Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras dengan Jitu

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras tidak bisa hanya dengan menyikat gigi saja. Hal ini dikarenakan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari seperti kopi, teh, soda bisa jadi penyumbang utama timbulnya plak. Terutama bagi yang malas menggosok gigi, jika dibiarkan terlalu lama, plak gigi akan mengeras yang dikenal dengan sebutan karang gigi.

Untuk mengatasi hal ini perlu penanganan yang khusus sebagai pendamping menyikat gigi secara teratur. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan yang tersedia di sekitar kita dan terbukti efektif menghilangkan karang gigi yang mengeras. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah:

Baking Soda

Bahan yang satu ini sangat populer digunakan untuk memutihkan gigi. Selain itu, baking soda juga mampu mengatasi karang gigi yang membandel. Caranya adalah dengan mengoleskan baking soda ke bagian karang gigi secara merata dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian sikat gigi Anda seperti biasa.

Yang perlu diingat adalah, jangan menggunakan baking soda terlalu sering. Karena jika digunakan terlalu sering akan mengakibatkan permukaan gigi menjadi rusak. Jika hasilnya kurang memuaskan, Anda bisa kembali mengoleskannya setelah satu atau dua minggu kemudian.

Cengkeh

Bahan alami kedua yang bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi yang mengeras adalah cengkeh. Rempah yang satu ini sudah dikenal khasiatnya untuk menyehatkan gigi sejak lama oleh masyarakat. Itu sebabnya banyak bermunculan obat herbal dalam bentuk minyak.

Bagaimana Cara Menghilangkan Karang Gigi?

Adapun cara memanfaatkan cengkeh sebagai bahan menghilangkan karang gigi adalah dengan mengunyah cengkeh tersebut selama beberapa menit. Lakukan hal tersebut secara rutin sampai karang gigi tersebut terkikis habis.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Kulit Jeruk

Buah yang satu ini tidak hanya kaya akan vitamin C saja, bahkan kulitnya pun bisa dimanfaat untuk memutihkan gigi dan juga menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Yang digunakan bukan kulit luar yang berwarna kuning, tapi justru kulit bagian dalam yang berwarna putih.

Caranya mudah, Anda cukup menggosok-gosokkan kulit jeruk yang berwarna putih pada karang gigi. Lakukan hal tersebut secara teratur sebelum tidur dan tidak perlu dibilas. Namun cara ini tidak cocok bagi Anda yang memiliki gigi sensitif. Karena kulit jeruk yang rasanya asam bisa menimbulkan rasa nyeri pada gigi sensitif Anda.

Kumur dengan Teh Hitam

Teh hitam juga bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Hal ini dikarenakan teh hitam mengandung antioksidan dan juga antibiotik yang bisa menghilangkan bakteri yang ada pada gigi. Caranya adalah dengan berkumur menggunakan teh hitam.Jika dilakukan secara rutin, maka karang gigi yang membandel akan segera menghilang.

Cuka Apel

Bahan berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Caranya cukup mudah, siapkan sikat gigi bersih dan cuka apel yang akan berperan sebagai pengganti pasta gigi. Celupkan sikat gigi dan sikat gigi Anda secara perlahan. Tunggu beberapa saat, baru biarkan cuka apel meresap baru kemudian bilas dengan air bersih.

Banyak sekali cara yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Anda bisa memanfaatkan baking soda yang terbukti ampuh untuk memutihkan gigi, atau bisa juga dengan menggunakan bahan alami seperti  cengkeh, kulit jeruk, cuka apel hingga teh hitam. Lakukan hal tersebut secara rutin dan Anda akan bisa mendapatkan gigi yang putih cemerlang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *