7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Lebih Sehat dan Bugar

meningkatkan daya tahan tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh adalah hal penting yang harus dilakukan. Daya tahan tubuh atau sistem imunitas yang kuat bisa berguna untuk melawan berbagai penyakit. Artinya seseorang yang memiliki daya tahan tubuh baik tidak mudah sakit. 

Hal ini dikarenakan sistem imunitas akan melindungi tubuh dari serangan virus, kuman, bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Sebaliknya jika daya tahan tubuh atau sistem imunitas dalam keadaan lemah, tubuh akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, daya tahan tubuh harus dijaga dan ditingkatkan. 

Apa Pentingnya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh? 

meningkatkan daya tahan tubuh
Pentingnya untuk Selalu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh memiliki peran penting untuk menjaga tubuh sehat dan mencegah infeksi. Rutin olahraga, tidur cukup dan mengkonsumsi makanan sehat dipercaya bisa meningkatkan daya tubuh. Tujuannya untuk menghalau serangan berbagai penyakit dan infeksi yang mudah menular.

Mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral juga diperlukan. Alasannya supaya sistem kekebalan tubuh bisa berfungsi dengan normal. Terutama ketika kebutuhan gizi dari asupan sehari-hari tidak tercukupi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

1. Memperbanyak Makan Sayuran dan Buah-buahan

Cara pertama adalah memperbanyak konsumsi sayuran dan buah. Penelitian menunjukkan jika seseorang banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan tidak akan mudah sakit. Tentunya tubuh menjadi lebih sehat.

Hal ini dikarenakan vitamin dan mineral dalam sayuran dan buah-buahan mampu memperkuat daya tahan tubuh. Sehingga akan lebih kebal dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Oleh karena itu jangan lupa rutin konsumsi sayur dan buah.

2. Rutin Berolahraga 

meningkatkan daya tahan tubuh
Selalu Sempatkan untuk Berolahraga

Supaya daya tahan tubuh baik maka disarankan untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit sehari. Salah satu jenis olahraga yang mudah dilakukan adalah berjalan kaki. Selain itu, ada juga jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah, misalnya sit up, push up, yoga, senam dan sebagainya.

3. Istirahat dengan Cukup 

Perlu diketahui jika kurang tidur bisa menurunkan daya tahan tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam dalam sehari. Sedangkan remaja membutuhkan tidur sekitar 9-10 jam sehari.

4. Hindari Stress

Stress yang tidak terkendali bisa berakibat fatal, salah satunya meningkatkan produksi hormon kortisol. Efek jangka panjangnya, bisa mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Untuk itu penting untuk mengelola stress dengan baik untuk menghindari terjadinya penurunan fungsi kekebalan tubuh.

5. Hindari Rokok dan Alkohol 

meningkatkan daya tahan tubuh
Stop Konsumsi Minuman Keras dan Alkohol!

Bukan rahasia lagi, rokok dan alkohol tidak baik untuk tubuh. Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebihan bisa merusak kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko lebih tinggi terserang infeksi paru-paru. Sedangkan perokok dan peminum alkohol memiliki risiko lebih besar terkena infeksi paru-paru.

6. Tertawa 

Tertawa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres dan membuat mood menjadi lebih baik. Berkurangnya stres yang dialami membuat sistem kekebalan tubuh bisa terjaga dengan sangat baik.

7. Mengonsumsi Lebih Banyak Vitamin A 

Vitamin A tidak hanya bermanfaat untuk daya tahan tubuh tetapi juga membantu membuat gigi, kulit, tulang dan jaringan sehat. Vitamin A bisa diperoleh dari ikan, daging sapi, sayuran, buah, susu dan sebagainya. Dengan konsumsi teratur, daya tahan tubuh bisa semakin sehat dan kuat.

Itulah pentingnya daya tahan tubuh dan 7 cara meningkatkan daya tahan tubuh. Diharapkan pembaca mulai sadar akan pentingnya menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah terserang berbagai penyakit. Semoga informasi diatas memberikan banyak manfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *