Daftar Buah yang Baik Untuk Darah Rendah Agar Kembali Normal

Darah yang rendah ditunjukan dengan tekanan darah turun hingga di bawah 90/60 mmHg yang disertai dengan rasa lelah dan pusing. Kondisi darah yang rendah ini bisa disebabkan karena dehidrasi, kelelahan, kurang nutrisi, anemia, gangguan tiroid, gula darah yang rendah, stress, atau kehilangan banyak darah. Untuk mengatasi tekanan darah rendah (hipotensi) selain mengkonsumsi obat penambah darah yang diresepkan dokter, kita juga bisa memulihkannya dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung natrium dan sodium. Bisa juga dengan buah yang baik untuk darah rendah.

Apa Saja Makanan yang Mengandung Natrium dan Sodium?

Sebenarnya natrium dan sodium dapat dengan mudah ditemukan dalam makanan kemasan, makanan cepat saji, atau makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Tetapi, jika kita banyak mengkonsumsi makanan tersebut dikhawatirkan malah akan menyebabkan kolesterol yang tinggi karena kandungan lemak jenuh yang juga banyak terkandung dalam makanan-makanan tersebut. Selain makanan yang mengandung sodium dan natrium.

Penderita tekanan darah rendah juga dianjurkan banyak mengonsumsi air. Dengan konsumsi air yang banyak, maka volume darah dalam tubuh akan meningkat dan dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Nah, untuk itu buah menjadi makanan yang paling aman untuk dikonsumsi untuk memulihkan tekanan darah yang rendah.

Jenis-jenis Buah Untuk Mengatasi Darah Rendah

Buah yang baik untuk darah rendah secara alami mengandung natrium meskipun dalam jumlah kecil. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung banyak air yang dapat menghidrasi tubuh dengan baik. Tubuh yang terhidrasi dan mendapatkan air yang cukup dapat membantu mengontrol tekanan darah Anda agar tidak semakin menurun. Adapun buah-buahan yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi darah rendah adalah sebagai berikut:

Apa saja Buah yang Baik untuk Peredaran Darah?

  1. Semangka

Semangka adalah buah yang memiliki kandungan air paling tinggi. Kandungan air dalam satu buah semangka bisa mencapai hingga 92%, dengan kandungan sebanyak itu tentu dapat membantu Anda memulihkan tekanan darah yang rendah. Selain itu, buah semangka juga mengandung likopen yang merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas dan mencegah kanker.

  • Buah Bit

Buah bit ini ternyata memiliki banyak khasiat dan salah satunya sebagai penambah darah alami. Buah berwarna merah ini dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah dengan kandungan natriumnya yang mencapai 36 mg per 100 gram buah bit serta kalium yang mencapai 330 mg. Anda dapat mencoba mengkonsumsi buah yang baik untuk darah rendah ini dengan membuatnya menjadi jus atau sebagai topping pada makanan Anda.

  • Tomat

Tomat merupakan buah yang mungkin paling mudah Anda temukan, dan seringkali malah diabaikan dan tidak dimakan. Nah, segera tinggalkan kebiasaan tersebut karena tomat mengandung air hingga 94% sehingga memiliki banyak manfaat salah satunya untuk menghidrasi tubuh dan membantu mengontrol tekanan darah pada tubuh Anda.

  • Lemon

Lemon adalah salah satu buah yang baik untuk mengatasi darah rendah karena kaya akan air, sehingga dapat membantu Anda mencegah dehidrasi yang dapat menurunkan tekanan darah dengan cepat. Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin C serta antioksidan yang dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh dan menjaga tekanan darah tetap normal.

  • Stroberi

Buah yang baik untuk darah rendah selanjutnya adalah stroberi. Buah berwarna merah ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi yaitu sekitar 87% disetiap buahnya. Stroberi ini juga kaya serat sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan tubuh Anda.

Nah itulah beberapa buah yang baik untuk darah rendah dan dapat membantu Anda memulihkan tekanan darah menjadi normal kembali, semoga bermanfaat dan jaga kesehatan selalu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *