4 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Mudah 

cara menghilangkan stretch mark secara alami

Cara menghilangkan stretch mark banyak dicari oleh ibu muda, terutama yang habis melahirkan. Kondisi ini cukup sering terjadi oleh ibu muda. Stretch mark merupakan kondisi kulit yang mengalami kerusakan parah akibat kehilangan kelenturan dan daya regang alaminya. 

Kerusakan terjadi lantaran kulit dipaksa untuk meregang dengan cepat untuk mengimbangi pertumbuhan organ di dalamnya. Sehingga tidak ada kesempatan untuk beradaptasi. Kondisi ini sering dialami oleh ibu hamil, karena pertumbuhan janin yang cepat dan kadar lemak yang meningkat. 

Akibatnya, kulit pun harus segera meregang demi menjaga organ di bawahnya. Sehingga secara visual, timbullah garis-garis stretch mark yang berwarna putih atau hitam. Jika diraba akan terasa kasar dan bergelombang. 

Sudah pasti stretch mark ini mengganggu penampilan kuit. Sehingga, perlu untuk dihilangkan agar kulit kembali mulus dan tidak bergaris-garis. Untuk itu, perlu dicari cara menghilangkan stretch mark secara alami agar kesehatan dan keindahan kulit terjaga. 

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami 

cara menghilangkan stretch mark secara alami
Bahan alami untuk menghilangkan stretch mark pada ibu muda

Tidak selalu menggunakan obat, untuk menghilangkan stretch mark bisa dilakukan dengan cara alami. Apalagi langkah-langkah ini aman karena berdasarkan bahan dan prosedur yang mudah ditemui. Tidak heran cara-cara berikut sangat dianjurkan untuk dipilih:

1. Konsumsi Air Putih

Air menyokong seluruh proses yang ada di dalam tubuh. Dalam satu hari, konsumsilah air putih minimal tiga liter. Ini berguna untuk menghidrasi tubuh dan menjadikannya sehat dalam menjalankan proses regenerasi kulit. Dengan regenerasi yang sehat, maka stretch mark mudah dihilangkan.

2. Masker Tomat

cara menghilangkan stretch mark secara alami
Menggunakan masker dari tomat untuk memudarkan stretch mark

Cara menghilangkan stretch mark secara alami selanjutnya adalah dengan buah tomat. Sudah menjadi pengetahuan umum jika  buah tomat memiliki kadar vitamin C, A dan juga kandungan lainnya. Bahkan, buah yang akrab untuk dijadikan pelengkap bumbu dapur ini, memiliki antioksidan yang tinggi. 

Cara membuat masker ini sangat mudah. Tinggal mengambil tomat secukupnya, kemudian blender atau tumbuk kasar. Setelah menjadi bentuk bubur, balurkan masker tomat pada perut atau lokasi lain yang memiliki stretch mark.

Biarkan beberapa saat hingga kering lalu bilas. Lakukan ini secara rutin untuk hasil terbaik. Dengan begitu stretch mark bisa memudar dengan lebih cepat.

3. Kosumsi sayur dan Buah

Konsumsi sayur dan buah secara rutin juga bisa menyamarkan stretch mark dalam jangka panjang. Sebab dalam sayuran dan buah, kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu kulit cepat beregenerasi. Misalnya saja ragam sayur dan buah yang kaya vitamin C dan E. 

Ada sawi, kecambah, mangga, jambu biji dan lainnya. Jika mengkonsumsinya, tubuh akan mendapat asupan untuk membantu percepatan proses regenerasi sel-sel kulit. Sebab stretch mark itu sendiri merupakan kondisi kerusakan, jadi butuh asupan gizi yang baik untuk pemulihannya.

4. Konsumsi Ceker Ayam

cara menghilangkan stretch mark secara alami
Ceker ayam mengandung banyak kolagen untuk memudarkan stretch mark

Dalam ceker ayam terdapat banyak kolagen yang dapat digunakan oleh tubuh untuk membantu mengatasi kerusakan kulit seperti stretch mark. Namun, jika tidak menyukai ceker ayam ini, dapat mengkonsumsi jenis makanan lain yang tinggi kolagen. Seperti, sumsum atau lainnya. 

Demikianlah empat cara menghilangkan stretch mark secara alami yang dapat dilakukan dengan mudah. Dengan bahan yang mudah dan aman dikonsumsi setiap hari, tentunya stretch mark ini bukan lagi musuh. Asal konsisten dan sabar dalam melakukan perawatan ini, stretch mark bisa pudar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *