Tak Perlu Takut Ngemil, Ini Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

cemilan sehat untuk ibu hamil

Seorang yang sedang hamil cenderung akan mudah merasakan lapar. Perubahan tersebut kemudian meningkatkan nafsu makan. Meski begitu harus tetap memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dikonsumsi tidak harus makanan berat, seperti cemilan misalnya. Ketika sedang hamil memang diperbolehkan mengkonsumsi cemilan tetapi harus tetap memperhatikan kandungan gizi setiap cemilan yang dikonsumsi. Cemilan sehat untuk ibu hamil harus diperhatikan nilai nutrisinya, supaya cemilan yang dimakan tidak hanya mengenyangkan perut saja tetapi juga menyehatkan tubuh. 

Rekomendasi 6 Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ada banyak cemilan yang menggoda dan konsumsinya harus dibatasi. Misalnya cemilan yang mengandung lemak cukup tinggi dan gula, seperti biskuit, es krim, krim, mentega, minyak dan minuman bersoda. Hal ini karena tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh.  Adapun cemilan yang boleh dikonsumsi adalah yang memiliki kandungan kalsium, zat besi, protein, asam folat dan berbagai jenis vitamin.

1. Apel 

cemilan sehat untuk ibu hamil
Buah Apel yang Enak dan Menyehatkan

Buah yang satu ini memang sudah terkenal akan kandungan nutrisinya, seperti serat. Karena kandungan tersebut maka ibu hamil boleh menjadikan buah apel sebagai cemilan. Buah apel juga mudah dikonsumsi dan bisa dibawa kemana-mana.

Kandungan serat dalam apel bisa berfungsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan melancarkan buang air besar. Sedangkan kandungan vitamin dan antioksidannya bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin dalam kandungan.

2. Pisang

Buah selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cemilan sehat ibu hamil adalah pisang. Buah yang satu ini memiliki tekstur lembut dan rasa manis. Pisang sangat cocok dikonsumsi jika ibu hamil sedang dalam kondisi mudah mual.

Selama ini buah pisang dikenal bisa mengenyangkan dan juga praktis dibawa kemana-mana. Di dalam pisang mengandung kalium, serat, antioksidan dan juga karbohidrat sehingga jika dikonsumsi mampu memenuhi kebutuhan nutrisi. Selain itu, manfaat pisang juga bisa mencegah anemia dan mengurangi kram.

3. Roti Gandum 

Selain jenis buah-buahan, cemilan sehat untuk ibu hamil lainnya adalah roti gandum. Roti gandum mempunyai kandungan serat lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis roti lainnya.  Kandungan vitamin B dalam roti gandum sangat baik untuk ibu hamil, terutama saat sedang mempunyai keluhan mual dan muntah.

Roti gandum bisa dikonsumsi secara langsung tetapi juga bisa dipanggang terlebih dahulu. Supaya menambah kandungan nutrisi bisa ditambahkan dengan topping sehat seperti alpukat, stroberi dan telur.

4. Kacang Edamame

cemilan sehat untuk ibu hamil
Edamame yang Kaya Nutrisi

cemilan sehat bagi ibu hamil selanjutnya adalah kacang edamame. Jenis kacang ini mempunyai kandungan vitamin B dan juga asam folat yang sangat baik untuk ibu hamil. Selain itu, juga mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi, zinc dan magnesium.

Kacang edamame ini memiliki bentuk hampir mirip dengan kacang kedelai tetapi memiliki ukuran yang lebih besar. Supaya bisa menikmati kacang edamame terlebih dahulu harus direbus dan diberikan sedikit garam.

5. Yoghurt 

Yoghurt merupakan salah satu cemilan sehat untuk ibu hamil. Di dalam yoghurt terdapat kandungan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi ibu hamil dan janinnya. Selain itu, ada kandungan prebiotik atau bakteri baik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

Kandungan prebiotik tersebut juga bisa membantu menekan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi yang berisiko melahirkan bayi prematur, infeksi saat masa kehamilan dan sebagainya. Yoghurt bisa dikonsumsi ibu hamil meskipun ditambahkan campuran kismis, kacang dan buah segar

6. Ubi

cemilan sehat untuk ibu hamil
Cemilan Ubi yang Baik untuk Kesehatan

Ubi ternyata juga bisa dijadikan cemilan sehat untuk ibu hamil. Alasannya karena di dalam ubi mempunyai kandungan vitamin A, vitamin B, kalium, zat besi, dan sebagainya. kandungan vitamin A dalam ubi sangat penting untuk pembentukan mata, kulit dan juga tulang. 

Ubi bisa dikonsumsi seperti biasanya yaitu dipanggang, dikukus, digoreng atau juga bisa ditumbuk. Dibalik manfaatnya yang banyak ternyata cara mengolah ubi sebelum dikonsumsi juga sangat mudah. 

Itulah 6 cemilan sehat untuk ibu hamil yang harus diketahui. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya . 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *