Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1 yang Harus Diwaspadai

kanker payudara

Laporan dari World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa pada tahun 2015 ada 507 ribu wanita meninggal dunia akibat kanker payudara. Dari laporan tersebut dapat disimpulkan bahwasanya jenis kanker ini menjadi salah satu penyebab utama tingginya kematian pada wanita.

Kanker payudara itu sendiri merupakan salah satu jenis kanker berbahaya bagi wanita setelah kanker serviks. Sel kanker tersebut tumbuh dan menyerang jaringan payudara Anda, seperti lobulus, (pabrik penghasil air susu), saluran keluar susu, bersama dengan jaringan penunjang lainnya seperti jaringan lemak. 

Akan tetapi, ciri-ciri kanker payudara stadium 1 bisa dideteksi sejak dini, bukan tidak mungkin jika penyakit ini masih bisa disembuhkan. Untuk itu sangat penting bagi Anda mengetahui ciri awal penyakit ini sendiri. 

Penyebab Kanker Payudara

kanker payudara
Sel Kanker

Sejauh ini belum diketahui penyebab pasti dari jenis kanker ini. Satu hal yang harus diketahui bahwasanya penyakit ini muncul karena adanya kerusakan sel dan perubahan sifat genetik di pada jaringan payudara. Faktor risiko penyakit ini meliputi wanita yang berusia di atas 50 tahun, obesitas, gaya hidup tidak sehat misalnya merokok dan mengkonsumsi alkohol, gangguan hormon, paparan radiasi, keturunan, menstruasi pertama di bawah usia 12 tahun, dan menopause di usia lebih tua dan ternyata tidak hanya menyerang wanita tetapi juga laki-laki.

4 Ciri Kanker Payudara Stadium 1

kanker payudara
Gejala Kanker Payudara

1. Munculnya Benjolan di Payudara

Ciri-ciri pertama adalah munculnya benjolan pada payudara. Benjolan tersebut tidak selalu terasa sakit. Akan tetapi, tidak semua benjolan itu bersifat kanker. Benjolan tersebut bisa Anda ketahui dan terasa jika melakukan pemeriksaan pribadi di rumah.

2. Warna Kulit Payudara Berubah

Ciri selanjutnya adalah warna kulit di payudara berubah, maka dari itu perlu diwaspadai jika mengalaminya. Perubahan warna tersebut terkadang disalah artikan sebagai infeksi. Tetapi jika Anda tidak yakin dengan benjolan yang muncul di payudara, terjadinya perubahan warna kulit sudah cukup untuk membuat lebih waspada.

Warna kemerahan akan muncul pada sekitar bagian payudara, seperti adanya infeksi. Selain itu, tekstur dan warna kulit seperti daun jeruk serta permukaan kulit di area payudara terlihat berlekuk-lekuk serta terjadi penebalan kulit.

3. Puting Terasa Sakit

Salah satu ciri-ciri kanker payudara stadium 1 adalah munculnya perubahan pada bagian puting disertai dengan rasa nyeri. Mungkin juga mengeluarkan cairan tidak normal dari puting ataupun puting melesak ke dalam.

4. Muncul Benjolan Pada KetiakĀ 

Ciri-ciri berikutnya adalah muncul benjolan pada ketiak. Meski disebut dengan kanker payudara bukan berarti benjolan pada ketiak tidak ada hubungannya dengan penyakit tersebut. Padahal jaringan payudara meluas sampai di bagian bawah ketiak. Itulah alasan kenapa penyakit ini bisa menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.  

Cara Mengenali Adanya Gejala KankerĀ 

kanker payudara
Pemeriksaan Sendiri

Cara untuk mengetahui adanya penyak adalah dengan rajin melakukan SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri setiap bulan. Rajin melakukan cara tersebut bisa membantu Anda mengenali tekstur jaringan pada payudara sendiri, sehingga bisa merasakan jika terdapat kejanggalan dan setelahnya bisa langsung dilakukan pemeriksaan sedini mungkin.

Pemeriksaan dini kanker payudara tersebut meliputi pemeriksaan fisik, serta USG atau pemeriksaan mammografi. Waktu yang disarankan untuk melakukan SADARI adalah satu minggu setelah menstruasi berakhir. Semakin cepat penyaait mematikan ini terdeteksi, maka berpengaruh pada semakin tinggi angka keberhasilan dalam pengobatannya.

Itulah 4 ciri-ciri kanker payudara stadium 1 yang harus Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk menambah pengetahuan pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *