarkan cairan serta kulit kering dan bersisik. Gejala lainnya kulit terkelupas hingga mengeluarkan darah. Tidak hanya itu saja, gejala selanjutnya adalah kulit di pergelangan tangan atau area di bawah mata menebal dan mengerut.

Mencegah Kambuhnya Dermatitis Atopik 

dermatitis atopik
Pengobatan yang Dianjurkan untuk Dilakukan

1. Menggunakan Produk Sabun Mandi yang Tepat

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan produk sabun mandi yang tepat.  Gunakan produk sabun yang mengandung pelembab dan hindari yang mengandung pewarna dan pewangi. Hindari juga penggunaan sabun antiseptik karena menyebabkan kulit kering dan gatal.

2. Menggunakan Pakaian yang Menyerap Keringat 

Pemilihan pakaian dari bahan yang tidak tepat bisa menyebabkan kulit lembab sehingga menyebabkan gatal dan ruam. Maka dari itu, penderita disarankan untuk menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan lembut, sejuk dan juga menyerap keringat. Salah satu contohnya yaitu kain katun.

3. Mengompres Kulit dengan Kompres Hangat 

Ketika gejala dermatitis kambuh sebaiknya segera kompres dengan menggunakan handuk atau kain lembut yang telah direndam dengan air hangat. Untuk meredakan rasa gatal sebaiknya mandi dengan menggunakan air hangat. Cara ini bisa mencegah kambuhnya dermatitis atopik.

4. Menghindari Pemicunya 

Perlu diketahui jika eksim merupakan penyakit kambuhan. Untuk mencegah kambuhnya Anda diharuskan untuk tahu apa saja kondisi, bahan atau apapun yang menjadi pemicu penyakit ini. Catat semua makanan, produk, dan hal-hal lain yang memicu munculnya dermatitis atopik.

5. Menghindari Stress 

 Stress dan rasa cemas bisa menjadi salah satu pemicu dermatitis atopik yang bisa membuatnya semakin parah. Jika tidak mau makin parah, disarankan untuk menghindari stress dengan melakukan meditasi, seperti menarik napas dalam-dalam. Selain itu, bisa juga dengan olahraga dan kegiatan lainnya.

Nah, itulah penjelasan mengenai dermatitis atopik, gejala dan cara mencegah kambuhnya. Diharapkan dengan penjelasan di atas bisa lebih paham mengenai penyakit ini. semoga bisa bermanfaat untuk para pembacanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *