4 Cedera Umum Yang Paling Sering Terjadi Ketika Berolahraga

Cedera akibat berolahraga sering terjadi

Kegiatan olahraga adalah kegiatan yang dapat menyehatkan badan. Dengan berolahraga maka badan akan bergerak aktif dan kembali segar. Olahraga memang mengharuskan untuk menggerakkan badan dengan konsentrasi dan koordinasi yang baik supaya badan menjadi lebih sehat. Jika Anda kehilangan koordinasi yang baik maka bisa mengakibatkan berbagai macam cedera bagi tubuh Anda. Supaya Anda terhindar dari cedera sebelum melakukan olahraga sebaiknya Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Saat berolahraga juga pastikan untuk konsentrasi dalam melakukan gerakan – gerakan olahraga untuk menghindari kesalahan yang mengakibatkan cedera.

Macam-Macam Jenis Cedera Akibat Berolahraga

1.      Cedera Otot Pergelangan Kaki

Cedera yang banyak ditemui salah satunya adalah cedera otot pada pergelangan kaki. Pergelangan kaki yang cedera atau biasanya disebut kaki terkilir adalah suatu kejadian yang disebabkan oleh peregangan berlebihan atau robekan pada urat (pita jaringan yang menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya), tendon (jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang), atau otot. Pergelangan kaki sering mengalami cedera karena inilah tempat tiga tulang bertemu. Biasanya ketika sedang berlari atau berjalan pada permukaan yang tidak rata, pergelangan kaki lebih rawan terkilir.

Ketika pergelangan mengalami cedera lebih baik istirahatkan dulu kaki Anda dan jangan dipakai berjalan atau berdiri. Anda bisa mengompresnya dengan es untuk mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Supaya lebih cepat pulih, angkat pergelangan kaki sampai sejajar dengan jantung. Lakukanlah sambil duduk dan bersandar.

2.      Cedera Tulang Kering

Cedera pada tulang kering disebut juga dengan shin splints. Cedera pada tulang kering biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada betis dan tulang kering bagian atas. Umumnya cedera tulang kering terjadi saat Anda berlari atau melompat. Penyebab yang paling sering ditemui adalah ketika Anda meningkatkan intensitas aktivitas fisik secara tiba-tiba. Misalnya mempercepat laju jogging. berolahraga dengan sepatu yang tidak nyaman dan berlari sambil menanjak atau menurun jalanan aspal yang keras.

cedera tulang kering dapat terjadi pada olahraga sepakbola, basket dan futsal

Untuk meredakan nyeri, kompres betis dan tulang kering dengan es dan biarkan selama beberapa menit. Jika rasa sakit tak kunjung mereda, Anda boleh minum obat pereda nyeri dan peradangan seperti ibuprofen atau aspirin. Apabila sampai berhari-hari cedera Anda belum membaik, sebaiknya bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3.      Cedera Lutut

Para atlet lari, sepak bola, basket, voli, dan olahraga lainya yang banyak bertumpu dengan lutut biasanya sering mengalami cedera pada lutut. Cedera ini bisa terjadi dikarenakan kecelakaan seperti terbentur ataupun terjatuh. Biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada tempurung lutut yang disertai dengan bunyi seperti retakan atau patahan.Pada beberapa kasus, sendi pada lutut mengalami pergeseran sehingga menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Menyembuhkan cedera lutut butuh perawatan yang mendalam. Anda sebaiknya beristirahat total agar lebih cepat pulih. Posisikan lutut agar selalu terangkat, misalnya dengan mengganjal pakai bantal tinggi saat Anda berbaring. Untuk membantu mengurangi rasa sakit, kompres dengan es. Namun, jika cedera Anda tidak membaik setelah perawatan berhari-hari, konsultasikan pada dokter.  

Salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit adalah dengan kompres siku dan bagian yang sakit dengan es selama 20 sampai 30 menit setiap empat jam sampai nyeri mereda. Anda juga bisa minum obat pereda nyeri dan peradangan untuk mempercepat penyembuhan.

4.      Cedera Hamstring

Cedera Hamstring adalah cedera dengan nyeri seperti otot Anda ditarik pada bagian belakang paha. Hamstring adalah empat otot yang berjajar sepanjang paha belakang Anda. Cedera ini bisa melukai siapa pun dan biasanya terjadi karena kurang pemanasan, otot yang kelelahan, dan gerakan yang tiba-tiba. Menangani cedera hamstring mirip dengan cedera otot lainnya. Cukup kompres dengan es dan istirahatkan selama beberapa saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *