6 Kebiasaan Buruk yang Memicu Daya Tahan Tubuh Menurun 

daya tahan tubuh menurun

Di masa pandemi seperti saat ini, menjaga daya tahan tubuh harus tetap dilakukan. Jika terjadi penurunan daya tahan tubuh maka akan sangat rentan terserang berbagai macam penyakit. Contoh penyakit yang sering menyerang ketika daya tahan tubuh menurun adalah pneumonia dan influenza.

Tanpa disadari setiap hari selalu melakukan kebiasaan yang memicu terjadinya penurunan daya tahan tubuh. Jika hal tersebut terus dilakukan maka akan mudah sakit. Apa saja kebiasaan buruk yang memicu daya tahan tubuh menurun? Lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

6 Kebiasaan Buruk yang Memicu Daya Tahan Tubuh Menurun

1. Merokok

daya tahan tubuh menurun
Kebiasaan buruk merokok bisa memicu turunnya kekebalan tubuh

Sudah bukan rahasia lagi jika kebiasaan merokok bisa memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nikotin yang ada dalam rokok. Nikotin tersebut bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi menurun sehingga perokok sangat rentan terserang flu. 

Kebiasaan merokok juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi turun. Di mana sistem kekebalan tubuh justru menyerang jaringan paru-paru. Pastinya kebiasaan ini bisa menimbulkan gangguan paru obstruktif kronik. Gangguan tersebut merupakan penyakit yang sulit untuk disembuhkan.

2. Mengonsumsi Alkohol

Sama seperti merokok, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan terlalu sering bisa memberikan efek negatif bagi daya tahan tubuh. Minum alkohol dalam jumlah banyak bisa menghilangkan lapisan mulut dan kerongkongan. Akibatnya virus dan bakteri mudah memasuki tubuh.

3. Memiliki Pola Makan yang Buruk

daya tahan tubuh menurun
Kebiasaan pola makan yang tidak teratur bisa berakibat buruk untuk kekebalan tubuh

Sering mengkonsumsi makanan seperti mie instan atau frozen food bisa menimbulkan dampak negatif bagi sistem kekebalan tubuh. Kedua jenis makanan tersebut memiliki kandungan garam dan gula yang tinggi. Selain itu kedua makanan ini juga sangat rendah nutrisi.

Mengonsumsi makanan berlemak tinggi juga akan menimbulkan terjadinya kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan atau obesitas bisa meningkatkan risiko untuk terserang berbagai macam penyakit. Maka dari itu, jika ingin memiliki daya tahan tubuh yang baik sebaiknya mengonsumsi buah dan sayur.

4. Tidak Pernah Olahraga

Olahraga teratur setidaknya 30 menit dalam sehari bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meningkatnya sistem kekebalan tubuh ini berguna untuk menciptakan antibodi dan juga sel T. Sel T merupakan sel darah putih yang bertugas membantu tubuh melawan penyakit. 

Malas berolahraga bisa membuat tubuh menghasilkan antibodi dalam jumlah sedikit. Maka dari itu, luangkan sedikit waktu untuk berolahraga, meski hanya berjalan kaki. Berjalan kaki lima kali dalam seminggu dengan durasi 30menit bisa membuat sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik.

5. Stress

daya tahan tubuh menurun
Jangan salah, stress juga menjadi pemicu turunnya daya tahan tubuh

Stress bisa juga bisa memicu penurunannya daya tahan tubuh manusia. Hal ini bukan tanpa alasan karena stress bisa melemahkan sistem antibodi yang berguna untuk melawan infeksi penyakit. Tentu kondisi ini akan membuat tubuh menjadi mudah terserang berbagai penyakit, salah satunya flu.

6. Begadang

Faktor pemicu lainnya yaitu sering begadang. Begadang ini merupakan kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun. Kondisi tubuh ketika kurang tidur akan membuat seseorang menjadi rentan terserang virus.

Sebab, saat sedang tidur tubuh akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan serangan virus, bakteri dan penyebab penyakit lainnya. Jika kurang tidur maka kemampuan tubuh ini akan berkurang. Akibatnya menjadi mudah sakit. 

Selain itu, malam hari biasanya digunakan untuk memperbaiki dan juga memulihkan kondisi tubuh. Apabila kebutuhan tidur tidak tercukupi dengan baik, maka tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, diharuskan untuk mencukupi kebutuhan tidur setiap harinya. 

Nah itulah 6 kebiasaan buruk yang memicu daya tahan tubuh menurun. Supaya Anda tidak mudah sakit akibat serangan virus maupun bakteri, sebaiknya hindari kebiasaan buruk tersebut. Semoga informasi ini bisa memberikan banyak manfaat dan tetap hidup sehat ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *